9 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Yang Perlu Anda Ketahui

Anak yang kerap tidak mau makan sering kali menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan bagi para orang tua. Terlebih ketika mengingat bahwa asupan gizi dan nutrsisi adalah hal yang sangat penting untuk perkembangan si buah hati. Maka dari itu, sangat penting bagi para orang tua untuk mengetahui cara mengatasi anak susah makan.

Secara umum, fase anak-anak menjadi susah makan ini terjadi pada saat mereka sudah memasuki usia balita. Pada kondisi yang sudah sepenuhnya lepas dari asupan ASI inilah anak-anak lebih cenderung menjadi susah makan. Hal ini tidak jarang membuat para orang tua menjadi semakin khawatir dengan asupan nutrisi dan gizi yang akan diperoleh anak-anak mereka.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Yang Perlu Diketahui Para Orang Tua

Sebenarnya cara mengatasi anak susah makan ini terbilang gampang-gampang susah. Anda membutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran untuk bisa mengatasi kondisi anak yang mengalami susah makan. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi anak yang susah makan.

1. Kenalkan Makanan Pada Usia Yang Tepat

Anak susah makan

Mengenalkan makanan pada anak-anak tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Terlebih jika mereka adalah bayi yang belum genap satu tahun. Untuk kondisi ini sebaiknya jangan terlalu buru-buru mengenalkan makanan pada anak karena peluang makanan tersebut ditolak menjadi semakin besar.

Jika ingin mengenalkan makanan pada bayi, sebaiknya hal ini Anda lakukan ketika usia mereka sudah menginjak angka 6 (enam) bulan. Pada usia ini, Anda sudah bisa mencoba mengenalkan makanan pendamping ASI bagi si buah hati. Mengenalkan MPASI pada usia yang tepat bisa berpotensi untuk mengurangi risiko terjadi penolakan makanan oleh anak.

2. Jangan Terlalu Memaksa Makanan Pada Anak

Cara mengatasi anak susah makan yang berikutnya bisa Anda coba adalah sebaiknya jangan terlalu memaksakan makanan pada anak. Jangan memaksa mereka untuk bisa melahap makanan yang Anda hidangkan sebab hal tersebut bisa membuat anak menjadi merasa lebih ‘tertekan’ sehingga membuat mereka menjadi malas untuk makan.

Ketika anak tidak mau memakan makanan yang dihidangkan, Anda perlu tetap tenang. Kemudian Anda bisa mencoba menanyakan pada mereka mengenai alasan penolakan terhadap makanan tersebut. Jika memungkinkan, Anda bisa menawarkan alternatif menu lainnya yang lebih mereka sukai sehingga mereka tidak lagi enggan memakan makanan yang Anda berikan.

3. Berikan Porsi Kecil Untuk Mengatasi Anak Susah Makan

Cara mengatasi anak susah makan yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah dengan memberikan porsi yang lebih kecil pada mereka namun dalam frekuensi yang lebih sering. Hal ini berguna untuk membuat kebutuhan nutrisi harian mereka tetap terjaga sehingga membuat perkembangan tubuhnya pun menjadi semakin optimal.

Memberikan porsi makanan dalam ukuran yang lebih kecil cenderung akan membuat anak-anak menjadi merasa lebih cepat lapar. Hal ini kemudian bisa memicu mereka untuk bisa makan makanan secara lebih lahap bila dibandingkan dengan memberikan dalam jumlah atau porsi besar secara sekaligus.

4. Memberikan Menu-menu Yang Bervariasi

Tips selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi anak susah makan adalah dengan mencoba memberikan menu-menu yang bervariasi setiap harinya. Sudah menjadi hal yang lumrah apabila orang-orang akan menjadi lebih cepat bosan ketika menyantap makanan yang terkesan ‘itu-itu saja’. Hal ini pun juga berlaku pada anak-anak.

Anak kecil pun akan merasa jenuh apabila harus menyantap makanan dengan jenis yang sama setiap harinya. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba memberikan menu-menu yang lebih bervariasi kepada anak-anak. Hal ini bisa memberikan daya tarik yang lebih baik kepada anak-anak sehingga mereka mau menyantap makanan secara lebih teratur.

5. Sajikan Makanan Kesukaan Mereka

Pada umumnya tiap-tiap anak memiliki makanan kesukaan mereka sendiri. Sebagai contoh ada anak-anak yang gemar dengan lauk telur mata sapi, dan ada juga anak-anak lainnya yang menjadikan ayam goreng sebagai makanan favoritnya. Maka dari itu, ketika anak susah makan tidak ada salahnya jika Anda mencoba menyajikan makanan kesukaan mereka tersebut.

Memberikan makanan favorit kepada si kecil bisa menjadi ‘alat’ untuk menarik kembali minat dan nafsu makan mereka. Sebaiknya jangan hanya menyajikan makanan favorit secara utuh. Anda bisa mencampurkannya dengan menu jenis lainnya agar kebutuhan nutrisi dan gizi harian putra-putri Anda tetap terjaga.

6. Mengatur Jam Makan Secara Optimal

Ketika Anda bisa mengatur jam makan anak secara disiplin, maka anak-anak pun cenderung menjadi lebih disiplin dengan waktu makan yang mereka miliki. Sebaiknya Anda menghindari pemberian makanan yang telat pada si buah hati karena hal ini bisa mengganggu jam biologis makan mereka dan bukan tidak mungkin bisa mengakibatkan menjadi susah makan.

7. Menghindai Pemberian Cemilan Menjelang Jam Makan

Secara tidak disadari, mungkin banyak diantara para orang tua yang gemar memberikan cemilan pada anak-anak di waktu menjelang jam makan mereka. Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Pasalnya, anak-anak akan menjadi merasa lebih kenyang dengan cemilan tersebut dan kemudian pada akhirnya pun enggan makan.

Maka dari itu, jika Anda sudah menyusun jadwal jam makan anak secara teratur, sebaiknya hindari pemberian cemilan-cemilan di saaat menjelang waktu makan tersebut. Hal ini tentu bertujuan untuk menghindari anak susah makan pada saat tiba waktu makan yang sudah Anda jadwalkan tersebut.

8. Ciptakan Suasana Yang Nyaman Selama Makan

Suasana yang nyaman bisa menjadi modal penting untuk menghindari kondisi susah makan pada anak-anak. Ketika suasana makan cukup nyaman, hal tersebut bisa membuat anak-anak menjadi lebih bersemangat dalam mengonsumsi makanan yang mereka miliki sehingga menghindarkan kemungkinan terjadinya kondisi berupa anak menjadi susah makan.

Sebenarnya ada cukup banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat suasana makan menjadi semakin nyaman. Salah satunya Anda bisa mencoba menghadirkan teman makan untuk anak, menjauhkannya dari siaran televisi, dan lain sebagainya sesuai dengan kondisi yang dimiliki oleh Andak.

9. Hindari Minum Secara Berlebih

Apabila anak susah makan salah satu penyebab yang mungkin bisa terjadi adalah karena ia minum air secara berlebihan. Meminum air secara berlebih pada akhirnya akan membuat anak-anak merasa lebih cepat kenyang dan kemudian enggan untuk menyantap makanan yang Anda hidangkan untuk mereka.

Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan kuantitas minum yang dilakukan oleh anak. Jangan sampai ia terlalu banyak minum pada saat makan karena bisa membuat mereka menjadi lebih cepat kenyang sebelum makanan tersebut dihabiskan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba memberikan minum sedikit demi sedikit ketika anak sedang makan.

Demikianlah beberapa cara mengatasi anak susah makan yang perlu Anda ketahui. Kini dengan beberapa cara di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mengatasi anak yang memiliki kondisi susah makan. Mengingat bahwa kebutuhan nutrisi anak adalah hal yang penting, ada baiknya jika mereka bisa menyantap makanan secara teratur.

3 thoughts on “9 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Yang Perlu Anda Ketahui”

Leave a Comment