Persiapan Persalinan Bunda dan Bayi Agar Berjalan Lancar dan Aman

Ada baiknya jika Anda, seorang ibu muda yang akan mengalami persalinan pertama kali melakukan persiapan persalinan. Persiapan persalinan ini Anda lakukan jauh-jauh jari sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL). Tujuannya agar proses persalinan berjalan lancar dan aman serta bayi lahir dengan sehat.

Ada banyak hal yang perlu Anda siapkan agar proses melahirkan berjalan lancar. Mulai dari persiapan rumah sakit dan dokter, peralatan dan perlengkapan pribadi Anda dan calon bayi Anda, persediaan makanan untuk suami selama menunggu Anda pra persalinan atau pasca persalinan.

Persiapan persalinan

Selain itu, Anda juga persiapan diri Anda dalam proses persalinan seperti olahraga teratur, mempelajari proses persalinan, mengikuti kelas persalinan dan latihan senam kehamilan, bahkan Anda juga perlu menambah informasi mengenai persalinan dan cara agar proses persalinan tetap rileks dan lancar.

Inilah Daftar Persiapan Persalinan Bunda dan Bayi Agar Berjalan Lancar dan Aman

Anda sebagai calon Bunda atau ayah kadang merasa bingung ketika usia kehamilan mendekati persalinan. Bingung dengan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyambut buah hati. Bagi Anda calon orang tua, Anda bisa menemukan hal apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang persalinan.

Berikut daftar persiapan persalinan Bunda dan Bayi agar berjalan lancar dan aman.

Pertama, memilih rumah sakit dan dokter yang akan menangani persalinan Anda

Hal pertama yang Anda harus persiapkan dalam persiapan persalinan adalah memilih rumah sakit dan dokter yang akan menangani persalinan Anda. Sebenarnya, persiapan ini sudah Anda lakukan sejak awal kehamilan. Anda harus sudah menentukan dokter mana yang akan menangani kehamilan hingga persalinan Anda.

Memilih dokter kandungan tentunya akan satu paket dengan memilih rumah sakit yang Anda tuju sebagai tempat persalinan. Biasanya dokter kandungan juga akan merekomendasikan tempat prakteknya sebagai tempat persalinan Anda.

Anda perlu mengumpulkan informasi yang banyak selama kehamilan mengenai dokter, lingkungan rumah sakit, perawat, fasilitas, dan pelayanan saat persalinan di rumah sakit yang direkomendasikan.

Tak kalah pentingnya, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, jarak tempuh antara rumah dengan rumah sakit. Apakah jarak terlalu jauh atau tidak. Kedua, apakah Anda memiliki kehamilan berisiko atau tidak. Hal ini akan memengaruhi proses menuju persalinan tentunya.

Terakhir, jika Anda memiliki kehamilan berisiko, maka perlu dipertimbangkan apakah rumah sakit tersebut memiliki NICU atau unit perawatan intensif bayi baru lahir dan tenaga medis yang mumpuni untuk melakukan operasi caesar.

Kedua, persiapkan barang-barang yang harus dibawa ketika persalinan Anda

Tidak kalah penting dengan memilih rumah sakit dalam persiapan persalinan. Mempersiapkan barang-barang bawaan ketika persalinan adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Anda tidak perlu membawa banyak barang, cukup barang-barang yang bisa menunjang masa persalinan dan pemulihan ketika di rumah sakit selama 2 atau 3 hari. Selain barang-barang yang Anda butuhkan, Anda juga perlu menyiapkan barang keperluan si buah hati dan suami ketika menunggu persiapan persalinan di rumah sakit.

Anda hanya perlu menyiapkan baju ganti ibu, suami, dan si bayi, pembalut khusus ibu pasca persalinan, keranjang bayi atau gendongan. Namun Anda tak perlu khawatir soal perlengkapan bayi. Biasanya, rumah sakit telah menyediakan baju bayi. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda membawa beberapa baju untuk bayi Anda.

Persiapan Persalinan yang ketiga, persiapkan tubuh Anda

Baik persalinan normal atau caesar, Anda perlu mempersiapkan tubuh Anda. Usahakan tidak stress dan selalu lakukan olahraga kehamilan yang menunjang persalinan normal Anda.

Persiapan persalinan yang ketiga ini harus dilakukan jauh-jauh hari untuk ibu hamil. Persiapan fisik bagi ibu hamil, Anda perlu mengikuti kelas persalinan dan melakukan senam hamil.

Kelas persalinan

Kelas persalinan dalam persiapan persalinan buah hati, bisa Anda ikuti di setiap rumah sakit atau bidan. Bahkan beberapa rumah sakit sudah membebaskan biaya kelas persalinan di sejumlah sesi bagi calon ibu yang memeriksakan diri di rumah sakit tersebut.

Berbagai manfaat akan Anda dapatkan ketika mengikuti kelas persalinan ini. pastinya, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang masa kehamilan dan mendapatkan tips dalam persalinan yang lancar. Bahkan tak hanya soal fisik, kelas persalinan pun membantu mental Anda agar kuat dalam menyongsong persiapan persalinan.

Kelas persalinan akan membantu Anda untuk memotivasi agar tidak takut da cemas dalam menghadapi proses persalinan. Hal ini pasti akan berpengaruh terhadap persalinan jika Anda merasa cemas dan takut. Semuanya harus dihadapi dengan tenang dan keyakinan dan mental yang kuat.

Latihan senam hamil

Dalam persiapan persalinan, pasti Anda akan dianjurkan untuk melakukan senam hamil. Anda bisa berlatih sendiri di rumah melalui youtube atau Anda juga bisa mengikuti kelas persalinan. Ada beberapa gerakan senam yang perlu Anda lakukan, antara lain:

Senam kegel. Senam kegel ini fungsinya untuk melatih otot panggul bawah. Senam kegel bisa dilakukan di rumah sendirian. Caranya, tarik otot area intim hingga ke dubur. Kemudian tahan selama beberapa detik lalu dikendurkan. Lakukan gerakan tersebut selama beberapa kali.

Berjongkok mampu menguatkan otot panggul dan paha. Cara melakukannya cukup mudah. Ambillah posisi jongkok sambil pegangan pada benda agar tidak jatuh. Lakukan aktivitas tersebut selama beberapa detik lalu istirahatlah.

Yoga baik untuk menguatkan otot panggul ibu hamil. Anda dapat melakukan olahraga ini sebagai bahan persiapan persalinan Anda. Caranya, Anda duduk bersila. Kedua telapak tangan memegang kedua kaki yang saling menempel. Gerakkan lutut naik turun selama beberapa menit.

Latihan panggul tentunya bermanfaat untuk menguatkan otot panggul. Caranya, Anda harus ambil posisi seperti merangkak dengan kedua tangan ke depan. Fungsinya untuk menahan tubuh. Tarik otot dubur secara perlahan. Tahan beberapa detik. Lalu kendorkan. Ulangi gerakan tersebut selama beberapa kali.

Keempat, berlatih teknik relaksasi untuk persiapan persalinan

Berlatih teknik relaksasi perlu dilakukan untuk menghadapi persiapan persalinan. Teknik ini mampu membantu Anda dalam menenangkan sebelum dan sesudah persalinan. Selain itu, teknik ini juga bermanfaat untuk mengontrol rasa sakit dan relaksasi otot dan pernapasan.

Bunda, sebelum proses persalinan Anda lebih baik berlatih teknik pernapasan atau relaksasi ini. tujuannya agar Anda tidak kehabisan napas saat proses persalinan normal.

Teknik relaksasi yang baik dan benar bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi dengan pakar atau pun mencari referensi melalui blog, youtube atau media yang lainnya.

Sekarang, Anda sudah mengetahui persiapan persalinan yang dibutuhkan untuk menantikan kelahiran buah hati tercinta. Anda tidak perlu khawatir apabila sewaktu-waktu terjadi kontraksi, barang-barang sudah disiapkan tinggal berangkat menuju rumah sakit yang sudah Anda pilih.

1 thought on “Persiapan Persalinan Bunda dan Bayi Agar Berjalan Lancar dan Aman”

Leave a Comment