Obat Pilek Bayi Yang Aman Dan Mudah Didapatkan

Mungkin bagi orang dewasa, mengkonsumsi obat saat pilek menyerang memang sudah biasa. Namun berbeda halnya jika hal ini menimpa seorang bayi. Karena umumnya, bayi tidak bisa diberikan obat secara sembarangan. Namun bukan berarti, pilek pada bayi ini harus dibiarkan begitu saja. Dalam artikel ini akan dibahas obat pilek bayi yang aman dan mudah didapatkan.

Obat pilek bayi

Sumber gambar : https://parenting.dream.co.id

Untuk mendapatkannya, Anda tak harus jauh-jauh pergi ke apotek. Karena umumnya, obat-obatan tersebut ada di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. Bahkan, mungkin Anda tak perlu membelinya, alias gratis. Kok, bisa ? ya, karena yang dimaksud disini adalah obat pilek bayi alami, yang tentunya terbukti aman dan tanpa efek samping.

7 Obat Pilek Bayi Alami Yang Bisa Anda Dapatkan Dengan Mudah

Untuk mengatasi pilek pada bayi bisa dibilang susah-susah gampang. Mengapa bisa disebut demikian ? karena umumnya banyak obat pilek bayi yang dijual di pasaran. Namun, karena tubuh bayi masih rentan, terutama pada bayi baru lahir. Maka, memang disarankan untuk tidak memberikan obat sembarangan pada bayi. Terutama obat pilek yang harus diminum.

Nah, jika memang tidak dianjurkan untuk meminum obat, lalu bagaimana solusi untuk mengatasi pilek pada bayi ini ? Satu-satunya cara yaitu dengan mengandalkan obat pilek bayi alami. Meskipun ada diantaranya yang menggunakan obat kimia, hendaknya itu bukan untuk diminum. Tapi hanya untuk sekedar menghangatkan tubuh bayi ataupun sebagai pereda pilek pada bayi.

Agar lebih memperjelas, berikut 7 obat pilek bayi bisa Anda dapatkan dengan mudah. Diantaranya :

1.Asi

                                     Sumber gambar : https://www.orami.co.id

Salah satu obat pilek bayi alami tentu saja asi. Selain sebagai asupan nutrisi pada bayi. Asi juga memberikan segudang manfaat bagi pertumbuhan bayi. Salah satunya untuk meningkatkan imun pada bayi serta menurunkan risiko gangguan pencernaan, infeksi saluran pernapasan, pilek serta radang tenggorokan.

Bukan itu saja, asi juga diyakini sebagai vaksin yang paling ampuh untuk melawan segala macam penyakit. Termasuk penyakit pilek ini. Jadi meskipun bayi Anda mengalami pilek dan hidung tersumbat, usahakan agar bayi tetap bisa menyusu. Caranya bisa dengan mengubah posisi menyusu, agar hidung bayi yang tersumbat akibat pilek bisa sedikit lebih lega, dan terbuka.

2. Minyak Telon

Minyak telon adalah produk herbal alami yang dikemas dan banyak dijual di pasaran. Meskipun begitu, kandungan minyak telon pada produk herbal ini terbukti bisa menghangatkan tubuh bayi. Anda bisa mengusapkannya pada perut, leher serta punggung bayi.

Langkah yang paling mudah untuk mengatasi pilek pada bayi yaitu dengan menyediakan air dalam baskom yang telah ditetesi minyak telon. Baru kemudian, telungkupkan bayi pada pangkuan Anda, sehingga bayi Anda bisa menghirup uap minyak telon dari baskom tersebut. Sensasi dan bau minyak telon dari air di baskom bisa menjadi obat pilek bayi serta bisa meredakan hidung tersumbat.

Selain cara-cara tersebut, Anda juga bisa meneteskan minyak telon pada barang-barang yang dekat dengan bayi Anda. Misalnya selimut, bantal, boneka, dan sebagainya. Aroma  minyak telon yang ada pada barang-barang tersebut akan dihirup oleh bayi sebagai obat pilek pada bayi.

3. Ramuan Rempah-rempah

Rempah-rempah yang dimaksud yaitu daun sirih, kayu secang, jahe, sereh, daun teh, cengkeh dan sedikit buah lemon yang telah diiris tipis. Masukkan rempah-rempah tersebut pada air mandi bayi. Ajaklah bayi anda untuk berendam dalam air ramuan rempah-rempah tersebut. Setidaknya selama 10 hingga 15 menit.

Ramuan rempah-rempah ini terbukti bisa menjadi obat pilek bayi alami. Karena saat bayi menghirup aroma rempah-rempah yang ada pada air mandi bayi tersebut, akan membuat bayi menjadi rileks serta bisa mengurangi resiko hidung tersumbat pada bayi. Aroma hangat pada rempah-rempah tersebut juga bisa memberikan efek hangat pada tubuh bayi.

Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan durasi berendam. Usahakan untuk tidak berendam lebih dari 15 menit. Karena meskipun bayi Anda akan merasa hangat, kelamaan berendam juga bisa membuat bayi menggigil kedinginan. Segera selimuti bayi dengan handuk, segera setelah berendam,  dan oleskan minyak telon pada tubuh bayi untuk menghangatkan.

4. Kunyit

             Sumber gambar : https://litbang.kemendagri.go.id

Kunyit bisa menjadi obat pilek bayi alami. Caranya dengan memarut kunyit dan berikan sedikit air, hingga menjadi pasta. Oleskan pasta kunyit tersebut pada dahi, perut hingga telapak kaki bayi. Kunyit sendiri merupakan jenis rempah-rempah yang sering digunakan sebagai ramuan obat oleh masyarakat India.

Kandungan pada kunyit diantaranya curcumin, sesmetoksikum, resim, pati, karbohidrat, bisdesmetoksikurkumin, protein, lemak dan juga selulosa. Bukan itu saja, kunyit juga mengandung anti implamasi ,vitamin C, zat besi, posfor, kalsium, serta minyak asitri.

Sebagai obat pilek bayi, kunyit bisa memberikan manfaat sebagai penangkal virus hingga menambah kekebalan tubuh ( imun ). Senyawa anti implamasi pada kunyit juga diyakini ampuh dalam mengurangi tersumbatnya jalan napas akibat dari pilek. Serta melawan gejala-gejala yang berhubungan dengan alergi. Seperti batuk, hidung tersumbat, demam, serta pilek tentunya.

5. Bawang Merah

Sumber gambar : https://cocoonline.co.id

Ada kalanya, pilek yang dialami bayi diikuti dengan demam. Maka, dari itu, bawang merah bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Bawang merah memang terbukti bisa menurunkan panas pada bayi yang diakibatkan pilek.

Cara pengobatannya yaitu parut bawang merah, kemudian dalam mangkok campurkan parutan bawang merah tadi dengan sedikit minyak zaitun ataupun minyak telon. Dan balurkan pada tubuh bayi. Seperti perut, punggung, leher, kepala bagian belakang, ketiak, kaki, lipatan lutut serta telapak kaki.  Anda juga bisa membelah bawang merah, dan taruh di pojok kamar.

Senyawa alliin pada bawang merah, mengandung antiseftik serta anti mikoba yang bersifat bakterisida. Bukan itu saja, kandungan pada bawang merah juga terbukti bisa menetralisir udara kotor pada ruangan, serta menyerap virus influenza yang tersebar di seluruh ruangan kamar.

6. Madu

Madu dipercaya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Terutama untuk menyembuhkan penyakit pilek. Namun apakah madu juga bisa diberikan pada bayi ? Sebenarnya, bisa saja Anda memberikan madu pada bayi, namun dalam takaran yang sesuai.

Berikan satu atau 2 tetes  madu pada bayi, dan berikan 2 kali sehari. Cara lainnya, Anda bisa mencelupkan jari Anda pada madu, kemudian teteskan di mulut bayi. Berikan 1 atau 2 tetes madu saja. Karena bukan hanya untuk pengobatan pada orang dewasa saja, madu juga bisa menjadi obat pilek bayi alami.

7. Sup Ayam

Jika bayi Anda sudah mengenal makanan pendamping asi ( MPASI ), maka Anda bisa memberikan sup ayam pada bayi Anda. Akan lebih baik lagi, jika ayam yang dimasak tersebut merupakan jenis ayam kampung. Kaldu ayam memang terbukti bisa menjadi obat pilek bayi yang bisa Anda buat dengan mudah.

Itu dia beberapa  obat pilek bayi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitar Anda. Bukan tak mungkin, dari sekian banyak obat untuk mengobati pilek pada bayi tersebut sering Anda lihat setiap hari. Bahkan mungkin ada di deretan bumbu, yang sering Anda gunakan untuk memasak.

Leave a Comment