9 Buah Untuk Ibu Hamil Yang Baik Dikonsumsi Harian

Ibu hamil membutuhkan vitamin dan juga nutrisi yang mencukupi agar tumbuh kembang janin bisa berjalan secara optimal dan maksimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebututan nutrisi harian adalah lewat buah-buahan. Sebenarnya ada cukup banyak jenis buah untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi secara harian untuk memenuhi gizi dan nutrisi.

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin setiap harinya memang dianjurkan guna memenuhi kebutuhan gizi dan juga nutrisi harian bagi si ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungannya. Berbekal dengan asupan nutrisi dan gizi yang mencukupi diharapkan bisa memberi pengaruh yang cukup baik bagi perkembangan janin itu sendiri.

Rekomendasi Deretan Buah Untuk Ibu Hamil Yang Baik Dikonsumsi Harian

Kalau Anda mencari rekomendasi mengenai aneka jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Pisang Buah Untuk Ibu Hamil

Buah untuk ibu hamil

Pisang merupakan salah satu buah yang cukup baik dikonsumsi oleh para ibu hamil. Buah pisang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat merupakan mineral yang dibutuhkan untuk membantu proses pengembangan saraf dan juga otak janin selama dalam kandungan sehingga menurunkan risiko terjadinya kecacatan lahir pada bayi.

Selain kandungan asam folat, buah pisang juga memiliki kandungan zat besi dalam jumlah yang mumpuni. Untuk setiap 225 gram buah pisang, biasanya kandungan zat besinya mencapai sekitar 3%. Kandungan zat besi ini berfungsi untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah sehingga menurunkan risiko terjadinya anemia pada si ibu yang sedang hamil.

2. Buah Apel

Apel menjadi salah satu buah untuk ibu hamil yang sangat baik karena memiliki kandungan vitamin cukup lengkap. Buah apel memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan juga vitamin C. Kandungan vitamin yang cukup lengkap ini berfungsi untuk menjaga kesehatan Ibu dan juga calon si buah hati.

Selain memiliki kandungan vitaminĀ  yang cukup lengkap, buah apel juga memiliki kandungan berupa asam malat dan tannin. Kedua jenis mineral ini memiliki fungsi untuk mengurangi terjadinya risiko pembengkakan pada bagian tubuh tertentu selama proses kehamilan. Beberapa bagian yang rentan bengkak antara lain adalah siku,kaki, dan beberapa bagian tubuh lainnya.

3. Buah Anggur

Buah untuk ibu hamil yang tidak boleh dilewatkan berikutnya adalah Anggur. Buah yang satu ini memang terkenal menyegarkan ketika dikonsumsi. Namun selain menyegarkan buah ini juga memiliki sejumlah kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah anggur antara lain adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, beta karoten, zat besi, DHA, fosfor, mineral magnesium, asam folat, dan juga kandungan serat yang relatif tinggi. Keberadaan vitamin dan mineral ini bisa memberikan pengaruh yang sangat baik bagi tumbuh kembang janin selama di dalam kandungan.

4. Buah Naga

Rekomendasi buah untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah buah naga. Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah naga cukup banya. Beberapa diantaranya adalah zat besi, karoten, karbohidrat, folat, serat, dan kandungan nutrisi lainya. Meski demikian, disarankan untuk tidak mengonsumsi buah naga dalam jumlah yang berlebihan.

Kandungan zat besi di dalam buah naga relatif cukup tinggi. Mengonsumsi buah naga bisa mengurangi risiko terjadinya anemia pada ibu hamil karena kandungan zat besi di dalamnya sangat baik untuk merangsang pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Dengan demikian, ibu dan janin yang dikandungnya bisa menjadi lebih sehat.

5. Buah Alpukat

Rasanya sudah cukup banyak orang yang mengenal buah yang satu ini. Buah dengan ciri khas berwarna kehijauan ini memang dikenal memiliki cukup banyak manfaat dan nutrisi sehingga cukup baik apabila dikonsumsi secara rutin termasuk oleh para ibu yang sedang dalam kondisi hamil.

Sebagai salah satu jenis buah untuk ibu hamil, alpukat memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Beberapa diantaranya adalah asam folat, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, vitamin C, vitamin K, dan kandungan lemak yang rendah. Berbekal kandungan nutrisi yang lengkap menjadikan alpukat sebagai buah yang cukup baik untuk dikonsumsi secara rutin.

6. Buah Jeruk

Jeruk termasuk ke dalam daftar buah untuk ibu hamil yang patut dikonsumsi secara rutin. Di dalam buah jeruk terdapat sejumlah kandungan nutrisi penting seperti folat, asam pantotenat, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan juga vitamin C.

Seperti yang sudah diketahui bahwa jeruk merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi ini akan berperan sebagai sumber anti-oksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga bisa melindungi kesehatan ibu dan calon bayi yang dikandungnya.

7. Buah Kurma

Rekomendasi deretan buah untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi selanjutnya adalah kurma. Buah khas dari kawasan Timur Tengah ini memang sudah terkenal sebagai buah yang memiliki cukup banyak manfaat kesehatan. Buah kurma memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi ekstra bagi ibu hamil selama menjalani kehamilan.

Selain memiliki kandungan glukosa yang tinggi, kurma juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin B kompleks, kalium, dan juga zat besi. Keberadaan sejumlah nutrisi tersebut memiliki peranan untuk meningkatkan rangsangan saraf pada janin sehingga berpotensi untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi dan mempertajam daya ingat yang dimilikinya.

8. Buah Cherry

Buah kecil-kecil berwarna kemerahan ini menjadi salah satu buah untuk ibu hamil yang sangat baik bila dikonsumsi. Kandungan nutrisi dan vitamin yang dimiliki oleh buah Cherry ini bisa memberikan manfaat penting bagi ibu hamil dan juga untuk perkembangan dari janin yang ada di dalam kandungannya tersebut.

Buah Cherry memiliki sejumlah kandungan nutrisi penting seperti zat besi, mangan, kalium, tembaga, dan sejumlah nutrisi penting lainnya. Salah satu manfaat mengonsumsi buah cherry bagi ibu hamil adalah dapat melancarkan sistem pencernaan dan juga bisa membuat kulit calon bayi menjadi lebih sehat dan terlihat lebih putih cerah.

9. Buah Semangka

Buah berikutnya yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah semangka. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi buah semangka adalah mengurangi risiko terjadinya hiper-pigmentasi saat hamil. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam buah semangka cukup lengkap seperti karbohidrat, kalium, fosfor, vitamin A, dan magnesium.

Itulah daftar buah untuk ibu hamil yang baik dikonsumi setiap harinya. Berbekal rekomendasi di atas, kebutuhan nutrisi harian selama hamil pun bisa diupayakan. Meski demikian, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi buah-buahan. Anda perlu mengombinasikan dengan makanan sehat lainnya agar tumbuh kembang buah hati semakin optimal.

1 thought on “9 Buah Untuk Ibu Hamil Yang Baik Dikonsumsi Harian”

Leave a Comment