Menakjubkan! 11 Gambar Mewarnai Anak TK Terbaik

Kegiatan mewarnai merupakan sebuah aktifitas favorit untuk sebagian besar anak-anak TK. Selain menyenangkan, kegiatan tersebut juga dapat mengasah imajinasi serta kreatifitas anak. Namun, seperti apa gambar mewarnai anak TK yang terbaik untuk mereka?

Anda bisa memberikan gambar-gambar tumbuhan, bunga, hewan, dan masih banyak lagi. Terutama gambar yang secara tidak langsung dapat membuat mereka sambil belajar ketika sedang mewarnai. Misalnya, mengajarkan mereka jenis-jenis huruf, hewan, benda, sayur-sayuran, dan lain-lain.

Metode belajar sambil mewarnai ini juga sudah banyak dipraktekkan oleh para guru sebagai sarana untuk mendidik anak-anak. Karena, dengan mewarnai, kemampuan motorik seorang anak pasti akan mengalami perkembangan yang signifikan.

11 Tema Gambar Mewarnai Anak TK Terbaik

Agar memudahkan Anda dalam mencari dan juga menemukan gambar-gambar mewarnai untuk anak TK, kali ini kita akan bahas secara singkat. Berikut adalah 11 tema gambar mewarnai untuk anak TK!

1. Gambar pemandangan

Gambar mewarnai anak tk

Tema pemandangan merupakan salah satu gambar yang cukup banyak digunakan sebagai gambar mewarnai anak TK. Melalui gambar bertema pemandangan tersebut, anak-anak akan lebih mengenal kondisi alam pada suatu lokasi.

Misalnya, pemandangan lokasi pantai. Saat mewarnai pemandangan pantai, dalam memori seorang anak akan merekam bentuk gambar lokasi pantai yang ada dalam gambar. Mereka akan memahami bahwa di pantai ada pasir, air laut, bebatuan, payung, ember, matahari terbenam, ombak, dan lain-lain.

Sehingga saat mereka berkunjung ke tempat yang memiliki bentuk seperti yang ada dalam gambar, mereka akan tahu, itu adalah pantai. Anda juga bisa memberikan tema pemandangan lain, seperti hutan, sawah, pegunungan, dan lain-lain.

2. Gambar rumah

Rumah merupakan sesuatu yang familiar dalam memori anak-anak. Setiap hari di jalan mereka melihat deretan rumah-rumah dengan bentuk dan warna yang beraneka ragam. Anda bisa memberikan gambar bertema rumah untuk anak Anda warnai.

Gambar rumah akan memutar kembali memori mereka tentang warna-warna rumah dari atap hingga lantai. Sangat cocok untuk mengasah daya ingat seorang anak dan membuat mereka berimajiinasi secara luas.

3. Gambar kartun

Tema gambar mewarnai anak TK yang satu ini juga memiliki fungsi yang sama, yaitu mengasah daya ingat anak. Karena setiap anak pasti sangat suka dengan beberapa tokoh kartun. Seperti doraemon, hello kitty, dora, ultraman, naruto, dan lain-lain.

Dengan mewarnai gambar bertema kartun, mereka akan berusaha mengingat warna-warna yang menjadi ciri khas tokoh-tokoh kartun tersebut. Anak juga akan sangat senang saat mewarnai gambar tokoh kartun favoritnya.

4. Gambar masjid

Masjid merupakan salah satu tempat ibadah bagi orang-orang beragama Islam. Dengan mewarnai gambar bertema masjid, anak-anak yang menganut agama berbeda akan mengenal bentuk tempat ibadah selain tempat ibadah mereka.

Dapat menjadi salah satu informasi dan juga ilmu tambahan bagi mereka. Bahwa di dunia ini terdapat berbagai macam jenis agama yang hidup saling berdampingan. Anda juga bisa untuk memberikan gambar tempat ibadah umat beragama yang lain, agar pengetahuan mereka semakin bertambah.

5. Gambar bunga

Bunga terdiri dari berbagai jenis bentuk dan juga warnanya. Dengan memberikan gambar mewarnai anak TK bertema bunga, anak-anak akan mengenal beberapa jenis bunga untuk menambah pengetahuan mereka. Jadi, ketika melihat bunga seperti yang ada pada gambar di tempat lain, mereka sudah tahu nama dari bunga tersebut.

Anda juga bisa sambil mengajari mereka tentang ciri khas warna-warna dan juga bentuk dari berbagai jenis bunga. Dengan cara memperlihatkan foto asli dari bunga bersangkutan.

6. Gambar kendaraan

Terdapat banyak sekali jenis kendaraan yang ada disekitar lingkungan anak-anak, ada mobil, sepeda motor, kereta, dan lain-lain. Mungkin ada sebagian anak yang sering melihat salah satu jenis kendaraan, namun mereka tidak tahu apa namanya.

Nah, melalui gambar, Anda bisa memberitahu mereka nama, bentuk, dan juga warna yang menjadi ciri khas kendaraan tersebut. Jadi mereka tidak penasaran lagi tentang berbagai jenis kendaraan yang sering mereka lihat.

7. Gambar hewan

Sama seperti tema gambar-gambar sebelumnya, hewan juga berada disekitar lingkungan anak. Ada ayam, kucing, semut, kelinci, burung, ikan, dan masih banyak lagi. Anda bisa memberikan berbagai jenis hewan yang sering mereka temui atau yang tidak pernah mereka temui.

Karena gambar tersebut akan menambah pengetahuan mereka tentang berbagai jenis hewan. Secara tidak langsung, pengetahuan mereka akan semakin bertambah tentang hewan.

8. Gambar buah

Dari masih bayi, anak pasti sering sekali makan buah-buahan. Dalam memori mereka terekam berbagai bentuk dan warna buah-buahan. Gambar mewarnai dengan tema buah-buahan pasti akan mengingatkan mereka dengan buah-buahan yang mereka makan sebelumnya. Sehingga dapat mempertajam ingatan mereka.

Anda juga bisa mengenalkan beberapa jenis buah-buahan yang belum pernah mereka kenali sebelumnya. Karena mungkin buah tersebut tidak ada di Indonesia. Hal ini pasti akan menambah pengetahuan mereka tentang buah-buahan tersebut.

9. Gambar alat komunikasi

Setiap hari Anda pasti menggunakan beberapa alat komunikasi seperti telepon, televisi, laptop, dan lain-lain. Anak-anak pasti secara tidak langsung mengenal alat-alat komunikasi tersebut, karena seringnya mereka melihat benda-benda itu. Sangat normal anak-anak memiliki sifat ingin tahu yang tinggi.

Anda bisa mengenalkan mereka lebih jauh tentang alat-alat komunikasi yang sering mereka lihat sebelumnya melalui gambar. Sehingga dapat memenuhi rasa rasa ingin tahu mereka.

10. Gambar alat masak

Dapur yang dipenuhi dengan alat-alat masak merupakan pemandangan yang selalu terlihat oleh anak-anak setiap harinya. Mungkin sebagian anak-anak sering melihat alat-alat masak tersebut, namun tidak tahu apa namanya?

Anda bisa mengajarkan mereka tentang nama dan fungsi alat tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memberikan edukasi bahaya dari masing-masing alat apabila menggunakannya secara sembarangan. Sehingga anak-anak tidak sembarangan menggunakan alat-alat masak sebagai mainan mereka.

11. Gambar alat musik

Sumber: https://images.app.goo.gl/N1QmPcD3x1RwwwoQ9

Gambar mewarnai anak TK yang terakhir adalah bertema alat musik. Melalui gambar-gambar alat musik, anak akan lebih mengetahui tentang nama, fungsi, cara penggunaan, dan juga warna alat musik tersebut. Tidak ada salahnya memberikan mereka gambar-gambar alat musik, anak-anak juga pasti akan sangat senang mengenal hal-hal yang baru.

Anda bisa mengenalkan kepada mereka berbagai jenis alat musik tradisional khas Indonesia, agar anak lebih mengenal budaya Indonesia. Alat-alat musik modern juga wajib untuk Anda perkenalkan, karena anak Anda berada di masa era kemajuan teknologi yang sangat pesat.

Seperti itulah tadi 11 tema gambar mewarnai anak TK yang bisa Anda berikan kepada anak-anak. Sambil mewarnai, sambal belajar dan mengenal berbagai jenis hewan, bunga, kendaraan, dan lain-lain. Pasti akan membuat anak Anda lebih bersemangat saat belajar.

Karena gambar akan lebih lama direkam oleh memori anak dibandingkan dengan tulisan. Oleh karena itu, metode belajar yang satu ini wajib Anda praktekkan untuk anak-anak Anda. Agar kemampuan daya ingatnya semakin tajam.

Leave a Comment