Tanda-tanda Hamil Muda Yang Jarang Diketahui

Hamil merupakan suatu proses alami yang terjadi pada setiap wanita yang telah menikah. Namun terkadang, karena kesibukan ataupun yang lainnya, ada kalanya wanita tidak menyadari kalau dirinya sedang hamil. Nah, untuk menambah pengetahuan Anda, kenali yuk tanda-tanda hamil muda yang jarang diketahui berikut ini.

Untuk setiap perempuan, memang mengalami gejala yang berbeda dalam setiap kehamilan yang dialami. Ada yang mengalami mual-mual, pusing, dan sebagainya. Namun, ada juga yang tidak mengalami gejala-gejala tersebut sama sekali. Namun, bagaimana mengetahui apakah seseorang itu sedang hamil atau bukan ? 

Gejala Dan Tanda-tanda Hamil Muda Pada Perempuan Yang Telah Menikah

Sebenarnya ada beberapa gejala ataupun tanda-tanda hamil muda yang bisa dirasakan oleh seorang wanita. Meskipun dirinya tidak merasa sedang hamil. Namun ada baiknya juga, agar wanita yang telah menikah, bisa langsung memeriksakan diri ke dokter. Segera setelah merasa ada beberapa tanda yang akan disebutkan di bawah, tengah dirasakan ataupun sedang dialami saat ini.

Setidaknya agar memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan nutrisi dan asupan gizi yang harus dikonsumsi ibu hamil. Ataupun untuk lebih mempersiapkan diri dalam menunggu proses persalinan nantinya.

Nah, ini dia tanda-tanda hamil muda yang jarang diketahui orang. Diantaranya :

1.Mual Dan Muntah

Tanda tanda hamil muda

Sumber gambar : https://www.alodokter.com

Tanda-tanda hamil muda berupa mual dan muntah ini memang sudah banyak diketahui orang. Meskipun terkadang mual dan muntah juga bisa terjadi pada orang yang masuk angin ataupun yang memiliki gangguan lambung dan pencernaan. Namun tetap saja, mual dan muntah lebih dikenal sebagai tanda-tanda kehamilan. Terutama bagi wanita yang telah menikah.

2. Tidak Mengalami Menstruasi

Menstruasi terjadi pada setiap wanita yang telah melewati masa pubertas, dengan siklus yang teratur setiap bulannya. Meskipun setiap orang  memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Namun umumnya, setiap wanita mengetahui kapan harusnya menstruasi tersebut tiba dalam setiap bulannya.

Namun karena sesuatu hal, apakah itu karena terlalu sibuk, stres dan sebagainya, terkadang menstruasi tidak terjadi. Namun hal itu tidak berlangsung lama. Karena di bulan selanjutnya, siklus menstruasi akan kembali normal. Nah, jika dalam 2 bulan berturut-turut, menstruasi tidak kunjung datang, maka bisa jadi itu adalah tanda-tanda hamil muda.

3. Gangguan Buang Air Kecil

Tanda-tanda hamil muda lainnya bisa dirasakan dengan adanya gangguan buang air kecil. Gangguan buang air kecil ini bisa berupa rasa selalu ingin buang air kecil, namun ternyata tidak ada air seni yang keluar sama sekali. Bahkan mengalami rasa sakit saat buang air kecil.

4. Timbul Bercak Kecokelatan/Flek

Untuk sebagian wanita, timbulnya bercak kecokelatan/flek merupakan tanda-tanda menstruasi. Namun, jika timbulnya bercak kecokelatan/flek tersebut muncul tanpa disertai menstruasi, maka bisa jadi hal itu menjadi tanda-tanda hamil muda. 

Bercak kecokelatan/flek tersebut bisa berlangsung sekitar 2-3 hari, kemudian hilang. Dan berlanjut kembali dengan durasi yang sama dengan sebelumnya. Ada sebagian wanita yang mengalami bercak kecokelatan/flek ini dengan disertai mual muntah. Namun ada juga yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil, karena tidak mengalami mual muntah. 

5. Sensitif Terhadap Bau/Aroma Sesuatu

Tanda-tanda hamil muda yang bisa terlihat pada diri seorang wanita hamil, yaitu saat dirinya merasakan sensitif terhadap bau. Bisa berupa sensitif terhadap bau pasta gigi, sabun mandi, uap pada nasi, bawang putih, dan lain-lain.

Bahkan ada beberapa wanita hamil yang sensitif terhadap bau keringat suaminya sendiri. Mengenai sensitif terhadap bau/aroma sesuatu ini berbeda-beda untuk setiap individu. Ada yang berlangsung hanya sampai semester pertama saja. Namun ada juga yang mengalaminya hingga menjelang persalinan.

6. Kurang Nafsu Makan

Meskipun hal ini bukanlah menjadi tanda-tanda hamil muda yang akurat. Karena kurang nafsu makan juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang lain. Misalnya gangguan lambung dan pencernaan, stres, masuk angin, dan sebagainya.

Namun hampir sebagian besar wanita yang sedang hamil, merasakan gejala kurang nafsu makan di awal-awal kehamilan. Salah satu solusi untuk mengatasinya tentu saja dengan mengganti asupan makan dengan sumber makanan lain, yang sekiranya disukai. Misalnya susu, biskuit, serta camilan lain yang bisa menambah tenaga.

7. Pucat Dan Selalu Merasa Letih

Salah satu tanda-tanda hamil muda lainnya yaitu muka terlihat pucat dan selalu merasa letih. Bahkan ada juga beberapa wanita yang sedang hamil muda, selalu merasa kelelahan hingga mengantuk. Badan kurang bertenaga juga bisa menjadi tanda-tanda bahwa seseorang sedang hamil muda.

Tanda-tanda seperti ini memang hampir mirip dengan gejala anemia. Dan bahkan, wanita yang sedang hamil muda juga sering disertai dengan anemia. Hal ini bisa dikarenakan asupan makan yang kurang ataupun yang lainnya.

8. Berat Badan Turun

Sumber gambar : https://www.bola.net

Jika di semester kedua dan ketiga kehamilan, hampir bisa dipastikan tubuh wanita hamil akan mengalami kenaikan. Namun berbeda dengan di awal kehamilan. Umumnya, wanita yang sedang hamil muda akan mengalami turun berat badan.

Hal ini berkenaan, dengan kurangnya nafsu makan yang dialami. Yang mengakibatkan asupan makan menjadi berkurang, atau bahkan terkendala karena adanya mual muntah yang dirasakan. Namun hal ini tidak berlangsung lama, karena di semester kedua, berat badan akan berangsur-angsur naik.

9. Migrain

Sumber gambar : https://www.merdeka.com

Meskipun gejala ini tidak semua wanita hamil bisa merasakannya. Namun ada juga beberapa diantaranya yang sering mengalami migrain. Baik itu hanya di awal-awal kehamilan, ataupun berlangsung hingga persalinan.

Wanita hamil yang tidak mengalami mual muntah, juga biasanya akan merasakan migrain sebagai tanda-tanda hamil muda. Jika Anda mengalami hal ini, maka sebaiknya Anda beristirahat dan jangan sekali-kali meminum obat. Karena wanita hamil memang tidak dianjurkan untuk meminum obat, kecuali suplemen khusus ibu hamil.

10. Ngidam

Tanda-tanda hamil muda lainnya yang sering terlihat dari seorang wanita hamil yaitu mengalami ngidam. Keinginan yang aneh-aneh dan berlangsung sementara sering diidentikkan sebagai ngidam. Gejala ini timbul secara spontan, namun akan terus berlangsung hingga proses persalinan, jika ternyata keinginan  ( ngidam ) tersebut tidak terpenuhi.

Ngidam ini bisa berupa menginginkan jenis makanan tertentu, melakukan aktivitas yang tidak biasa, dan lain-lain. Atau bisa juga dengan menginginkan pasangan, dalam hal ini suami untuk melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan. Misalnya mengambil buah mangga milik tetangga, atau menyuruh membeli martabak di luar kota, dan sebagainya.

Mungkin bagi sebagian suami, hal semacam ini cenderung tidak diindahkan. Namun tahukah Anda ? karena hal sepele semacam ini malah bisa mempengaruhi emosi dan psikis pada ibu hamil. Yang bisa saja mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan.

Demikian penjelasan mengenai tanda-tanda hamil muda. Meskipun diantaranya masih jarang diketahui oleh banyak orang, termasuk diantaranya wanita hamil itu sendiri. Namun jika Anda adalah wanita yang baru saja menikah, atau telah menikah lama dan tidak berKB, dan mengalami tanda-tanda seperti diatas. Maka ada baiknya, Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Karena bisa saja itu adalah tanda kehamilan.

1 thought on “Tanda-tanda Hamil Muda Yang Jarang Diketahui”

Leave a Comment