Kesehatan Wanita – Penyakit yang Harus Diwaspadai

Kesehatan wanita saat ini menjadi fokus banyak ahli dunia. Mereka terus berinovasi untuk terus memerangi penyakit yang menjadi penyebab tertinggi angka kematian wanita.

Faktanya, prilaku antara pria dan wanita di dunia ini menjadi penyebab pembentuk pola hidup. Termasuk beberapa penyakit yang kebanyakan menyerang kaum hawa ini.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sering dihidap kebanyakan wanita di dunia. Dan bagaimana anda selaku kaum wanita mengurangi resiko agar penyakit ini tidak menjangkit anda.

Serangan Jantung Pada Perempuan

Sakit jantung pada perempuan masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Gejala yang sering dirasakan para penderita sakit jantung ini adalah sakit pada area dada, nafas pendek dann sakit di sekitar lengan.

Pun sebagian wanita seringkali mengeluhkan hidung tersumbat atau tidak plong, serta terkadang disertai mual. Kadangkala, sebagian besar wanita tidak menyadari kalo mereka terkena gejala jantung. Hanya menganggap hal tersebut sebagai kelelahan atau hanya sekedar sakit dada biasa.

Meskipun fase monopose tidak berkorelasi langsung dengan sakit jantung, namun sejumlah faktor pasca monopose sebenernya turut menjadi faktor pendukung sakit jantung. Seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi, akibat menurunnya kadar estrogen dalam tubuh.

Stroke

Setiap tahun, lebih dari 50 ribu wanita, lebih banyak yang terkena stroke dibandingkan pada pria. Ada 2 jenis stroke yang umum dikenal, yaitu hemorrhagic atau pendarahan yang terjadi pada otak. Jenis strok lain nya adalah ischemic yaitu disebabkan oleh terhambatnya aliran darah pada pembuluh darah tertentu.

Meski gejala yang nampak bisa saja berbeda pada setiap penderita stroke, namun gejala stroke yang paling umum dapat dilihat adalah terjadi nya kesulitan berbicara dan menggerakan anggota badan tertentu.

Ada korelasi juga antara stroke dengan kehamilan. Biasanya terjadi karena kehamilan beresiko, yaitu penderita yang memiliki gejala riwayat darah tinggi. Hal ini terjadi karena aliran darah ke otak tidak terjadi secara semestinya, biasanya karena  terjadi koagulasi atau pengentalan darah. Hal yang sangat lumrah terjadi selama masa kehamilan, yang bisa menyuymbat aliran darah ke otak.

Diabetes dan Kesehatan Wanita

Diabetes memang bukan penyakit spesifik yang menyerang wanita. Namun resiko terkena penyakit ini menjadi meningkat 4 kali untuk penyakit jantung. Wanita juga lebih beresiko terkena komplikasi dari diabetes. Seperti kebutaan, gagal ginjal dan stress.

Diabetes juga bisa menghambat selama masa kehamilan. Wanita hamil dengan diabetes akan sangat terdantung pada asupan insulin. Untuk anda para wanita, agar terhindar dari resiko diabetes, cobalah untuk tetap mengotrol berat badan, rajin berolah raga dan hindari merokok.

Masalah Kehamilan

Masalah kehamilan yang sering dijumpai adalah kurangnya zat besi atau anemia, serta tekanan darah tinggi. Hal ini mempengaruhi langsung selama proses kehamilan.

Menurut Jessica W. Killey, pakar kesehatan kesehatan wanita dari Northwestern Medicine, “Wanita hamil dengan riwayat darah tinggi dan diabetes, harus diawasi secara ketat selama masa kehamilan, karena mereka memiliki resiko kesehatan yang lebih tinggi dibanding wanita normal lainnya.”

Pastikan selama masa kehamilan, sang ibu mendapatkan asupan yang memadai, cukup nutrisi dan gizi yang seimbang. Serta tetap aktif berolahraga dan menjaga pola istirahat yang sehat.

Masalah Kesehatan Seksual Wanita

Penyakit lain yang sering mengincar kesehatan wanita adalah perihal kesehatan organ reproduksi. Beberapa penyakit yang sering menimpa kaum wanita adalah penyakit menular seksual seperti Human Papiloma Virus (HPV) dan Kanker serviks.

Tindakan pencegahan agar terhindar dari 2 penyakit ini adalah dengan rutin memeriksakan kesehatan organ reproduksi wanita. Metode nya bernama Pap Smear. Disarankan, bagi wanita yang masih aktif secara seksual, untuk melakukan pemeriksaan ini minimal 1 tahun dua kali.

Kanker Payudara

Kanker payudara juga merupakan penyakit pada wanita yang paling sering menjadi penyebab kematian wanita. Diperkirakan 12% wanita dari seluruh dunia berpotensi menderita kanker ini setiap tahun nya.

Resiko kanker payudara juga bisa dicegah dengan tetap menjalankan pola hidup sehat dan aktif berolahraga secara rutin.

Osteophorosis

Osteoporosis adalah melemahnya tulang. Hal yang juga sering terjadi pada wanita yang telah memasuki masa monopose. Faktor lain yang memicu sakit ini adalah pengobatan jangka panjang pada penyakit tertentu.

Anda yang beresiko dengan penyakit ini, disarankan untuk mengkonsumsi asupan kalsium lebih banyak dan tetap aktif beraktivitas untuk melatih tulang agar tetap kuat dan sehat.

Alzhemer

Adalah menurunnya fungsi otak akibat dari degenerasi sel-sel otak dan fungsi nya yang menurun seiring pertambahan usia. 5 dari 100 orang di dunia mengalami sakit ini. Dan yang mengejutkan, lebih dari 2/3 nya adalah wanita.

Meski hal ini didukung juga oleh faktor genetik, namun menerapkan pola hidup sehat dan aktif berolah raga dipercaya dapat mengangkal sakit ini.

Demikian beberapa penyakit yang sering diderita wanita di dunia. Anda yang memiliki resiko penyakit diatas, sebaiknya waspada.

Selalu terapkan pola hidup sehat, rajin berolah raga dan istirahat yang cukup, dapat meurunkan resiko penyakit-penyakit diatas.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment