Cara Membuat Puisi Anak Yang Perlu Anda Ketahui

Puisi merupakan rangkaian bentuk pengungkapan perasaan si penulis yang dirangkai secara indah dengan menggunakan makna dan gaya bahasa. Ada cukup banyak tema puisi yang bisa disusun. Salah satunya adalah puisi dengan tema anak. Bagi Anda yang sedang ingin membuat puisi tema anak, tentu perlu memahami cara pembuatan puisi anak yang baik dan benar.

Jika Anda ingin mengajarkan pembuatan puisi kepada anak-anak pun tidak ada salahnya. Hal ini bisa digunakan untuk melatih kemampuan anak dalam menulis dan juga berimajinasi untuk meningkatkan daya kreativitas yang dimilikinya. Dengan demikian, tumbuh kembang dan juga kreativitas yang dimiliki oleh anak akan bisa terasah dengan baik dan optimal.

Inilah Sekilas Pengertian Tentang Puisi

Puisi anak

Sebelum membahas secara lebih lanjut tentang cara pembuatan suatu puisi, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui tentang pengertian dari puisi itu sendiri. Puisi anak merupakan salah satu bagian atau genre puisi yang saat ini cukup banyak digemari oleh banyak kalangan. Hal ini membuat puisi dengan tema anak-anak menjadi semakin tinggi popularitasnya.

Secara umum, puisi merupakan salah satu karya sastra yang disusun dengan menggunakan bahasa yang cenderung multi-tafsir. Kebanyakan bahasa yang digunakan dalam proses pembuatan puisi adalah gaya bahasa yang sifatnya konotatif yang nantinya dapat melahirkan tafsiran baru dan juga beragam bergantung pada masing-masing pembaca.

Pemilihan gaya bahasa yang cenderung konotatif dan multi-tafsir inilah yang terkadang membuat proses untuk memaknai sebuah puisi menjadi  tidak mudah dilakukan. Pasalnya tiap-tiap pembaca bisa saja memiliki interpretasi yang berbeda antara satu dan yang lainnya.

Namun hal ini sedikit berbeda dengan puisi anak. Pada puisi untuk anak-anak, gaya bahasa dan pemilihan diksinya pun disesuaikan dengan tingkat daya tangkap yang dimiliki oleh si anak. Oleh karena itu, gaya bahasanya pun cenderung lebih sederhana dan juga mudah dicerna oleh anak-anak.

Meskipun dikenal dengan sebutan puisi untuk anak, namun ia tidak hanya berbicara tentang anak-anak maupun hal-hal yang terkait dengannya. Tak jarang, puisi ini juga merupakan rangkaian puisi khusus yang memang digunakan untuk menyasar anak-anak sebagai target pembacanya. Dengan demikian, tidak mengherankan jika bahasanya begitu mudah dipahami.

Cara Membuat Puisi Anak Yang Perlu Anda Ketahui

Pembuatan sebuah puisi untuk anak tidaklah jauh berbeda dari proses pembuatan puisi pada umumnya. Bagi Anda yang masih bertanya-tanya mengenai cara pembuatan puisi anak, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan ketika ingin membuat sebuah puisi untuk anak-anak.

  1. Menentukan Tema Dan Judul Yang Sesuai

Cara pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membuat puisi dengan tema anak-anak adalah dengan terlebih dahulu menentukan tema dan judul yang sesuai. Pemilihan tema dan judul merupakan hal yang sangat penting dan juga krusial karena hal ini akan menentukan menjadi seperti apakah kerangka puisi yang akan Anda miliki.

Anda bisa memilih salah satu tema sebagai inti dari puisi yang akan Anda susun. Tema yang bisa diambil sendiri cukup banyak dan beragam mulai dari tema alam, sejarah, maupun tema-tema lainnya yang sesuai selera Anda. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk memilih tema puisi semenarik mungkin karena dengan demikian bisa menjadi daya tarik terhadap puisi tersebut.

Setelah menentukan tema yang sesuai, maka langkah berikutnya yang tidak kalah penting adalah pemilihan judul yang tepat dan menarik. Selain tema, judul pun perlu dibuat semenarik mungkin agar bisa menjadi daya tarik bagi puisi yang akan dibuat tersebut. Dan akan lebih baik jika judulnya juga disesuaikan dengan usia dan perkembangan si anak.

  1. Melakukan Pemilihan Kata Kunci

Selain pemilihan tema dan juga judul yang menarik, Anda juga perlu memilih kata kunci yang tepat sebelum melakukan pengembangan suatu bentuk puisi anak. Pemilihan kata kunci ini diharapkan tidak akan membuat puisi yang Anda buat menjadi terlalu melebar keluar dari tema yang sudah ditentukan.

Selain itu, dengan adanya pemilihan kata kunci juga akan membantu proses penyusunan puisi menjadi lebih mudah. Misalnya, ketika Anda sudah menentukan bahwa tema puisi yang akan dibuat adalah tentang alam maka pemilihan diksi kalimatnya pun nantinya harus berkaitan erat dengan tema alam tersebut.

Pemilihan kata atau diksi yang sangat jauh melenceng dari tema awal bisa saja memberikan pengaruh yang kurang baik bagi puisi tersebut. Selain karena membuat puisi menjadi tidak sesuai dengan tema ataupun judul, hal tersebut juga bisa membuat puisi terlihat menjadi kurang begitu menarik.

  1. Pertimbangkan Penggunaan Gaya Bahasa Dalam Pembuatan Puisi Anak

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat puisi anak adalah dengan melibatkan penggunaan gaya bahasa. Menggunakan pemilihan gaya bahasa yang tepat dan unik akan membuat puisi yang Anda buat tersebut menjadi terlihat semakin menarik. Maka dari itu, gaya bahasa merupakan aspek yang sangat penting terkait dengan cara pembuatan puisi.

Selain itu, penggunaan gaya bahasa juga akan membuat puisi yang Anda buat menjadi terasa lebih hidup. Penambahan gaya bahasa ataupun majas juga bisa memberikan efek tambahan yang sangat baik karena puisi tersebut akan memiliki emosi dan perasaan dalam setiap larik-larik penggalan dalam baitnya.

Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak sekali gaya bahasa atau majas yang bisa Anda gunakan. Beberapa diantaranya adalah majas perbandingan, metafora, majas ironi, dan ataupun bahkan juga menggunakan mahas hiperbola.

  1. Melakukan Pengembangan Karya Puisi Seindah Mungkin

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk menentukan cara pembuatan puisi anak adalah dengan melakukan pengembangan terhadap karya puisi tersebut. Penyusunan dan pengembangan puisi ini harus dilakukan setelah Anda selesai menentukan langkah-langkah sebelumnya yang telah disampaikan di atas seperti menentukan tema, judul, diksi kata kunci, maupun gaya bahasa.

Anda perlu mengembangkan puisi dari kata kunci yang telah Anda miliki sebelumnya agar menjadi lebih panjang. Namun perlu diingat bahwa pengembangan puisi ini sebisa mungkin tetap harus memiliki makna.

Anda harus menyusun kata-kata menjadi larik puisi. Kemudian larik-larik tersebut disusun untuk menjadi bait-bait. Kemudian bait-bait tersebut akan disusun menjadi rangkaian puisi yang utuh dan bermakna secara keseluruhan.

Mungkin langkah ini menjadi bagian yang sangat penting dan terbilang cukup ‘sulit’. Namun jika Anda sudah terbiasa maka proses penggubahan puisi pun dapat dilakukan secara lancar dan juga optimal. Kekayaan diksi kosa kata dan juga daya kreativitas yang dimiliki oleh seseorang akan membantu dalam proses pembuatan puisi menjadi lebih baik.

Contoh Puisi Untuk Anak

Bagi Anda yang sedang mencari contoh tentang puisi anak, berikut adalah beberapa contoh yang bisa Anda pertimbangkan.

Liburan Sekolah

Minggu ke Minggu telah berlalu

Telah tiba hari yang ditunggu

Liburan sekolah ku

Yang dapat mengusir jemu.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian, cara pembuatan, dan juga contoh puisi anak sederhana untuk Anda. Kini dengan berbekal ulasan yang telah disampaikan di atas maka Anda tidak perlu bingung lagi terkait dengan puisi dan juga puisi untuk Anak.

Leave a Comment