8 Langkah Aman dan Ampuh Meningkatkan Berat Badan Bayi

Kebanyakan bayi baru lahir akan secara stabil mengalami penambahan berat badan, khususnya untuk yang meminum ASI yang cukup. Gizi yang cukup, sudah pasti, jadi kunci supaya bayi Anda mempunyai tumbuh kembang yang bagus.

Saat masuk masa mengonsumsi makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI) keadaan beberapa bayi makin beragam lagi. Ada yang alami penambahan berat badan dan cukup banyak yang berat badannya stabil.

Anda kemungkinan tak kan pusing bila berat badan Si Kecil naik terus sesuai kurva perkembangannya. Tetapi, bagaimana bila tidak? Anda pasti cemas. Ini benar-benar lumrah terjadi. Anda lantas setelah itu cari langkah untuk meningkatkan berat badan bayi Anda.

Cara Meningkatkan Berat badan bayi

Berat badan bayi

Sumber gambar: https://merries.co.id/community-parenting/

Ada cara-cara aman dan efisien untuk meningkatkan berat badan bayi Anda. Yok baca penjelasannya di bawah ini!

1. Beri ASI Eksklusif

Untuk meningkatkan berat badan bayi, salah satunya langkah penting yang dapat Anda kerjakan ialah memberi ASI secara eksklusif. Bahkan langkah ini juga dapat dilakukan bila Anda ingin meningkatkan berat badan bayi prematur.

Dalam studi National Institutes of Health, dijumpai jika bayi prematur yang disusui secara eksklusif oleh ibu kandung mereka sepanjang 24 minggu pertama kehidupan memperlihatkan peningkatan berat badan yang signifikan.

Disamping itu, menyusu secara eksklusif membantu membentuk kesehatan dan kemampuan bayi prematur, dan melindunginya dari infeksi.

2. Berikan Variasi Gizi

Sebuah kelompok penelitian di San Francisco, California, AS, mendapati gizi yang beragam benar-benar berperanan penting dalam peningkatan berat badan dalam 2 tahun pertama kehidupan.

Ragam menu supaya Anda tidak memberikan MPASI yang itu-itu saja, berperan memperkenalkan berbagai rasa dan kesan pada bayi. Di samping pemenuhan gizinya.

“Pemberian varian makanan dengan gizi terbaik, benar-benar berperanan penting dalam menambahkan berat badan dan panjang tubuhnya,” demikian seperti disarikan dari jurnal yang diedarkan Organisasi Nirlaba PLOS.

Disamping itu, tambahlah konsumsi ASI. Anda bisa mengusahakan pijat payudara supaya ASI mengalir deras dan lancar. Pemakaian pompa saat sebelum menyusui disarankan, khususnya memeras dengan pompa tangan bukan elektrik.

Ini agar bayi minum ASI dengan makin banyak hindmilk, yang lebih kaya kalori. Meskipun tidak apa-apa memberi susu formula, harus dipahami jika umumnya kandungan lemak/kalori ASI lebih tinggi dibanding susu formula.

Anda bisa memompa sepanjang 5-10 menit sesudah menyusui (tidak boleh menyela atau mempersingkat sesi menyusui untuk melakukan ini.

3. Pijat Nafsu Makan Bayi

Panggil pijat bayi, benar-benar bermanfaat bagi Anda. Pijat bisa menambah selera makan, memperlancar pencernaan, dan jadi salah satunya langkah menambahkan berat badan bayi. Disamping itu Anda perlu tingkatkan bonding dengan terus kontak dengan bayi, atau menggendongnya sebanyak-banyaknya.

Saat Anda menyusui, yakinkan dia menghisap satu payudara sampai habis, baru berpindah ke payudara lain. Kodenya yaitu, dia sendiri yang memikat diri dan puas, dengan beralih dari menghisap kuat jadi lemah. Tidak boleh cemas bila memang ia sedang ingin minum satu sisi.

4. Beri Makanan Penambah Berat badan bayi

Sumber gambar: https://manado.tribunnews.com/2018/

Dalam sebuah riset di Queensland Australia, disebut jika bayi 6-12 bulan memerlukan energi, protein, dan gizi tinggi untuk menambahkan berat badan. Variasi makanan bernutrisi bisa dikenalkan, yang makin tinggi energi dan proteinnya, diantaranya daging, ayam, ikan, telur, produk susu, lemak dan minyak.

Pengenalan beberapa makanan ini ibarat ikan, telur, dan susu (UHT, pasteurisasi, atau formulasi) harus berlangsung pada umur kira-kira sembilan bulan. Di bawah ini beberapa makanan untuk meningkatkan berat badan ideal bayi yang dapat Anda coba.

  • Gunakan ASI untuk kombinasi puree sayur, buah, daging, atau sereal beras
  • Gunakan formula untuk melembutkan sayur, buah, daging, atau sereal beras
  • Gunakan minyak atau margarin untuk menggoreng daging, melembutkan sayur, dan ditambah ke serial, nasi, mie, atau pasta
  • Olesi mentega ke sandwich dan roti bakar
  • Kenalkan daging sapi dan domba dalam menu MPASI kecuali ayam, yang bisa dilumatkan dengan minyak sesudah diolah. Coba jenis daging yang telah dibuat jadi sosis, cincang, atau bola-bola
  • Berikan kacang-kacangan, buncis
  • Buah yang efisien menambahkan berat badan adalah alpukat

Pada umur sembilan bulan ke atas, mulai memperkenalkan yogurt, custard, es cream, cream keju, keju parut atau batangan, dan telur ayam.

5. Posisi Menyusui yang Pas

Berat badan bayi yang tidak berubah ini bisa disebabkan karena posisi menyusui yang tidak tepat. Jack Newman, dokter anak dan pakar menyusui, menjelaskan jika langkah awal yang perlu dilakukan yakni dengan berusaha untuk membenahi teknik bayi menempel pada payudara ibu saat menyusui.

“Penting untuk ibu untuk ketahui apa bayi telah mendapatkan ASI secara baik, janganlah sampai anak cuman ‘menggigit’ payudara’. Saat bayi tidak minum banyak, lakukan kompresi dapat menolong,” terang dr. Newman.

Salah satunya sikap menyusui yang bagus dengan cradle position. Posisi ini dilakukan dengan lengan Anda menyokong bayi di payudara. Kepala bayi ditempatkan di dekat siku, dan lengan Anda menyokong badan bayi di sepanjang punggung dan leher.

Saat lakukan status ini, yakinkan Anda dan Sang Kecil harus bersinggungan dari dada ke dada.

“Posisi classic ini dilaksanakan dengan kepala bayi ada di lekukan salah satunya lengan ibu, seperti saat menimang-nimang bayi,” terang dr. Nia Wulan Sari dari RS Pondok Cantik – Bintaro Jaya.

Disamping itu posisi yang lain ialah posisi menyamping. Menurut dr. Nia, posisi ini dapat dilaksanakan saat ibu merasa capek, atau menjelang tidur. Anda harus tiduran miring dan menghadap menuju bayi, posisikan mulut bayi sejajar dengan puting. Anda bisa memakai bantal untuk sandaran punggung dan leher.

Posisi ini dapat memberikan keuntungan untuk ibu yang telah jalani operasi caesar, karena tidak memposisikan atau memberi berat pada wilayah dada dan perut.

6. Harus Kerap Menggendong Bayi

Sumber Gambar : https://www.himedik.com/wanita

Hal yang paling diperlukan oleh bayi yang baru lahir ialah memperoleh rasa nyaman. Manfaat menggendong bayi yang baru lahir amat bagus untuk menolong menambah berat badan ideal bayi sesuai skema perkembangan bayi 1 bulan.

Kontak kulit dari ibu ke bayi bisa juga membantu produksi ASI jadi lebih baik. Disamping itu menggendong bayi bisa juga mengurangi bayi menangis terus menerus hingga bayi jadi lebih nyaman dan sehat. Tetapi cermati bila bayi tidak nyaman dengan gendongan maka diamkan bayi berada pada tempat tidurnya. Ini menjadi langkah menangani perut kembung pada bayi.

7. Mendapat Tidur yang Cukup

Bayi Anda yang baru lahir kemungkinan sangat sering tidur. Anda tak perlu membangunkan bayi cuma untuk bermain walau sangatlah ingin melakukan.

Bayi yang cukup tidur sesudah memperoleh ASI atau susu formula dapat membantu tingkatkan berat badan. Ketika waktu malam hari bayi lebih banyak tidur maka coba untuk tawarkan ASI. Memberi ASI saat malam hari dapat membantu menambah berat badan secara cepat. Saat bayi dapat tidur secara baik maka dapat menolong mengatasi permasalahan bayi kerap menggeliat.

8. Beri Susu Formula

Walau telah terlepas ASI eksklusif, bukan bermakna Anda stop memberikan bayi konsumsi gizi lewat susu ya. Ini waktunya Anda untuk memberi bayi susu formula.

Karena formasi ASI dan susu formula berlainan, pemberian susu formula ke bayi yang memperoleh ASI exclusive awalnya bisa mengakibatkan beberapa pengubahan dalam gerakan usus bayi. Misalkan warna kotoran yang berbeda.

Menurut riset yang diterbitkan Frontiers Cellular and Infection Microbiology, ASI mempunyai formasi mikroba yang berbeda jauh dari susu formula. Maka janganlah cemas bila kotoran bayi mendadak berbeda warna

Nah, itu cara-cara yang aman dan efisien untuk meningkatkan berat badan bayi. Selamat mempraktikkan di rumah ya Anda!

3 thoughts on “8 Langkah Aman dan Ampuh Meningkatkan Berat Badan Bayi”

Leave a Comment