8 Doa Untuk Anak Agar Sehat, Sholeh dan Cerdas

Anak merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa tak ternilai harganya. Sebagai orang tua, anda tentu memiliki keinginan anak tumbuh sehat, cerdas sholeh dan menjadi kebanggaan orang tua. Karena itu selain berusaha membesarkan mereka, anda juga harus senantiasa mengirimkan doa untuk anak agar tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Nabi Muhammad shallallohu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Doa yang selalu dikabulkan Alloh ada 3. Yaitu, doa untuk anak yang dipanjatkan oleh orang tua, doanya orang yang safar atau bepergian, dan doanya orang yang didzolimi.” (HR. Ibnu Majah no. 3862)

Hadist tersebut menjelaskan bagaimana doa orang tua dinilai paling mustajab. Karena itu sebagai kami merangkum 8 doa untuk anak yang dapat anda jadikan referensi tambahan. Berikut doa untuk anak  sebagai salah satu ikhtiar untuk menjadikan anak anda menjadi anak yang cerdas, sholeh dan sehat.

Doa untuk Anak Agar Beriman dan Bertaqwa

“Raabbana hablanaa min azwajiina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama.”

Artinya:

“Ya Alloh, ya Tuhan kami, anugerahkanlah pada kami, istri kami dan keturunan kami menjadi pribadi penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa” (Qs.al-Furqon : 74)

Doa untuk Anak yang Dipanjatkan Nabi Muhammad SAW untuk Sayidina Hasan Husain

Doa untuk anak

Sumber Gambar : https://madiunpublik.wordpress.com/

“U idzu huu bikalimaatillahit–taammati min kulli syaithoniw wahaammah, wamin kulli ‘ainil laammmah.”

“Aku memohon perlindungan kepada Alloh untuk kalian berdua dengan menyebut asma Alloh yang sempurna, dari setiap gangguan setan dan binatang berbisa, dan dari pandangan mata (ain) yang membuat sakit dan memandang rendah.”

Kemudian Nabi shallallohu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jadikanlah kata-kata dan doa ini sebagai permohonan untuk mendapat perlindungan dari gangguan syaiton bagi anak-anak kalian. Karena Ibrahim AS, memohonkan kepada Allah perlindungan untuk Ismail dan Ishaq dengan doa dan ucapan tersebut.” (HR. Abdur Razaq dalam Mushannaf, no. 7987).

Doa untuk Anak agar Sholeh dan Berkah

“Allohummaj ‘al Auladii min ahlil ilmu wa ahlil khoir, walaa taj ‘al min ahlissu wa ahlidzoir, Allohumma baariklii fii dzurriyatii, wakhfadzhum walaa taddzurruhum warzuknii birrohum, Allohumma aatini ridlooka fiddun yaa wal khoir, wahtimlana bissa ‘aadatihim wassahaadati wal maghfiroti.”

Artinya:

“Ya Alloh, jadikanlah anakku ahli ilmu dan kebaikan dan jangan jadikan mereka ahli keburukan dan ahli mudhorot. Ya Alloh, berikanlah keberkahan pada keturunanku dan peliharalah mereka dan jangan timpakan keburukan kepada mereka dan karuniakan aku dengan kebaikan mereka. Ya Alloh berikan aku ridhomu di dunia dan dan di akhirat dan akhirilah hidup kami dengan kebahagiaan dan bacaan syahadat dan ampunan.”

Doa untuk Anak Agar Cerdas dan ilmunya Membawa Manfaat

“Allohumaj alhu shohiihan kaaamilan, wa aqilan haadziqon, wa aaliman amilan.”

Artinya:

“Ya Alloh, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal.”

Doa untuk Anak Agar Berbakti pada Orang Tua

“Allohumma barikli fii auwladi, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho ‘atik, war zuqniy birrohum.”

Artinya:

“Ya Alloh mohon berikan berkah pada anak-anak hamba, janganlah Engkau menimpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”

 

Doa untuk Anak Agar Rajin Sholat

Sumber Gambar : https://tirto.id/

“Robbij alni muqimassh sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a”

Artinya:

“Ya Alloh, jadikan aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat, Ya Alloh, perkenankanlah doaku.” (Qs.Ibrahim : 40)

Doa ini adalah doa yang sama yang pernah dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim AS untuk anak turunnya agar menjadi ahli ibadah dan selalu mendirikan sholat serta ingat kepada Alloh SWT.

Doa untuk Anak yang Dipanjatkan Nabi Zakaria

“Raabbi habli milla dunka dzurriyyyatan thoyyibatan innaka sami ud du’a”

Artinya:

“Wahai Tuhanku, Karuniakanlah kepadaku dari sisiMu dzuriat keturunan yang baik karena sesungguhnya Engkau senantiasa Mendengar (menerima) doa permohonan.” (Dari surat  Ali Imran: 38)

Doa untuk anak yang baik ini dipanjatkan oleh Nabi Zakaria yang telah berusia lanjut dikala ia tengah khawatir tidak ada yang meneruskan dakwahnya menegakkan islam sebagai agama kebenaran. Karena itu, ia dan sang istri yang telah dikatakan mandul tidak pernah putus berdoa kepada Alloh untuk diberikan keturunan yang sholeh dan dapat meneruskan dakwahnya.

Sampai suatu ketika, ia mendapatkan kabar dari malaikat saat menunaikan sholat di mihrab. Berkat doa untuk anak yang tak lelah ia panjatkan, Ia akan dikaruniai keturunan yang kelak akan menjadi penerusnya dalam menegakkan agama Islam, keturunan itu adalah anak laki-laki bernama Yahya.

Doa ini juga diperuntukkan untuk mereka yang belum dikaruniai keturunan. Karena tidak ada yang tidak mungkin jika Alloh SWT sudah menghendaki.

Doa untuk Anak agar Mendapatkan Keberkahan

“Allohumma ashlih lana fi a ‘immatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa rozaqtana wa baariklana fiihim fid dunnya wal aakhiroh.”

Artinya:

“Ya Alloh ya Tuhanku, mohon buat kami lebih baik, imam kami, jamaah kami, keluarga kami, istri kami, keturunan kami, harta kami dan di dalam apa-apa (rezeki) yang Kau berikan kepada kami dan berilah kami keberkahan.”

Doa untuk Anak agar Mendapatkan Pemahaman yang Benar

“Allohumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.”

Artinya:

“Ya Alloh, berikanlah ia pemahaman dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (memahami tafsir ayat-ayat al-Qur’an)” (HR.Bukhari)

Doa ini adalah merupakan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk Abdullah bin Abbas. Abdullah bin Abbas adalah salah satu sahabat Rasulullah yang terpelajar. Ia bahkan merekam kalimat Rasulullah sebanyak 1.660 kalimat Nabi.

Abdullah bin Abbas mencatatnya dengan rapi kemudian tulisan itu disahkan dalam koleksi kitab sahih Bukhari dan Muslim.

Suatu ketika, ia sedang menyiapkan air wudlu untuk Rasulullah. Dan saat akan sholat, Rasullullah menyuruhnya untuk berdiri di sampingnya. Namun, Abdullah bin Abbas justru berdiri di belakang. Lantas Rasulullah bertanya, mengapa ia berdiri di belakang. Dan Abdullah bin Abbas berkata, bahwa dirinya tak sebanding dengan Rasulullah yang begitu tinggi derajatnya.

Saat itulah Rasulullah mengangkat tangannya ke atas dan berdoa, “Allohumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.”

Doa itu diharapkan agar sang sahabat rasul itu memiliki kebijaksanaan dan memiliki kekuatan serta pemahaman tafsir sehingga dapat membantu mensyiarkan islam sebagai rahmatan lil alamin.

Doa itu bisa sekaligus menjadi doa untuk anak yang dapat anda panjatkan agar anak anda mendapatkan pemahaman yang benar.

Demikianlah 8 doa untuk anak yang dapat anda panjatkan agar anak-anak dapat senantiasa menjadi anak yang sholeh, cerdas dan bermartabat. Doa untuk anak yang dipanjatkan oleh orang tua tentunya akan menjadi kekuatan bagi anak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan masa depan cerah. Insya Alloh.

Leave a Comment