Ucapan Kelahiran Bayi Yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Memiliki seorang bayi merupakan impian setiap pasangan suami istri. Namun ternyata, kebahagiaan atas lahirnya bayi juga bukan menjadi milik ayah dan ibunya saja. Karena orang terdekat pun turut merasakannya. Nah, untuk mengungkapkan kebahagiaan Anda atas lahirnya bayi mungil di tengah keluarga besar, teman hingga kerabat jauh Anda, berikut ucapan kelahiran bayi yang bisa dijadikan inspirasi.

Ucapan kelahiran bayi

Sumber gambar : https://www.tokopedia.com

Ucapan kelahiran ini ditujukan bagi pasangan yang baru saja dikaruniai seorang bayi. Isinya tentunya mengenai rasa bahagia hingga ucapan syukur karena bayi telah lahir dengan selamat. Anda juga bisa menambahkan kata-kata lain yang sekiranya bisa membuat orang tua bayi menjadi lebih bahagia. 

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memberi Ucapan Kelahiran Bayi

Sumber gambar : https://www.merdeka.com

Saat orang terdekat Anda baru saja memiliki seorang bayi, pastinya terlintas dalam pikiran Anda untuk segera menjenguknya. Namun saat berada disana, terkadang Anda tak tahu harus bagaimana memberi ucapan kelahiran bayi.

Memang hal ini terdengar mudah. Namun bagi sebagian orang, hal ini justru sangat sulit. Karena tanpa pemakaian kata-kata yang tepat, ucapan ini malah justru bisa mengacaukan suasana bahagia di sekitar. Bahkan tak jarang, dengan kata-kata yang kurang tepat ini pulalah, bisa berakibat fatal. Dan bukan tak mungkin akan membuat tersinggung orang tua bayi. 

Lalu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan saat memberi ucapan kelahiran bayi ? berikut ulasannya. Diantaranya :

1.Berisi Ucapan Turut Berbahagia

Hal ini untuk menunjukkan bahwa bukan hanya orang tua bayi saja yang merasa bahagia atas kelahiran bayi tersebut. Namun orang-orang terdekat pun turut merasakannya juga. Tak terkecuali Anda, sebagai keluarga, teman hingga kolega dari orang tua bayi tersebut.

2. Ucapan Syukur

Selain berisi kata-kata yang menunjukkan bahwa Anda turut bahagia atas kelahiran bayi, ucapan kelahiran bayi ini juga disertai dengan ucapan syukur. Diantaranya mengenai ucapan syukur karena si bayi telah lahir dengan selamat.

3. Berisi Pujian

Untuk ucapan kelahiran bayi ini, Anda juga bisa menambahkan pujian terhadap si bayi. Misalnya ucapan “ cantiknya bayi ini…” atau “parasnya tampan sekali, persis ayahnya”, dan sebagainya. Memang semua bayi, memiliki wajah dan paras yang terlihat hampir sama. Namun alangkah baiknya jika Anda juga memuji kondisi fisik si bayi yang mirip dengan ayah ibunya. Sehingga orang tua si bayi merasa senang.

4. Jangan Bergurau Yang Sekiranya Bisa Menyinggung Orang Tua Si Bayi

Mungkin karena selama ini Anda dekat dengan orang tua si bayi, sehingga Anda sudah tak canggung untuk sekedar bergurau. Namun dalam memberi ucapan kelahiran bayi, sebaiknya Anda bisa menjaga sikap.

Ucapan yang menurut Anda biasa saja atau hanya lelucon, bisa saja membuat orang tua bayi tersinggung. Misalnya dengan ucapan, “ kok, mukanya gak mirip sama ayahnya yaaaa… Malah mirip sama tetangga… “. Ataupun ucapan, “ udah ngelahirin, kok badannya masih tetep kaya masih hamil, sih.. “ dan lain-lain.

Mungkin kata-kata tersebut terkesan biasa, dan Anda juga tidak berniat untuk menyinggung seseorang,  Namun ada kalanya, seseorang yang Anda ajak berbicara tersebut sedang tidak ingin bercanda. Atau mungkin juga perasaannya sedang sensitif, paska kelahiran bayi. Maka dari itu, hindari kata-kata lelucon yang sekiranya bisa menyinggung perasaan orang tua bayi.

5. Tuliskan Ucapan Kelahiran Bayi Pada Kartu Ucapan Dengan Gambar Menarik

Jika Anda belum sempat menjenguk bayi tersebut, Anda bisa mengirimkan kartu ucapan kelahiran bayi. Pilihlah kartu-kartu yang lucu dan menarik. Dengan hiasan dan gambar-gambar yang sesuai. Bisa berupa gambar bayi lucu, binatang lucu ataupun bunga-bunga, jika untuk bayi perempuan.

6. Warna Pada Kartu Ucapan Kelahiran Bayi Disesuaikan Dengan Kelamin Bayi

Pada umumnya, ada 2 warna yang membedakan antara bayi laki-laki dan bayi perempuan. Dimana warna biru merupakan ciri khas pada bayi laki-laki. Sementara untuk bayi perempuan identik dengan warna pink. Anda juga bisa mengaplikasikan warna-warna tersebut pada kartu ucapan kelahiran bayi.

Namun, satu hal yang harus diperhatikan adalah untuk tidak salah memilih warna kartu ucapan. Memang hal ini terlihat sepele, namun coba Anda bayangkan sendiri, jika bayi laki-laki Anda diberi kartu ataupun kado berwarna pink ? Maka dari itu, selalu pastikan dahulu apa jenis kelamin bayi yang akan dijenguk, agar Anda tak salah memilih warna kartu ucapan nantinya.

Inspirasi Beberapa Ucapan Kelahiran Bayi

Sumber gambar : https://putragila.web.app

Bagi Anda yang masih bingung, bagaimana merangkai kata-kata ucapan kelahiran bayi. Berikut ini ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda jadikan inspirasi. Memang ada beberapa kartu ucapan yang telah menyatu dengan kata-kata ucapan di dalamnya. Namun tak ada salahnya, jika Anda menulis kata-kata tersebut secara manual, dengan tulisan Anda sendiri.

Nah, agar Anda tak penasaran, berikut beberapa pilihan ucapan kelahiran bayi. Diantaranya :

1.Ucapan Berisi Pujian Terhadap Fisik Bayi

Anda bisa memberikan ucapan kelahiran bayi berupa pujian terhadap fisik bayi. Misalnya dengan diselipi kata tampan, cantik, dan sebagainya. Selain memang fisik bayi memang sudah terlihat tampan dan cantik sejak dilahirkan. Hal ini juga bisa membuat orang tua si bayi merasa senang.

Apa saja ucapan yang berisi pujian fisik tersebut, bisa dilihat dalam daftar berikut ini. Diantaranya :

  • Selamat datang ke dunia, anak ganteng,… semoga kelak menjadi anak soleh dan menjadi kebanggaan orang tua.
  • Welcome to the world, baby girl. Cantik selalu yaaa.. dan jadilah anak yang solihah, berbakti pada orang tua, dan jadilah pembuka pintu surga bagi orangtuamu.

2. Berisi Doa Islami

Sebagai umat muslim, Anda pasti pernah mendengar doa-doa islami, bahkan mungkin sering dibaca setiap waktu. Nah, dalam momen menjenguk bayi lahir ini, tak ada salahnya jika Anda menyelipkan doa-doa islami pada ucapan kelahiran bayi ini. Anda bisa menyelipkan doa-doa seperti berikut ini,

  • Allohumaj’alhu baran taqiyan rasyidan wa anbit hu fil islami nabatan hasanan. Yang artinya “ Ya Alloh, jadikanlah bayi ini menjadi orang yang baik, bertakwa dan juga cerdas. Dan besarkan dan tumbuhkan bayi ini dalam kehidupan islam, dengan kehidupan pertumbuhan yang baik”.
  • Allohumaj’alhu shahiihan kaamilan wa aqilan haadziqon wa aliiman amilan. Artinya yaitu, “ ya Alloh, jadikanlah bayi ini anakiyang sehat sempurna, berakal cerdas, berilmu dan juga beramal “.

3. Berisi  Dukungan Terhadap Ibu Bayi

Meskipun ini adalah ucapan kelahiran bayi, namun tak salah kiranya jika Anda juga mengucapkan kata-kata yang ditujukan terhadap ibu si bayi. Kata-kata ini lebih bersifat dukungan dan pemberi kekuatan kepada ibu paska melahirkan bayi.

Untuk kalimatnya sendiri, Anda bisa memilih salah satu dari beberapa ucapan berikut ini. Diantaranya :

  • Selamat atas kelahiran bayinya, semoga harimu akan terus diliputi kebahagiaan. Dan semoga dengan hadirnya bayi mungil ini, akan semakin menambah kebahagiaan dan tawa ceria dari bayimu ini.
  • Selamat menjadi seorang ibu, semoga dengan lahirnya bayi ini bisa menambah kebahagiaan. Semoga Alloh selalu memberikn rezeki bagimu dan bayimu serta bagi  semua keluargamu.

Demikian beberapa ucapan kelahiran bayi serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengucapkannya. Karena selain dengan lahirnya seorang bayi, kebahagiaan orang tua baru ini akan menjadi semakin lengkap dengan adanya doa dan dukungan dari orang-orang terdekat. Termasuk ucapan kelahiran yang Anda berikan ini.

3 thoughts on “Ucapan Kelahiran Bayi Yang Bisa Dijadikan Inspirasi”

Leave a Comment