9 Bahaya Kecanduan Gadget Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Kecanduan gadget merupakan kondisi yang sebisa mungkin perlu dihindari oleh siapa pun. Pasalnya hal ini bisa memberikan dampak dan pengaruh yang kurang baik bagi pelakunya. Terlebih jika kecanduan terhadap gadget tersebut terjadi pada anak-anak. Bukan tidak mungkin proses perkembangan yang dimilikinya akan mengalami gangguan.

Saat ini keberadaan gadget dan segala interaksinya memang tidak bisa dicegah sepenuhnya. Hal ini dikarenakan gadget sudah menjadi salah satu bagian yang cukup umum pada kehidupan siapa pun. Namun menggunakan gadget secara berlebihan pun sebenarnya kurang baik mengingat sejumlah ancaman bahaya yang dimilikinya.

Bahaya Kecanduan Gadget Pada Anak-anak Yang Tidak Boleh Disepelekan

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya mengenai bahaya apa saja yang bisa ditimbulkan akibat kecanduan pada gadget, berikut adalah beberapa diantaranya yang patut diwaspadai.

1. Dapat Membuat Anak Menjadi Lebih Malas Bergerak

Kecanduan gadget

Bahaya kecanduan gadget yang bisa terjadi pada anak-anak adalah  membuat mereka menjadi lebih malas untuk bergerak. Ketika sudah menggunakan gadget maka umumnya anak-anak akan berada pada posisi tiduran maupun duduk dalam waktu yang lebih lama. Posisi yang cenderung nyaman ini seperti ini pada akhirnya akan membuat pergerakan anak menjadi berkurang.

Padahal idealnya anak-anak cenderung harus lebih aktif bergerak karena hal tersebut dapat membantu untuk melatih fisik dan juga tubuh agar tetap kuat. Ketika kondisi kurang begerak pada anak-anak ini terjadi dalam kurun waktu yang relatif cukup lama dan terjadi secara berkesinambungan, bisa saja memberikan dampak yang kurang baik bagi perkembangannya.

2. Kecanduan Gadget Bisa Membuat Rasa Nyeri Dan Sakit Pada Anggota Tubuh

Ketika sedang menggunakan gadget maka tubuh cenderung akan berada pada posisi yang sama dalam kurun waktu yang relatif lebih lama. Hal ini bisa saja memicu kemunculan rasa nyeri dan sakit pada beberapa bagian tubuh semisal otot-otot pada bagian punggung, leher, dan bahkan juga otot tangan.

Maka dari itu, untuk menghindari hal ini ada baiknya jika penggunaan gadget pun dibatasi atau sebisa mungkin Anda perlu memastikan postur dan posisi tubuh yang tepat dan nyaman ketika sedang menggunakan gadget.

3. Berpotensi Menyebabkan Sulit Tidur

Bahaya kecanduan gadget yang bisa terjadi berikutnya adalah berpotensi bisa membuat anak menjadi lebih susah untuk tidur. Pada umumnya, gadget akan memancarkan radiasi dalam bentuk sinar biru (blue light) yang jika berlebihan akan membuat mereka menjadi bisa lebih tahan terhadap rasa kantuk dalam waktu yang relatif lebih lama.

Hal ini pada akhirnya akan membuat anak-anak menjadi lebih susah untuk tidur. Ketika anak-anak mengalami kurang tidur maka bisa mengganggu proses perkembangan baik itu dari segi fisik, kecerdasan, dan bahkan juga sisi psikologis anak tersebut. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda perlu menghindarkan gadget terlebih ketika sudah memasuki waktu tidur si anak.

4. Mengurangi Kemampuan Berkonsentrasi Pada Anak

Mengurangi kemampuan anak untuk berkonsentrasi juga bisa menjadi salah satu bahaya kecanduan gadget yang patut diwaspadai. Seperti yang sudah diketahui bahwa di dalam gadget terdapat sejumlah fitur-fitur menarik yang bisa digunakan untuk membuat para penggunanya menjadi lebih betah.

Apabila anak-anak sudah merasa kecanduan terhadap gadget maka fokus dan konsentrasi mereka cenderung lebih banyak diarahkan pada penggunaan gadget tersebut. Konsentrasi yang menjadi lebih pendek ini bisa memberikan dampak yang cukup merugikan dan tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut juga bisa mengganggu dalam penyerapan materi pelajaran.

5. Meningkatkan Risiko Terjadinya Obesitas

Bahaya akibat kecanduan gadget yang bisa terjadi untuk selanjutnya adalah meningkatkan risiko terjadinya obesitas pada anak-anak dikemudian hari. Ketika menggunakan gadget semisal untuk bermain game, menonton video, maupun aktivitas lain, pada umumnya akan membuat banyak orang menjadi lebih cepat lapar.

Disadari ataupun tidak hal ini akan membuat para pengguna gadget mulai lebih banyak menyediakan cemilan-cemilan sebagai ‘teman’ untuk bermain gadget. Konsumsi porsi makanan dan cemilan yang tidak terkontrol inilah yang dikemudian hari bisa saja meningkatkan risiko terjadinya obesitas dan kegemukan pada anak.

6. Terjadinya Gangguan Pada Indera Penglihatan

Kecanduan gadget bisa menimbulkan masalah kesehatan yang terbilang cukup serius. Salah satu ancaman yang mungkin terjadi akibat penggunaan gadget secara berlebih adalah terjadinya gangguan pada indera penglihatan. Bahaya gangguan pada indera penglihatan akibat penggunaan gadget secara berlebih bida mengancam siapa pun baik itu orang tua maupun anak-anak.

Ketika menggunakan gadget maka frekuensi kedipan mata akan mengalami penurunan. Hal ini akan membuat kornea pada mata senantiasa berusaha untuk fokus dalam menatap layar yang digunakan dalam jarak dekat tersebut. Jika hal ini terjadi secara berkesinambungan dalam waktu yang cukul lama, gangguan penglihatan bisa menjadi ancaman yang cukup serius.

7. Anak Menjadi Lebih Sukar Untuk Bersosialisasi

Ketika anak sudah berada dalam kondisi kecanduan gadget hal ini juga bisa memberikan dampak negatif pada kemampuan dan proses sosialisasi yang mereka miliki. Anak-anak yang menggunakan gadget secara berlebihan cenderung akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan teman-teman atau orang lain di sekitar mereka.

Apabila anak-anak sudah merasa kecanduan terhadap penggunaan gadget, mereka akan lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan bermain gadget secara lebih lama dan cenderung abai dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, sebagai orang tua ada baiknya jika Anda membatasi penggunaan gadget pada anak dan membiarkannya bermain dengan teman-temannya.

8. Terkena Gangguan Efek Radiasi Gadget

Gadget merupakan jenis perangkat elektronik yang pada umumnya mengeluarkan pancaran radiasi. Beberapa jenis gadget seperti laptop, komputer, tablet, maupun smartphone juga mengeluarkan pancaran radiasi dari layar yang dimilikinya ketika gadget-gadget tersebut digunakan.

Efek pancaran radiasi yang berlebihan pada anak-anak bisa memberikan dampak yang kurang baik. Terlebih jika mereka sudah beradala dalam kondisi kecanduan gadget. Anak-anak yang cenderung lebih rentan maka berpotensi untuk mengalami gangguan kesehatan akibat radiasi yang dipancarkan oleh gadget tersebut.

9. Bisa Membuat Anak Menjadi Lebih Agresif

Gadget berpotensi untuk bisa meningkatkan agresifitas seseorang. Ketika tingkat agresifitas ini sudah cukup berlebihan maka hal tersebut bisa memberikan pengaruh yang kurang baik bagi penggunanya dan juga orang-orang di sekitarnya. Hal ini sebenarnya juga bisa terjadi pada anak-anak ketika mereka dalam kondisi kecanduan gadget.

Ketika anak-anak menjadi lebih lama dalam melakukan interaksi dengan gadget maka secara umum hal tersebut akan membuat rasa penasaran yang dimilikinya terus meningkat. Rasa penasaran yang terus mengalami peningkatan ini bisa saja menimbulkan perilaku yang lebih agresif pada anak-anak.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa bahaya yang mungkin terjadi akibat kecanduan gadget pada anak-anak. Mengingat bahwa potensi bahaya yang diakibatkan oleh kecanduan terhadap gadget cukup tinggi, maka ada baiknya jika Anda mulai membatasi penggunaanya terlebih pada anak-anak yang memang secara usia belum ‘pantas’ bila diberikan gadget sebagai mainannya.

Leave a Comment