Sudah Benarkah Cara Anda Menggunakan Testpack?

Cukup banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Apalagi pada saat minggu-minggu awal kehamilan. Oleh karena itu,  Anda harus mengetahui kapan sebaiknya untuk menggunakan alat testpack?

Testpack

Menurut laman American Pregnancy, sebagian besar dokter menganjurkan untuk menggunakan alat tes kehamilan minimal satu minggu dari tanggal terlambat menstruasi. Karena sel telur membutuhkan waktu untuk dapat menempel pada dinding rahim dan untuk meningkatkan kadar hormon hCG.

Hormon hCG lah yang nantinya berfungsi sebagai petunjuk, hamil atau tidaknya seorang wanita. Oleh karena itu, Anda tidak dianjurkan untuk melakukan tes kehamilan sesaat setelah berhubungan badan dengan pasangan. Karena sperma juga membutuhkan waktu selama 7 sampai 12 hari untuk membuahi sel telur.

Cara Yang Benar Dalam Menggunakan Testpack

Jika Anda dan pasangan merupakan salah satu dari pasangan baru yang sedang menanti kehadiran buah hati pertama. Pasti akan sedikit bingung untuk menggunakan alat tes kehamilan. Ada juga sebagian wanita yang malu untuk bertanya kepada orang tua atau teman. Agar tidak salah dalam menggunakan alat tes kehamilan, mari simak penjelasan singkat tentang cara menggunakan testpack yang benar!

  • Pastikan alat testpack dapat berfungsi dengan baik

Saat membeli alat tes kehamilan, periksa terlebih dahulu kondisi alatnya dengan teliti. Apakah ada yang retak, patah, atau rusak? Setelah itu, periksa juga tanggal kadaluarsanya. Jangan sampai Anda membeli alat yang rusak dan sudah expired.

Karena kondisi dari alat tersebut sangat berpengaruh dengan kinerjanya. Semakin baik kondisinya, semakin akurat pula hasilnya. Sebaliknya, semakin buruk kondisi alat tersebut, maka hasilnya pun tidak akan akurat.

  • Gunakan alat testpack pada waktu yang tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jangan terburu-buru untuk melakukan cek kehamilan. Waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan adalah 1 sampai 2 minggu dari tanggal Anda terlambat menstruasi.

Dan sebaiknya, Anda melakukan tes pada pagi hari setelah bangun tidur. Karena pada pagi hari, kondisi urine Anda cukup pekat, sehingga mempermudah alat tes kehamilan untuk mendeteksi hormon hCG. Sehingga, hasil tes pun akan lebih akurat.

  • Gunakan alat testpack sesuai petunjuk pada kemasannya

Sama seperti peralatan pada umumnya, pasti akan selalu ada suatu petunjuk yang tertera pada kemasan alat tersebut. Begitu juga dengan alat tes kehamilan, ada sebuah petunjuk yang harus Anda baca terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Ada 3 jenis alat tes kehamilan yang masing-masing memiliki cara berbeda dalam menggunakannya. Yaitu, test pack strip, pregnancy cassette test, dan test pack digital.  Anda hanya cukup mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan masing-masing dari setiap jenis alat tersebut. Tunggu selama 10 menit untuk hasil yang lebih akurat.

  • Pahami cara membaca hasil alat tes kehamilan

Ada 3 jenis hasil yang akan muncul setelah Anda melakukan tes dengan alat tes kehamilan, yaitu garis, simbol, dan juga warna. Bahkan, untuk alat tes digital, akan langsung muncul hasil dengan kata tidak hamil atau hamil.

Untuk hasil berbentuk garis, garis satu menunjukkan negatif, sedangkan garis 2 berarti positif hamil. Sedangkan hasil berbentuk simbol biasanya akan menunjukkan hasil dengan symbol “-“ untuk negatif, dan “+” untuk positif hamil.

Jika hasil dari tes adalah negatif, Anda masih memiliki harapan untuk hasilnya berubah menjadi positif. Karena terkadang ada beberapa faktor yang mengurangi keakuratan hasil dari alat tes tersebut. Namun, jika hasilnya postif, biasanya sangat jarang akan berubah menjadi negatif. Kecuali alat tes tersebut rusak atau sudah kadaluarsa.

4 Merek Alat Testpack Terbaik

Saat ini sudah sangat banyak merek-merek dari alat tes kehamilan. Mungkin hal tersebut akan membuat Anda kebingungan untuk memilih salah satunya. Berikut ini ada 4 merek alat tes kehamilan terbaik yang wajib kamu coba!

  • Sensitif Strip

Merek Sensitif pasti sudah tidak asing lagi untuk banyak orang. Karena merek yang satu ini cukup terkenal di Indonesia. Alat tes ini berbentuk strip plastik. Cara menggunakannya adalah dengan mencelupkn alat ini ke dalam urine milik Anda.

Tingkat akurasi alat ini adalah sebesar 99,9%. Jadi Anda tidak perlu takut hasilnya akan salah, kecuali kondisi alatnya rusak atau kadaluarsa. Harga satu pcs alat tes kehamilan merek Sensitif Strip ini adalah senilai Rp 22.000,-.

  • Quick and Sure Onemed

Alat tes ini berbentuk cassete, harganya cukup murah, yaitu seharga Rp 5.000,- saja. Cara menggunakannya adalah dengan meneteskan urine pada tempat yang tersedia di alat tes tersebut. Jika hasilnya adalah satu garis dekat dengan huruf T, maka tes yang Anda lakukan terjadi kesalahan. Artinya Anda harus melakukan tes ulang.

Namun, jika hasil tesnya menunjukkan tanda 1 garis tetapi dekat dengan huruf C, itu artinya negatif atau Anda tidak hamil. Dan apabila hasilnya 2 garis, artinya Anda positif hamil.

  • Sensitif Digital Pregnancy Test

Merek yang sama, namun bentuknya yang berbeda. Selain memiliki bentuk strip, merek Sensitif juga memiliki alat tes kehamilan yang lebih canggih, yaitu berbentuk digital. Keunggulan dari alat ini berbanding dengan alat tes kehamilan lainnya adalah Anda dapat menggunakannya 5 hari sebelum tanggal menstruasi.

Hasilnya dijamin sangat akurat, karena alat ini hanya bisa Anda gunakan dalam sekali pakai. Alat ini akan menampilkan hasil tes dalam bentuk kata. Kata “Yes” untuk hasil positif hamil, dan kata “No” untuk hasil negatif atau tidak hamil. Harga dari alat ini adalah senilai Rp 117.000,-. Terdengar cukup mahal, namun sangat sebanding dengan kualitasnya. 

  • Akurat Compact

Merek alat tes kehamilan yang satu ini sangat banyak terjual di pasaran. Tingkat akurasi hasil tes dari alat ini adalah sebesar 10 mIU. Cara menggunakannya adalah dengan membuka penutup alat ini, kemudian celupkan ujung alat ini ke dalam urine. 

Urine yang Anda gunakan adalah urine pertama di pagi hari pada hari ketujuh setelah Anda berhubungan badan dengan pasangan. Celupkan ujung alat ini selama 30-60 detik, setelah itu angkat. Tunggu sekitar 1 sampai 3 menit, maka hasilnya akan segera terlihat. Harga alat tes kehamilan ini adalah senilai Rp 17.000,- saja.

Itulah tadi cara penggunaan dan rekomendasi merek alat testpack terbaik dengan hasil yang cukup akurat. Semoga semua informasi ini bermanfaat untuk Anda, dan dapat Anda praktekkan untuk melakukan tes kehamilan sendiri di rumah.

Semoga hasilnya positif dan membawa kebahagiaan bagi Anda dan juga pasangan. Karena kehadiran buah hati merupakan pelengkap kebahagiaan bagi setiap pasangan. Rumah akan terasa lebih hidup, penuh canda tawa, dan juga ramai dengan tangisan seorang bayi mungil yang menggemaskan. Namun, jika hasilnya negatif, Anda tidak perlu bersedih, masih ada waktu untuk mencobanya lagi.

Leave a Comment