Jenis-jenis Obat Sariawan Anak, Untuk Mengobati Sariawan Pada Si Kecil

Bukan hanya pada orang dewasa saja, sariawan juga bisa terjadi pada anak. Dan memang sangat tidak menyenangkan jika hal itu terjadi. Karena untuk makan saja, bibir dan mulut akan terasa perih dan menyiksa. Apalgi jika ini terjadi pada anak. Maka dari itu, orangtua dituntut untuk bisa memberikan obat sariawan anak yang tepat. Agar anak bisa segera beraktivitas serta tidak rewel lebih lama.

Obat sariawan anak

Karena saat sariawan, maka dapat dipastikan anak akan menjadi rewel. Bukan hanya merasakan sakit dan perih di bibir serta mulut saja. Anak juga akan kesulitan untuk makan dan minum. Solusinya tentu saja dengan memberi obat sariawan anak. Namun untuk pemberian obat ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Ataupun dengan mengikuti petunjuk pemakaian obat tersebut.

Beberapa Obat Sariawan Anak Yang Dijual Di Apotek

Untuk mengobati sariawan pada anak, Anda bisa membeli obat medis di apotek. Namun, sebelum membeli, pastikan dahulu Anda mengetahui komposisi obat tersebut. Setidaknya, Anda bisa tahu bahwa obat sariawan anak tersebut aman untuk si kecil.

Berikut ini beberapa komposisi obat yang seharusnya ada pada obat sariawan anak. Diantaranya :

1.Paracetamol

Obat sariawan anak yang bisa digunakan salah satunya adalah yang mengandung paracetamol. Kandungan paracetamol, bisa dijadikan sebagai pereda nyeri. Meskipun memang tidak bisa secara langsung mengobati sariawan pada anak Anda.

Namun setidaknya, dengan obat yang mengandung paracetamol ini. Anak akan menjadi lebih tenang dan tidak rewel. Karena obat tersebut bisa sedikit meredakan nyeri yang diakibatkan oleh sariawan. Namun harus diperhatikan mengenai pemberian paracetamol ini. Yaitu ada baiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Karena tidak semua paracetamol cocok diberikan pada anak. Meskipun obat paracetamol tersebut memang diproduksi untuk anak. Beberapa anak yang mengalami penyakit lambung serta ulu hati memang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat ini. Solusinya yaitu dengan memberikan paracetamol yang biasa dikonsumsi oleh anak. Tentunya dengan dosis yang tepat.

3. Obat Anti jamur

Sariawan pada anak juga bisa disebabkan karena jamur. Penyebab lainnya, karena anak alergi terhadap jenis makanan tertentu. Yang mengakibatkan infeksi jamur. Salah satu infeksi ini jug abisa menyebabkan sariawan.

Jika Anda sudah berkonsultasi dengan dokter. Dan diperoleh hasil pemeriksaan yang menyatakan anak Anda menderita infeksi jamur. Maka, penggunaan obat jamur bisa Anda berikan pada anak Anda. untuk mengobati sariawan yang dideritanya.

4. Obat Yang Mengandung Kortikosteroid

Obat sariawan anak yang mengandung kortikosteroid ini biasanya berupa obat oles ataupun semacam salep. Obat ini bisa langsung dioleskan pada sariawan. Karena sedikit terasa pedih, maka disarankan untuk diberikan pada anak yang sudah mulai beranjak besar saja.

Bukan itu saja, meskipun obat ini aman dan tidak ada efek samping jika tertelan. Namun tetap saja, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter untuk pemberiannya. Atau bisa dengan membaca aturan pakai, yang tertera di belakang kemasan obat.

5. Obat Golongan Benzocaine

Obat dengan golongan benzocaine merupakan obat bius lokal. Biasanya diberikan untuk meredakan nyeri, yang tidak bisa disembuhkan dengan obat pereda nyeri yang lain. Penggunaanya juga tidak bisa sembarangan. Karena harus berdasarkan petunjuk dokter.

Bukan itu saja, benzocaine juga tidak boleh diberikan pada anak dibawah 2 tahun. Namun sebagai obat sariawan anak di atas 2 tahun, bisa menjadi obat yang ampuh. Setidaknya untuk meredakan nyeri, yang diakibatkan oleh sariawan. Obat ini biasanya berbentuk obat oles berupa gel maupun berupa obat kumur.

6. Antiseptik

Antiseptik bisa menjadi obat sariawan anak lainnya yang bisa Anda berikan pada si kecil. Tujuan pemberian obat ini adalah untuk menghindari pembengkakan serta mencegah infeksi jamur di area yang sakit. Obat antiseptik ini biasanya berupa obat kumur, dengan golongan chlorhexidine gluconate.

Berikan obat kumur ini sehari 2 kali, setelah anak menggosok gigi. Namun harus diperhatikan, bahwa obat antiseptik ini tidak boleh tertelan. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mendampingi anak, saat berkumur dengan obat ini. Agar obat bisa bekerja maksimal, maka ada baiknya untuk tidak makan dan minum dulu selama beberapa menit. Segera setelah berkumur.

7. Topikal

Topikal bisa menjadi pilihan untuk obat sariawan anak. Obat ini bisa berupa gel, krim, salep, ataupun cairan yang dioleskan tepat di permukaan yang terkena sariawan. Ada beberapa obat yang mengandung topikal ini. diantaranya lidocaine, fluoxinonide, serta hidrogen peroksida.

Sama seperti paracetamol serta benzocaine, obat yang mengandung topikal ini juga merupakan obat pereda nyeri. Sejauh ini, memang tidak ada efek samping dalam penggunaan obat ini. Namun untuk memastikan, Anda bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter. Sehingga Anda bisa lebih tenang dan merasa aman saat memberikan obat ini pada anak Anda.

Obat Sariawan Anak Dengan Bahan Alami

Selain dengan menggunakan obat-obatan yang dibeli di apotek. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat sariawan anak ini. Bukan itu saja, obat sariawan ini juga bisa Anda dapatkan dengan mudah. Diantaranya :

1.Garam

Sumber gambar : https://lifestyle.okezone.com

Obat sariawan anak alami yang bisa Anda gunakan yaitu garam. Gunakan garam sebagai obat kumur. Caranya yaitu dengan melarutkan 1 sendok garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian suruh anak Anda untuk berkumur dengan larutan garam ini. Sedikitnya selama 25 hingga 30 detik, sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

Garam juga dipercaya sebagai obat untuk mencegah pembengkakan yang bisa diakibatkan oleh sariawan. Kandungan pada garam juga diyakini bisa membunuh bakteri yang ada pada mulut. Yang tentunya bisa memperlambat penyembuhan pada penderita sariawan.

2. Madu

Madu memang dipercaya bisa mengobati segala penyakit. Termasuk sebagai obat sariawan anak. Namun perlu diketahui juga, bahwa tidak semua jenis madu cocok bagi anak. Anda bisa menggunakan madu jenis maduka. Yaitu madu yang dipasteurisasi, sehingga nutrisi alaminya tidak hilang dan masih terjaga.

Madu sendiri memiliki kandungan yang bisa dijadikan sebagai pereda nyeri. Bukan itu saja, pada penderita sariawan, madu berfungsi untuk mengurangi bengkak serta menyembuhkan luka kemerahan pada sariawan.

3. Kantong Teh Hitam Celup

Sumber gambar : https://www.suara.com

Selain beberapa obat sariawan anak yang telah disebutkan tadi. Kantong teh hitam celup juga bisa dijadikan solusi untuk mengatasi sariawan. Seperti diketahui, teh hitamĀ  mengandung antioksidan serta tanin. Kandungan tanin pada teh hitam ini berfungsi untuk meredakan nyeri pada sariawan.

Cara penggunaanya, yaitu dengan membasahi kantong teh hitam celup tadi. Kemudian kompreskan pada sariawan. Selain bisa meredakan nyeri, kantong teh hitam celup ini juga bisa mengurangi bengkak yang diakibatkan oleh sariawan.

Itu di beberapa obat sariawan anak yang bisa Anda berikan pada si kecil. Anda bisa memilih untuk menggunakan obat yang dibeli di apotek, ataupun menggunakan obat alami. Karena semua obat tersebut mempunyai fungsi yang sama. Yaitu mengobati sariawan serta mengurangi bengkak dan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh sariawan.

Leave a Comment