Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman Dan Diperbolehkan Secara Medis

Bagi sebagian besar pasangan suami istri, memiliki seorang anak adalah merupakan impian terbesar. Namun berbeda halnya dengan sebagian pasangan suami istri lainnya yang berniat untuk menunda kehamilan. Nah, bagi Anda yang juga merencanakan untuk menunda kehamilan. Berikut cara mencegah kehamilan yang aman dan diperbolehkan secara medis.

Ada beberapa alasan yang membuat suami istri belum mau memiliki anak. Bisa karena alasan, bahwa keduanyamasih  sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Maupun karena usia istri yang terbilang masih sangat muda. Alasan belum memiliki tabungan yang cukup juga sering menjadi alasan pasangan suami istri untuk menunda kehamilan.

Lakukan Cara Mencegah Kehamilan Sesuai Petunjuk Dokter

Ada banyak cara mencegah kehamilan. Namun sebelum Anda melakukannya, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Dalam hal ini dokter kandungan. Karena melakukan cara menunda kehamilan secara sembarangan ataupun mengkonsumsi obat tanpa resep dokter, malah akan merusak organ reproduksi Anda.

Yang ujung-ujungnya bisa membuat Anda sulit hamil. Bagi Anda yang telah memiliki banyak anak, mungkin hal ini tidak masalah. Namun berbeda halnya bagi pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan dulu, tapi tidak menutup kemungkinan untuk berencana memiliki anak nantinya.

Nah, dengan berkonsultasi dengan dokter. Setidaknya Anda tahu, mengenai apa saja cara mencegah kehamilan. Bukan itu saja, Anda juga bisa mengetahui kapan harus berhenti untuk tidak melakukan cara-cara tersebut. Sekiranya Anda berniat untuk merencanakan program kehamilan di masa mendatang.

6 Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman

Untuk mencegah kehamilan, memang diperlukan beberapa cara yang tentunya bisa menghambat pembuahan pada rahim. Namun tetap saja, meskipun cara tersebut terbukti ampuh, namun harus diperhatikan juga efeknya di masa yang akan datang.

Karena mencegah kehamilan dengan cara yang salah, dapat berakibat fatal bagi kesehatan reproduksi  nantinya. Bisa saja berisiko menjadi sulit hamil, tumbuhnya miom dan kista, pendarahan hebat hingga yang lebih berbahaya yaitu adanya sel kanker pada organ reproduksi. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan pencegahan kehamilan dengan cara-cara yang tepat.

Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara mencegah kehamilan yang terbukti ampuh dan aman. Apa sajakah itu ? Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Diantaranya :

1.Menggunakan Alat Kontrasepsi

Cara mencegah kehamilan

Sumber gambar : https://mamapapa.id/memilih-kontrasepsi-kb/

Cara mencegah kehamilan yang pertama tentu saja dengan menggunakan alat kontrasepsi. Untuk wanita, alat kontrasepsi ini dikenal dengan adanya program KB. Anda bisa menggunakan pil KB, IUD, spiral serta KB suntik. Sementara bagi laki-laki, dikenal dengan adanya penggunaan kondom ataupun dengan jalan melakukan operasi kecil untuk memutus jaringan sperma.

Untuk menggunakan alat kontrasepsi selain kondom, memang disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ataupun bidan. Terutama mengenai cara mencegah kehamilan dengan jalan operasi bagi laki-laki. Karena hal ini bersifat permanen. Maka, fungsinya hanya bagi orang yang telah memiliki anak banyak, dan tak berniat untuk menambah anak lagi.

2. Ejakulasi Di Luar Rahim

Salah satu yang faktor yang bisa menyebabkan kehamilan yaitu masuknya sperma ke dalam rahim, tanpa ada sesuatu yang menghalangi. Sperma tersebut dihasilkan dari proses ejakulasi pada laki-laki. Dengan demikian, proses ejakulasi di dalam rahim ini sangat berpengaruh terhadap ovulasi ( pembuahan ).

Jika dilihat dari hal itu, maka cara mencegah kehamilan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan ejakulasi di luar rahim. Hal ini memang tidak sepenuhnya ampuh, karena meskipun ejakulasi dilakukan di luar rahim, bisa saja sperma masuk ke dalam rahim karena sesuatu hal.

Namun, menilik dari pengalaman sejumlah pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan. Cara seperti itu memang sedikit bisa mengurangi resiko kebobolan, atau hamil di luar prediksi ( hamil yang tidak direncanakan ).

3. Mengetahui Masa Subur

Sumber gambar : https://www.halodoc.com

Umumnya, wanita memiliki masa subur sekitar 3 minggu dari total 1 bulan. Yaitu 1 minggu sebelum menstruasi, saat menstruasi dan sisanya 1 minggu setelah menstruasi. Di masa-masa tersebut, biasanya kesuburan wanita akan meningkat.

Maka, cara mencegah kehamilan yang bisa dilakukan berkenaan dengan masa subur ini. Yaitu dengan mencoba untuk tidak melakukan hubungan suami istri tepat di masa-masa subur tersebut. Setidaknya, jika menghindari hubungan suami istri di masa subur, kemungkinan hamil bisa sedikit dihindari.

4. Menyusui Bayi

Ada pepatah yang mengatakan, bahwa dengan menyusui bayi,bisa menghindarkan si ibu dari kemungkinan hamil lagi. Yang tentunya bisa menjadi cara mencegah kehamilan. Sehingga ada beberapa ibu menyusui yang menolak untuk berKB di masa menyusui ini.

Namun, hal ini tidak sepenuhnya berhasil. Karena masih ada juga ibu menyusui yang malah hamil lagi, meskipun anaknya belum genap 2 tahun. Lalu dimana letak salahnya ? apakah menyusui bayi untuk mencegah kehamilan ini hanya mitos belaka.

Sepertinya tidak juga. Mungkin letak kesalahannya ada pada cara melakukan hubungan suami  yang dilakukan. Ada baiknya saat ibu dalam masa menyusui ini, juga dibarengi dengan peran ayah yang melakukan cara mencegah kehamilan seperti yang telah dijelaskan di atas. Misalnya melakukan ejakulasi di luar rahim serta menghitung masa subur. Sehingga kehamilan bisa cepat dihindari.

5. Meminum Jamu

Sumber gambar : https://indonesia.go.id

Ramuan rempah-rempah tertentu terbukti bisa mencegah kehamilan. Setidaknya ada beberapa ramuan jamu yang terbuat dari rempah-rempah yang bisa mengempiskan rahim. Sehingga rahim menjadi belum siap untuk melakukan pembuahan ( ovulasi ).

Untuk melakukan cara mencegah kehamilan dengan minum jamu ini memang sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter. Karena bagi orang yang memiliki riwayat tertentu biasanya tidak dianjurkan minum jamu seperti ini. Misalnya penyakit lambung kronis, orang yang memiliki masalah pencernaan, dan sebagainya.

6. Mengkonsumsi Kunyit

Sumber gambar : https://kumparan.com

Para orangtua zaman dahulu meyakini bahwa kunyit bisa menjadi cara mencegah kehamilan. Bukan itu saja, kunyit juga dipercaya menjadi KB alami, yang bisa mengerutkan dan mengempiskan rahim. Namun perlu diingat, karena sifatnya bisa mengerutkan rahim, maka kemungkinan untuk memiliki anak kembali bisa dihindarkan.

Maka dari itu, mengkonsumsi kunyit dalam jumlah banyak sangat tidak disarankan. Terutama bagi pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan yang bersifat sementara. Namun jika Anda telah memiliki banyak anak, dan tak ingin menambah anak lagi. Anda bisa mengkonsumsi kunyit dengan cara dibakar, kemudian ditumbuk.

Anda bisa mencampur ramuan kunyit tersebut dengan segelas air, gula merah serta sedikit asam Jawa. Layaknya ramuan jamu kunyit asam. Namun Anda juga bisa mengkonsumsi ramuan kunyit ini dengan cara lain. Misalnya dengan cara  dicampur dengan nasi, seperti nasi kuning. Namun tidak dikukus, agar khasiat kunyit tidak hilang.

Itu dia beberapa cara mencegah kehamilan yang aman dan diperbolehkan secara medis. Jadi, Anda tak perlu lagi mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk mencegah kehamilan ini. Karena hanya dengan melakukan cara-cara yang telah dijelaskan tadi, kehamilan yang tidak direncanakan bisa dihindarkan.

1 thought on “Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman Dan Diperbolehkan Secara Medis”

Leave a Comment