Apa Kelebihan dan Kekurangan Alat KB IUD?

Berdasarkan program pemerintah, yaitu pembatasan jumlah anak dari setiap pasangan suami istri. Yang sering Anda dengar sebagai program Keluarga Berencana atau KB. Untuk mengikuti program tersebut, Anda pasti membutuhkan sebuah alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Pernahkah Anda mendengar tentang alat KB IUD?

IUD adalah singkatan dari kata Intrauterine Device atau alat kontrasepsi spiral kb. Alat ini berfungsi untuk menghambat jalan sel sperma untuk menuju saluran rahim wanita. Agar tidak terjadi pembuahan, sehingga mengurangi peluang Anda untuk hamil.

Alat kontrasepsi tersebut akan dipasang pada leher rahim wanita. Tidak seperti alat KB inplan yang dipasang pada lengan atas wanita. Untuk memasang alat kontrasepsi spiral ini, membutuhkan waktu selama 15 sampai 20 menit. Agar mengurangi rasa nyeri, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri terlebih dahulu, sebelum proses pemasangan alat ini.

2 Jenis Alat KB IUD

KB iud

Ada 2 jenis alat KB IUD yang wajib Anda ketahui sebelum melakukan pemasangan alat kontrasepsi ini. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

1. Berlapis tembaga

Alat kontrasepsi spiral KB ini mengandung lapisan tembaga, sangat efektif untuk mencegah kehamilan selama 10 tahun dari tanggal pemasangan. Lapisan tembaga pada alat ini berfungsi untuk menghalangi bertemunya sel sperma dan sel telur.

Caranya adalah dengan melepaskan lapisan tembaga secara perlahan-lahan ke arah sel sperma. Meskipun terjadi pembuahan, tidak akan berkembang menjadi janin. Karena lapisan tembaga tersebut membuatnya tidak akan bertahan hidup lama pada saluran telur dan juga rahim.

2. Mengandung hormon

Berbeda dengan jenis pertama, alat kontrasepsi spiral ini mengandung hormon progestin. Alat ini hanya mampu mencegah kehamilan selama 3-5 tahun saja. Fungsi dari alat ini adalah untuk mencegah terjadinya pembuahan pada sel telur.

Meskipun sel telur berhasil dibuahi, alat ini akan mencegah proses penebalan pada dinding rahim. Agar sel telur tersebut tidak dapat berkembang menjadi janin. Selain itu, alat ini juga mampu membuat banyak lendir yang lengket pada leher rahim. Tujuannya adalah agar sel sperma tidak dapat masuk ke dalam rahim.

6 Kelebihan Alat KB IUD

Ada 6 kelebihan dari penggunaan alat KB IUD, agar Anda semakin yakin untuk menggunakan alat kontrasepsi ini. Berikut adalah penjelasan singkatnya!

1. Mampu mencegah kehamilan dengan persentase hingga 99%

Jika Anda menggunakan alat ini dengan benar, alat kontrasepsi ini pasti akan sangat efektif untuk mencegah kehamilan. Sehingga Anda tidak perlu takut akan kebobolan. Meskipun masih ada kemungkinan dibawah 1% untuk Anda hamil. Persenatse tersebut tidak terlalu besar dibandingkan dengan persentase Anda tidak hamil yang sebesar 99%.

2. Harganya cukup terjangkau

Bagi setiap pasangan, pasti akan banyak kebutuhan rumah tangga dan juga kebutuhan anak-anak yang mengeluarkan biaya cukup besar. Jika Anda memakai alat kontrasepsi berbentuk obat yang Anda harus minum setiap hari. Pasti akan terus menerus mengeluarkan uang untuk membeli obat tersebut.

Namun, dengan menggunakan alat kontrasepsi spiral, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya pada saat awal pemasangan saja. Cukup hemat dan terjangkau bukan?

3. Dalam kondisi tertentu sangat direkomendasikan

Maksudnya adalah untuk Anda yang tidak terbiasa untuk mengonsumsi obat atau pil KB, alat ini bisa menjadi solusi terbaik. Atau bagi Anda yang menderita penyakit hipertensi, alat ini juga akan menjadi pilihan yang tepat. Agar Anda tetap dapat mencegah kehamilan tanpa meminum obat dan juga tanpa khawatir akan penyakit hipertensi Anda.

4. Sangat praktis

Alat KB IUD merupakan alat kontrasepsi yang sangat praktis, Anda hanya perlu untuk memasangnya sekali saja. Namun, dapat mencegah kehamilan sampai 10 tahun. Tidak seperti mengonsumsi obat KB yang harus Anda minum setiap hari, jika Anda lupa, ada peluang besar untuk hamil.

Alat kontrasepsi ini juga bisa kapan saja Anda lepas, saat Anda ingin hamil lagi. Tetapi harus ke dokter untuk melepaskannya. Jangan melakukannya sendiri! Berbahaya!

5. Aman bagi ibu menyusui

Alat KB IUD yang berlapis tembaga sangat cocok untuk ibu menyusui. Karena tidak akan merusak kualitas dan juga tidak menghambat produksi ASI. Sehingga sangat aman untuk ibu menyusui. Tetapi waktu pemasangannya dianjurkan pada saat 1,5-2 bulan setelah Anda melahirkan. Karena pada waktu tersebut, ukuran rahim Anda sudah kembali seperti semula.

6. Tidak mengakibatkan berat badan Anda naik

Hingga saat ini, belum ada bukti yang membenarkan bahwa alat kontrasepsi ini membuat berat badan menjadi naik. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan gemuk setelah menggunakan alat kontrasepsi ini. Jadi, jangan mudah termakan isu yang tidak benar! Cari dahulu fakta dan buktinya sebelum mempercayai suatu hal.

4 Kekurangan Alat KB IUD

Selain memiliki kelebihan, alat kontrasepsi spiral ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah penjelasan singkatnya!

1. Biaya yang mahal

Untuk memasang dan melepaskan alat kontrasepsi spiral, Anda harus menggunakan jasa seorang dokter. Hal ini pasti akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Meskipun tidak setiap hari Anda melakukannya, namun bagi sebagian orang tetap terasa cukup mahal.

2. Tidak ada alat pelindung dari penyakit menular

Kekurangan selanjutnya yang ada pada alat kontrasepsi ini adalah tidak adanya alat pelindung yang mampu mencegah Anda dari penyakit menular. Terutama penyakit menular yang berhubungan dengan seksual. Oleh sebab itu, jangan menggunakan alat ini, jika Anda melakukan hubungan badan dengan banyak pria.

3. Peluang terjadinya kehamilan ektopik

Ketika Anda menggunakan alat kontrasepsi KB IUD, Anda memiliki sedikit peluang mengalami kehamilak ektopik. Kehamilan ektopik merupakan kondisi kehamilan yang berada diluar rahim atau kandungan. Hal ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan nyeri hebat pada pinggul dan juga pendarahan dari vagina.

4. Menimbulkan beberapa efek samping

Khusus alat kontrasepsi spiral yang mengandung hormon, Anda akan mengalami beberapa efek samping. Contohnya seperti sakit kepala, nyeri pada payudara, jerawatan, dan perubahan mood. Tetapi ini hanyalah efek samping yang terjadi pada beberapa bulan awal penggunaan. Efek samping yang paling fatal adalah Anda memiliki peluang terkena penyakit kista ovarium.

Itulah tadi jenis, kelebihan, dan juga kekurangan dari alat KB IUD. Semua alat pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Yang paling penting adalah memilih alat kontrasepsi atau obat KB yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Agar Anda tetap sehat dan dapat berkatifitas seperti biasanya. Jangan memaksakan untuk menggunakan sesuatu yang membuat Anda tidak merasa nyaman. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. Agar Anda tidak salah dalam memilih alat atau obat kontrasepsi.

Karena jika salah menggunakan alat atau obat kontrasepsi, dapat membahayakan kesehatan dan juga nyawa Anda. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati! Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Leave a Comment