Sepeda Bayi Yang Cocok Untuk Buah Hati Anda

Seiring bertambahnya usia buah hati Anda, pasti ia akan semakin aktif untuk mencoba banyak hal. Bermain dengan sebuah kendaraan yang sering ia lihat dipakai oleh teman-teman seusianya. Pasti Anda ingin memberikan sebuah sepeda bayi  yang cocok dan juga terbaik untuk anak Anda bukan?

Sepeda bayi

Sumber: https://my-best.id/30284

Biasanya jenis yang umum adalah yang memiliki roda 3. Selain aman, sepeda dengan model tersebut memperkecil kemungkinan anak akan terjatuh saat menggunakannya. Jadi sangat cocok untuk usia anak yang masih belum mampu untuk menjaga keseimbangan.

Sebagai orang tua pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Karena dengan melihat anak bermain dengan bahagia dan aman, juga akan membuat orang tua merasakan kebahagiaan.

7 Tips Memilih Sepeda Bayi Roda 3

Sebelum membeli sepeda untuk buah hati Anda, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak menyesal setelah membelinya. Berikut ini adalah 7 tips dalam memilih sepeda bayi roda 3:

1.    Sepeda yang sesuai dengan usia anak Anda

Membeli sebuah sepeda harus sesuai dengan usia seorang anak, karena jika tidak, sepeda tersebut tidak akan bisa untuk digunakan. Khusus anak yang belum menginjak usia 2 tahun, sebaiknya Anda membeli sepeda yang memiliki tongkat pengendali. Hal tersebut untuk membantu sepeda agar tetap bisa berjalan, karena pada usia tersebut anak belum mampu untuk mengayuh sepedanya.

Sedangkan untuk anak yang sudah berusia lebih dari 2 tahun, ia sudah mampu untuk mengayuh sepedanya sendiri. Sehingga Anda dapat membelikannya sepeda tanpa tongkat pengendali. Tetapi harus tetap diawasi, apalagi saat bersepeda di jalan raya, karena anak belum mampu untuk mengontrol penuh sepedanya.

2.    Bentuk sepeda sesuai dengan berat dan tinggi anak

Sepeda yang baik adalah sepeda yang sesuai dengan berat dan juga tinggi seorang anak. Jika sepeda tersebut terlalu tinggi atau rendah, pasti anak akan kesulitan saat menggunakannya. Begitu juga kalau sepeda tersebut memiliki berat yang melebih berat badannya, ia harus mengeluarkan tenaga ekstra saat mengendarainya. Anak cenderung akan cepat lelah.

3.    Sepeda yang bisa dipakai di dalam rumah

Saat masa pandemi dan musim hujan seperti saat ini, membuat anak tidak dapat bermain sepeda keluar rumah. Karena cukup membahayakan keselamatan dirinya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membeli sepeda yang dapat dipakai saat di dalam rumah. Anak Anda tetap bisa bermain sepeda dan terhindar dari rasa bosan juga aman dari bahaya.

4.    Pedal sepeda mudah saat dikayuh

Ada dua posisi peletakkan pedal sepeda roda 3, yang pertama ada pada roda depan dan yang kedua ada di tengah. Posisi yang pedal yang paling umum adalah berada pada posisi roda depan, memang cukup membuat anak sulit saat mengayuh. Namun pedal tersebut bagus untuk melatih

5.    Perhatikan bahan dasar dari ban dan jarak dua roda belakang sepeda

Bahan dasar dari ban sepeda sangat berpengaruh untuk kenyamanan anak saat menggunakan sepedanya. Ban yang terbuat dari EVA dan karet tebal cenderung stabil dan dapat mengurangi guncangan saat bersepeda. Ban jenis ini akan membuat anak Anda nyaman saat mengendarainya.

Dan untuk jarak dua roda belakang, pilihlah sepeda yang memiliki jarak minimal 40 cm.  Karena, sepeda yang memiliki jarak tersebut cenderung lebih stabil saat digunakan. Jadi anak Anda tidak akan mudah jatuh.

6.    Sepeda menggunakan perangkat keamanan

Sangat disarankan untuk membeli sepeda dengan kelengkapan perangkat keamanan seperti sabuk pengaman, pelek dengan cover, dan juga memiliki stopper. Dengan adanya sabuk pengaman, anak Anda tidak akan mudah terjatuh atau terbentur pada bodi sepeda saat melewati jalanan yang jelek. Sepeda yang memiliki pelek dengan cover dapat menjaga kaki anak Anda dari terjepit pada jari-jari sepeda.

Stopper merupakan perangkat pengunci roda belakang sepeda, yang berfungsi untuk mengunci sepeda anak meskipun ia mengayuhnya. Stopper sangat berguna saat anak Anda berada di tempat umum atau jalan raya. Agar ia tidak mengendarai sepedanya sembarangan tanpa pengawasan Anda.

7.    Sepeda yang dapat dilipat

Sepeda yang dapat dilipat akan memudahkan Anda untuk menyimpan atau membawanya pergi ke suatu tempat. Karena tidak memerlukan ruang yang besar saat menaruhnya. Dapat Anda gantung pada dinding rumah atau Anda selipkan pada bagasi mobil.

5 Produk Sepeda Bayi Roda 3 Untuk Buah Hati Anda

Berikut ini adalah 5 rekomendasi produk sepeda bayi yang memiliki roda 3 terbaik:

1.    BMX Tricycle Stroller Anak Aviator 105-7

Sumber: https://my-best.id/30284

Harga sepeda ini adalah senilai Rp 385.000,-. Memiliki perangkat keamanan berupa sabuk pengaman. Terdapat 2 buah keranjang pada bagian depan dan juga belakang. Cocok untuk anak yang memiliki berat 30 kg. Bahan dasar ban adalah EVA.

2.    Exotic Sepeda Roda Tiga Anak ET-1270

Sumber: https://my-best.id/30284

Sepeda ini cocok untuk anak berusia 2 sampai dengan 5 tahun. Memiliki desain seperti sepeda motor sungguhan dengan tambahan aksesori knalpot. Perangkat keamanan yang dimiliki adalah peleknya memiliki cover. Bahan dasar ban merupakan karet. Harganya senilai Rp 400.000,-.

3.    L’abeille Sepeda Anak Roda Tiga KC102

Sumber: https://my-best.id/30284

Sepeda ini terbuat dari plastik, sehingga sangat ringan dan aman untuk digunakan di dalam rumah. Material pada ban juga menggunakan plastik. Pelek dilengkapi dengan cover, jadi sangat aman untuk kaki anak Anda. Harganya senilai Rp 305.000,- saja.

4.    Classic Red Tricycle dengan Push Handle merk Radio Flyer

Sumber: https://my-best.id/30284

Sepeda jenis ini memiliki tongkat pengendali yang dapat Anda setting dengan tiga posisi. Anda juga dapat melepas tongkat tersebut, jika anak sudah lancar mengendarai sepedanya. Material ban menggunakan karet. Cocok untuk anak usia 2 sampai 4 tahun dengan berat 19,3 kg. Harganya sebesar Rp 1.906.400,-.

5.    IIMO Tricycle #02

Sumber: https://my-best.id/30284

Sepeda ini memiliki keunggulan, yaitu dapat dilipat, sehingga memudahkan Anda untuk menyimpan dan membawanya saat bepergian. Perangkat keamanan yang dimiliki adalah sabuk pengaman, cover pelek, dan juga stopper. Cocok untuk anak usia 1,5 sampai dengan 4 tahun dengan tinggi badan mulai dari 77 sampai 100 cm. Harganya cukup mahal, yaitu sebesar Rp 2.812.000,-.

Itulah tadi tips memilih dan juga produk rekomendasi sepeda bayi roda 3 yang semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Membelikan sesuatu untuk anak bukan hanya tentang apa yang mereka inginkan, tetapi juga harus yang terbaik dan aman untuk mereka.Karena anak merupakan amanah dari Tuhan bagi setiap orang tua.

Memberikan kebahagiaan dan menjaganya adalah tanggung jawab semua orang tua. Tidak apa untuk mengeluarkan uang sedikit lebih banyak demi keselamatan dan kenyamanan anak saat bermain. Karena hal tersebut akan membuat Anda merasa tenang saat melepaskan mereka bermain dengan sepedanya. Jauh dari rasa khawatir dan juga rasa takut dengan memberikan sepeda yang cukup aman dan nyaman.

Leave a Comment