Ragam Perlengkapan Bayi Yang Dibutuhkan Orang Tua Baru

Bagi orang tua yang akan menyambut anak pertama mereka, banyak sekali keingintahuan para orang tua akan kebutuhan bayi mungil mereka yang akan lahir ke dunia. Perlengkapan bayi utamanya akan lebih dulu masuk ke dalam list belanja. Lantas, apa saja sih perlengkapan bayi yang dibutuhkan orang tua? Simak ulasan berikut ini!

Perlengkapan bayi baru lahir yang Harus Dibeli

perlengkapan bayi

Memburu perlengkapan bayi baru lahir adalah hal paling menyenangkan sembari menunggu si kecil lahir ke dunia. Sebagai orang tua baru kebanyakan masih belum tahu perlengkapan bayi baru lahir dan jumlahnya yang harus disiapkan. Siapkan checklist ya!

  • Pakaian Bayi Newborn

Untuk pembelian pertama, perlengkapan bayi baru lahir wajib membeli pakaian bayi berlengan panjang dan pendek. Pakaian bayi berlengan panjang untuk dipakai sore dan malam hari, sedangkan pakaian pendek bisa dipakai saat siang hari agar bayi tidak kegerahan.

Jangan lupa membeli masing-masing 1 lusin (12 potong) karena bayi baru lahir biasanya seringkali ganti baju karena berkeringat atau gumoh (muntah) jika kekenyangan setelah disusui. Cukup membeli 1 lusin karena bayi bertumbuh sangat cepat sehingga orang tua harus membeli baju dengan ukuran lebih besar dalam waktu singkat.

  • Celana Bayi Newborn

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli berikutnya adalah celana panjang dan celana pendek bayi baru lahir. Tidak perlu membeli celana dengan tutup kaki karena bayi lebih cepat tumbuh dan celana dengan tutup kaki mengurangi ruang gerak bayi.

Tidak perlu membeli banyak celana panjang dan pendek, cukup membeli masing-masing 12 potong atau 1 lusin.

  • Popok Kain

Beli 2 lusin popok kain untuk bayi baru lahir anda. Meski saat ini sudah banyak orang menggunakan diapers atau popok sekali pakai, namun menggunakan popok kain pada bayi baru lahir membuat kulit bayi baru lahir yang sensitif tidak rentan terkena iritasi. Karena itu wajib memasukkan popok kain dalam list perlengkapan bayi baru lahir.

Gunakan popok kain hanya ketika pagi hingga sore hari. Masuk malam hari, gunakan diapers agar bayi tidur lebih nyenyak dan tidak sering terbangun karena popok yang basah. Tapi jangan lupa untuk sering mengecek diapers bayi ya bunda. Jangan sampai diapers membuat kulit bayi anda teriritasi.

  • Bedong Bayi

Bayi baru lahir sensitif dengan udara di luar. Bayi yang sudah biasa dipeluk dalam perut ibu akan merasa lebih nyaman ketika dibedong. Jaman dulu, biasanya orang tua akan membungkus bayi dengan kain jarik agar bayi lebih nyaman. Tapi, saat ini telah banyak bedong instan yang mudah digunakan karena dilengkapi dengan resleting.

Perlengkapan bayi baru lahir satu ini dapat dipakai berulang-ulang tanpa takut kotor karena tidak dikenakan langsung pada badan bayi. Jadi anda tidak perlu terlalu banyak membeli bedong. Cukup 6 bedong biasa atau 2 bedong instan.

  • Kaus kaki dan sarung tangan bayi

Perlengkapan bayi ini sangat penting untuk menjaga bayi tetap hangat. Jangan lupa untuk menyediakan sarung tangan sebanyak 6 pasang dan kaus kaki 6 pasang untuk melengkapi perlengkapan bayi anda.

Sarung tangan dapat melindungi kuku bayi baru lahir yang biasanya masih tajam dan masih susah untuk dipotong. Ini akan menghalangi bayi mencakar dirinya sendiri karena gerak reflek pada bayi tidak bisa diprediksi.

Sementara itu, kaus kaki adalah perlengkapan bayi yang dapat anda gunakan untuk membuat bayi anda tetap hangat dan nyaman.

  • Topi bayi

Perlengkapan bayi baru lahir ini tidak butuh banyak. Cukup sediakan 2 topi untuk menghangatkan kepala bayi saat keluar rumah. Di dalam rumah, bayi tidak perlu menggunakan topi.

Pilih topi yang berbahan lembut agar nyaman digunakan bayi. Bisa menggunakan bahan kaos atau bahan rajut dengan benang lembut agar bayi tetap hangat meski sedang berada di luar rumah.

  • Kaus singlet

Tidak perlu membeli banyak kaus singlet sebagai perlengkapan bayi baru lahir. Biasanya kaus singlet baru akan berguna ketika bayi berusia 1 bulan. Cukup beli 6 potong untuk menyambut bayi baru lahir anda.

  • Gurita

Sebagian besar dokter anak telah melarang menggunakan gurita pada bayi baru lahir. Namun, banyak orang tua yang masih percaya penggunaan gurita membuat bayi baru lahir terhindar dari kolik sekaligus membuatnya nyaman saat tidur. Cukup menyiapkan 1 lusin gurita bayi sebagai perlengkapan bayi baru lahir anda.

  • Jumper

Ini adalah perlengkapan bayi baru lahir gaya baru tapi nyatanya lebih banyak dipakai karena lebih praktis. Tidak perlu menggunakan dobel celana lagi karena memakai jumper sudah dapat sekaligus, pakaian dan celana.

Jumper wajib masuk list perlengkapan bayi yang harus anda siapkan. Pemakaiannya mudah, dan yang lebih penting membuat bayi anda lebih nyaman. Ada banyak jenis jumper yang biasa anda pilih. Anda biasa membeli 2 set (1 set berisi 3) untuk melengkapi list perlengkapan bayi yang anda butuhkan.

  • Diapers

Pilih diapers perekat untuk perlengkapan bayi baru lahir. Ini memudahkan anda untuk mengganti diapers karena bayi baru lahir masih sangat rentan. Jangan lupa untuk memilih diapers khusus bayi baru lahir dengan bahan yang nyaman.

Jangan asal pilih diapers agar kulit sensitif bayi tidak mudah teriritasi. Pastikan membeli diapers yang nyaman untuk bayi anda.

  • Selimut Bayi

Selimut bayi cukup penting untuk masuk list perlengkapan bayi karena fungsinya yang menghangatkan. Anda cukup menyiapkan 3 buah selimut untuk bayi baru lahir anda. Jangan lupa memilih bahan yang lembut agar nyaman digunakan si kecil.

Peralatan bayi Baru Lahir

Perlengkapan bayi baru lahir

Selain perlengkapan bayi baru lahir yang harus anda siapkan, anda harus juga menyiapkan peralatan bayi baru lahir. Selain untuk bayi, anda juga harus menyiapkan peralatan untuk ibu bagi yang berniat untuk menyusui bayinya secara eksklusif. Berikut daftar peralatan bayi baru lahir yang harus anda siapkan.

Untuk Bayi:

  • Boks Bayi

Akan lebih baik jika anda juga menyertakan boks bayi dalam list peralatan bayi yang harus disiapkan. Membiasakan bayi tidur di dalam boks juga melatih bayi untuk mandiri sedari dini. Mungkin ini memang membuat anda lebih lelah karena harus bangun dari tempat tidur lalu mengangkat bayi ke pangkuan untuk menyusuinya tetapi, menidurkan bayi di dalam boks jauh lebih baik sehingga anda juga memiliki space bersama pasangan.

  • Bantal Guling Bayi

Memiliki bantal guling khusus untuk bayi sebenarnya bukan menjadi keharusan. Tetapi bantal khusus bayi justru memiliki efek khusus untuk membuat nyaman kepala bayi yang masih lunak. Sehingga bantal khusus bayi merupakan hal yang wajib anda masukan dalam list peralatan bayi yang anda butuhkan.

  • Bak mandi bayi

Pilih bak mandi yang dapat digunakan hingga si kecil berusia 2 tahun untuk menghemat budget. Jika ada budget lebih, anda bisa membeli bak mandi yang dilengkapi dengan timbangan digital bayi untuk memudahkan anda dalam mengetahui perkembangan berat badan si kecil.

Bak mandi bayi adalah hal wajib yang masuk dalam peralatan bayi. Kegunaannya bisa dalam jangka waktu yang panjang dan dapat digunakan kembali meski si kecil sudah bisa duduk.

  • Handuk

Peralatan bayi yang anda butuhkan berikutnya adalah handuk. Handuk khusus bayi relatif lebih lembut karena digunakan untuk kulit bayi yang sangat sensitif. Piliha handuk dengan buliran halus sehingga sebisa mungkin tidak menyakiti kulit bayi.

Handuk adalah salah satu peralatan bayi yang awet kegunaannya. Anda perlu menyiapkan 2 sampai 3 handuk bayi untuk dipakai bergantian. Rajinlah menjemur handuk yang telah dipakai agar tidak sampai berjamur.

  • Toileters Bayi

Toileters bayi atau peralatan bayi untuk mandi ini harus disiapkan secara lengkap. Pilih peralatan bayi untuk mandi yang hypoalergenic sehingga aman digunakan untuk bayi baru lahir.

Kulit bayi lebih tipis, rentan dan sensitif jika dibandingkan orang dewasa. Jadi, ketika zat kimia seperti yang terkandung dalam produk orang dewasa dijadikan bahan untuk produk bayi tidaklah cocok. Itu hanya akan membuat kulit bayi menjadi iritasi dan disertai dengan perih serta gatal. Produk bayi harus bebas dari pewarna, pewangi, ataupun alkohol.

Beberapa diantaranya adalah, sabun, shampo, minyak telon, baby oil, kapas, kassa (untuk mengganti kassa saat bayi belum puput pusar) dan bedak bayi.

  • Washlap

Hampir sama seperti handuk, pilih washlap dengan bahan yang lembut agar tidak melukai kulit bayi yang masih rentan dan sensitif. Jangan gunakan washlap berbahan kasar jika tidak ingin melukai kulit bayi anda yang masih sangat tipis. Peralatan bayi ini mudah ditemukan tetapi harus selektif memilih bahannya.

  • Perlak

Peralatan bayi ini sudah hampir tidak digunakan karena banyaknya orang yang lebih memilih menggunakan diaper. Namun peralatan bayi ini yang wajib ada ketika anda ingin menggunakan popok kain biasa atau clodi (popok menyerupai diaper tetapi ramah lingkungan karena terbuat dari kain khusus sehingga bisa dicuci kembali).

  • Tas Diaper serba guna

Untuk bepergian, ibu muda saat ini bisa bergaya dengan menggunakan tas diaper super keren. Ada banyak pilihan model dan warna untuk ibu muda yang membawa bayi mereka keluar rumah.

Saat ini tas diaper tidak monoton bentuknya. Ada yang berbentuk handbag super kece, ada pula yang berbentuk backpack hingga mudah dibawa tapi tetap stylist digunakan.  Jadi, jika anda ibu muda yang aktif di luar, tas diaper ini wajib ada dalam list peralatan bayi yang dibutuhkan.

Ada banyak merk di luaran yang memiliki model stylist yang dapat anda pilih. Mulai dari Petunia Pickle Bottom Intermix, Allegra Zeta, Land Urban Parents, Anello sampai gabag. Anda dapat membeli tas diaper sesuai kebutuhan dan budget yang anda miliki.

  • Gendongan Bayi

Pilih gendongan yang dapat dipakai hingga rentang usia yang cukup panjang agar menghemat budget anda. Saat ini ada gendongan berbahan kaos yang memudahkan anda menggendong bayi baru lahir sekalipun dengan sangat nyaman.

Sesuai namanya, Geos berbahan dasar kaos dengan ketebalan yang pas dan sudah sudah dijahit rapi seperti bentuk pouch yang sangat memudahkan saat menggendong bayi. Pada newborn yang belum tegak lehernya, gendongan ini akan terasa sangat nyaman. Apalagi jika diayunkan dan digendong, bayi akan dengan cepat tertidur pulas.

Kabar baiknya, geos bisa digunakan dari berat 3 kg hingga 20 kilogram. Jadi anda bisa menghemat budget peralatan bayi dan tak perlu membeli gendongan berulang kali.

  • Stroler

Sama dengan gendongan, peralatan bayi satu ini harus dipilih dengan cermat agar menghemat budget. Ada berbagai macam pilihan stroler yang bisa anda pilih. Namun, jangan hanya melihat merk dan harga stroler melainkan lebih penting lagi untuk  menilik fungsi stroler yang anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Peralatan bayi satu ini tidak tergolong murah. Anda harus dapat memilih secara bijak dengan mempertimbangkan berat stroller, fungsi sandaran stroller yang dapat digunakan dari bayi baru lahir hingga usia balita.

  • Botol susu

Jika anda memilih susu formula untuk nutrisi bayi anda, anda membutuhkan setidaknya 6 botol susu untuk dipakai secara bergantian. Pilih ukuran paling kecil yang digunakan untuk bayi baru lahir hingga ukuran besar untuk dipakai hingga usia balita.

Jangan lupa menyertakan stok karet yang menyerupai puting agar tidak merusak bentuk gigi bayi kedepannya.

  • Sterilizer

Ini akan memudahkan anda untuk melakukan steril pada botol susu maupun peralatan bayi untuk makan jika bayi sudah mulai mencecap makanan pertamanya.

  • Satu set sisir bayi

Bayi yang baru dilahirkan kadang tidak memiliki banyak rambut sehingga mungkin tidak membutuhkan sisir bayi. Namun, jika bayi anda memiliki rambut, baik itu lebat atau tidak, secara rutin menyisir rambut bayi akan membantu cegah rambut kusut dan menjadikan rambut bayi tetap bersih dan sehat.

Dan, karena kulit kepala bayi masih sangat lunak dan lembut, sebaiknya hindari sisir tajam seperti yang digunakan orang dewasa. Gunakan sisir bayi yang berujung bulat dan juga bergigi jarang. Untuk bayi yang baru lahir, pilihlah sisir yang berbentuk sikat yang lembut sehingga tidak berpotensi melukai kulit kepala bayi.

  • Gunting kuku khusus bayi

Meski masih baru dilahirkan, rata-rata bayi memiliki kuku yang panjang dan tajam. Jika tidak dipotong, si kecil bisa menggaruk kulitnya yang sensitif lalu memicu terjadinya iritasi pada kulitnya yang sensitif.

Karena itu, gunting kuku khusus untuk bayi adalah salah satu peralatan bayi yang tak boleh terlewat. Gunting kuku khusus bayi tidak sama dengan gunting kuku dewasa. Gunting kuku khusus bayi memiliki ukuran yang mungil sehingga memudahkan anda untuk menggunting kuku bayi yang mungil.

Untuk Ibu Menyusui

  • Pembalut Maternity
  • Nursing appron
  • Botol susu (untuk menyimpan asi)
  • Pompa asi (manual/elektrik)
  • Baju menyusui
  • Bra menyusui
  • Breastpad
  • Tas pompa asi
  • Stagen/ korset
  • Sterilizer

 

Yang Harus Disiapkan Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit

Peralatan bayi

Tidak semua rumah sakit atau rumah bidan menyediakan peralatan bayi baru lahir. Karena itu penting juga untuk menyiapkan peralatan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit.

Jangan sampai melupakan peralatan bayi yang harus dibawa. Siapkan 1 sampai 2 bulan jelang kehamilan dengan memasukkan seluruh peralatan bayi di dalam satu tas. Sehingga saat tanda-tanda persalinan mulai muncul, anda telah siap untuk membawanya.

  • 4 stel pakaian bayi
  • Diapers secukupnya.
  • Kaos kaki dan sarung tangan
  • Peralatan mandi bayi
  • Selimut bayi
  • Bedong bayi
  • Jarik
  • Gurita bayi
  • Gurita ibu
  • Setagen
  • Dokumen pribadi
  • Uang tunai
  • Ponsel dan charger
  • Pembalut maternity

Daftar Harga Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli

Untuk membeli semua peralatan bayi dan perlengkapan bayi baru lahir, anda tentu membutuhkan informasi range harga perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli sehingga dapat menyiapkan budget jauh-jauh hari.

Berikut daftar harga perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli:

Nama Perlengkapan Range Harga
  1. Baju lengan pendek bayi
  2. Baju lengan panjang bayi
  3. Celana pendek bayi
  4. Celana panjang bayi
  5. Kaos kaki bayi
  6. Sarung tangan bayi
  7. Singlet bayi
  8. Gurita bayi berperekat
  9. Gurita bayi bertali
  10. Gendongan kaos
  11. Clodi
  12. Diaper new born
  13. Popok kain
  14. Jumper
  15. Bedong bayi manual
  16. Bedong bayi instan
  17. Topi bayi
  18. Selimut bayi
  19. Handuk bayi
  20. Washlap bayi
  21. Perlak bayi
  22. Bak mandi bayi
  23. Boks bayi
  24. Stroller
  25. Pembalut maternity
  26. Nursing appron
  27. Botol susu bayi
  28. Sterilizer
  29. Pompa asi
  30. Tas diaper
  31. Tas pompa asi
  32. Set Peralatan mandi bayi
  33. Gurita ibu
  34. Set sisir bayi
  35. Set gunting kuku bayi
  36. Jaket bayi
  37. Stagen
  38. Baju menyusui
  39. Breastpad
  40. Bra Menyusui
  1. Rp 12.000 – Rp 18.000/ pcs
  2. Rp 14.000 – Rp 32.000/ pcs
  3. Rp 12.000 – Rp 20.000/pcs
  4. Rp 15.000 – Rp 25.000/ pcs
  5. Rp 8000 – Rp 21.000/pcs
  6. Rp 8000 – Rp 15.000/pcs
  7. Rp 10.000 – Rp 22000/pcs
  8. Rp 12.000 – Rp 17.000/ pcs
  9. Rp 6500 – Rp 10.000/ pcs
  10. Rp 90.000 – Rp 150.000/ pcs
  11. Rp 38.000 – Rp 100.000 / pcs
  12. Rp 45.000 – Rp 200.000 / pack
  13. Rp 6500 – Rp 8000/ pcs
  14. Rp 75.000 – Rp 135.000/ set (isi 3)
  15. Rp 50.000 – Rp 75.000 / lembar
  16. Rp 75.000 – Rp 125.000/pcs
  17. Rp 35.000 – Rp 60.000/pcs
  18. Rp 50.000 – Rp 120.000/ lembar
  19. Rp 50.000 – Rp 200.000/ lembar
  20. Rp 12.000 – Rp 25.000/ lembar
  21. Rp 30.000 – Rp 80.000/ lembar
  22. Rp 60.000 – Rp 2.000.000
  23. Rp 350.000 – Rp 2.000.000
  24. Rp 500.000 – Rp 7 juta
  25. Rp 30.000 – Rp 40.000
  26. Rp 45.000 – Rp 120.000
  27. Rp 45.000 – Rp 120.000/ set (isi 6)
  28. Rp 200.000 – Rp 3.000.000
  29. Rp 200.000 – Rp 4.000.000
  30. Rp 350.000 – Rp 4.000.000
  31. Rp 350.000 – Rp 2.000.000
  32. Rp 150.000 – Rp 1.000.000
  33. Rp 45.000
  34. Rp 45.000 – Rp 120.000
  35. Rp 35.000 – Rp 150.000
  36. Rp 75.000 – Rp 500.000
  37. Rp 45.000
  38. Rp 80.000/pcs
  39. Rp 40.000 – Rp 180.000/pack
  40. Rp 50.000 – Rp 120.000/pcs

Note: Range harga diatas diambil berdasarkan merk kelas menengah.

Tips Memilih Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Seperti yang sudah diuraikan diatas, memiliki bayi tentu membutuhkan biaya ekstra besar. Apalagi jika bayi tersebut adalah anak pertama yang notabene membutuhkan segala hal yang baru karena anda belum punya pengalaman membeli perlengkapan bayi dan peralatan bayi.

Anda harus bijak dan pintar mengalokasikan dana untuk membeli perlengkapan bayi dan peralatan bayi. Karena jika tidak, yang anda lakukan hanya lapar mata tanpa mempedulikan fungsi yang berkelanjutan dari perlengkapan bayi dan peralatan bayi yang anda beli.

Pilih Perlengkapan Bayi yang Mudah Dibentuk

Sangat banyak perlengkapan bayi yang inovatif dan memiliki banyak fungsi seiring dengan usia dan pertumbuhan si kecil. Jadi pilihlah perlengkapan bayi dan peralatan bayi yang memiliki fungsi jangka panjang dan bermanfaat hingga bayi anda berusia balita. Misalnya, mainan dalam keranjang atau boks bayi, mainan tersebut dapat anda fungsikan lagi menjadi bentuk lainnya.

Perlengkapan Bayi Multifungsi

Pilihlah barang yang memiliki multifungsi. Saat ini banyak sekali kemudahan yang diciptakan produsen dalam menyajikan fitur yang menarik. Banyak produsen perlengkapan bayi dan peralatan bayi yang menyajikan 1 barang tapi beragam fungsi.

Misalnya saja, inovasi produsen koper besar yang digunakan bepergian. Koper ini memiliki fungsi tak hanya memuat barang atau perlengkapan bayi dan segala kebutuhannya melainkan juga berfungsi sebagai  bouncer, meja ganti diaper bayi dan tentu saja untuk memuat perlengkapan bayi dan peralatan bayi.

Perlengkapan bayi dan peralatan bayi seperti inilah yang dapat membantu anda menghemat uang untuk membeli perlengkapan bayi dan peralatan bayi baru lahir. Selain itu, ada pula car seat yang bisa sekaligus dijadikan tempat makan untuk bayi dan dilengkapi dengan meja kecil untuk memudahkan bayi anda menyantap camilan favoritnya di perjalanan.

Penggantian Spare-Part Mudah

Perlengkapan bayi dan peralatan bayi yang fungsional biasanya memang dapat digunakan dalam waktu yang lama. Namun, beberapa produk memang harus diganti spare partnya agar dapat digunakan dengan baik. Karena itu, pilih perlengkapan bayi dan peralatan bayi yang mudah diganti

Sudah banyak produsen yang mempunyai perlengkapan bayi kemudian menawarkan produk dengan ukuran standar sehingga anda bisa mengganti bagian tersebut kapan saja. Beberapa produsen bahkan menawarkan peralatan tambahan tanpa membuat anda membeli setiap bagiannya. Hal itu memudahkan sekaligus menghemat waktu dan budget anda.

Pilih Warna Netral

Cara ini akan sangat bermanfaat jika anda berencana untuk memiliki buah hati lebih dari satu. Alih-alih membeli warna yang identik dengan salah satu jenis kelamin saja akan membuat anda boros jika ternyata buah hati anda berikutnya berbeda jenis kelaminnya.

Agar hemat, membeli perlengkapan bayi dan peralatan bayi dengan warna netral akan memudahkan anda mewariskan perlengkapan bayi dan peralatan bayi pada buah hati anda selanjutnya. Cara ini terbukti efektif dan menghemat budget. Apalagi, perlengkapan bayi dan peralatan bayi sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama untuk dipakai. Utamanya pakaian bayi mengingat bayi cepat bertumbuh.

Karena itu, jangan lupa untuk membeli perlengkapan bayi dan peralatan bayi dengan warna netral agar dapat anda simpan untuk buah hati anda berikutnya. Jadi anda bisa berhemat bukan?

Bisa Sewa atau Beli Bekas

Buat list perlengkapan bayi dan peralatan bayi yang sebenarnya tidak perlu membeli baru. Ada banyak tempat persewaan yang menawarkan perlengkapan bayi dan peralatan bayi yang digunakan secara berkala.

Seperti misalnya, pompa asi, boks bayi, stroller, lemari pakaian, botol penyimpan asi, atau car seat. Perlengkapan bayi dan peralatan bayi yang sekiranya digunakan hanya untuk sesaat lebih baik menyewa atau membeli barang bekas tetapi masih sangat layak pakai agar menghemat kantong.

Demikian info dari kami. Semoga membantu anda mencari perlengkapan bayi dan peralatan bayi yang tepat.

Leave a Comment