7 Tips Cermat Memilih Taman Kanak-Kanak Untuk Si Buah Hati

Memilih taman kanak-kanak untuk si buah hati bukan perkara mudah. Meskipun taman kanak-kanak merupakan sekolah formal pertama bagi anak, tapi justru saat menginjak taman kanak-kanak, usia mereka sedang berada di fase golden age. Dimana segala fungsi tubuh dan otak anak berkembang amat pesat di usia ini. Karena itu penting memilih taman kanak-kanak yang tepat.

Saat ini ada banyak pendidikan pra sekolah dan taman kanak-kanak yang menawarkan beragam keunggulan dan metode pengajaran yang baik. Namun, anda tak perlu bingung. Ada 7 tips cermat memilih taman kanak-kanak untuk si kecil yang dapat anda gunakan sebagai guidance.

Cermati Biaya Taman Kanak-Kanak yang Akan Anda Pilih

Setiap orang tua pasti memiliki keinginan untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah yang memiliki lingkungan yang bagus, guru yang memahami siswanya, juga metode pengajaran yang memungkinkan anak anda betah belajar di sekolah.

Namun, biasanya taman kanak-kanak dengan fasilitas lengkap dan mengagumkan itu disertai dengan biaya yang cukup mahal. Jadi jangan memaksakan diri untuk sekolah di taman kanak-kanak yang jauh dari budget anda, karena itu jelas akan menyusahkan ke depan.

Fasilitas taman kanak-kanak yang bagus tidak harus selalu mahal. Setidaknya pilih sekolah dengan kualitas hampir sama tapi sesuai dengan budget anda. Hal itu merupakan langkah bijak yang dapat anda lakukan.

Pilih Taman Kanak-Kanak yang Tak Jauh dari Rumah

Taman kanak-kanak yang tak jauh dari rumah akan memudahkan anda untuk menjemput si buah hati. Jauhnya lokasi rumah dari taman kanak-kanak kemungkinan akan membuat anda terlambat mengantar si kecil ke sekolah.

Persiapan yang dilakukan anak-anak yang masih berada di taman kanak-kanak biasanya membutuhkan waktu yang relatif lama dibandingkan dengan anak-anak usia SD dan usia SMP yang sedikit banyak sudah mengenal tanggung jawab bangun lebih pagi agar tidak terlambat ke sekolah. Sementara anak yang berada di usia taman kanak-kanak masih harus dilatih untuk bangun pagi.

Karena itu, ada baiknya menghemat waktu ke sekolah dengan memperpendek jarak tempuh. Taman kanak-kanak yang lokasinya tak jauh dari rumah juga akan memudahkan anda menjemput kembali. Ini meminimalisir anak menunggu lama di luar sekolah yang tentunya akan membahayakan.

Pilih Taman Kanak-Kanak yang Gurunya Kredibel

Taman kanak kanak

Sumber Gambar : https://www.ssww.com/

Ini poin penting yang harus diperhatikan ketika memilih taman kanak-kanak yang tepat untuk buah hati anda. Anda tentu ingin menitipkan anak-anak anda dengan guru yang tepat. Karena itu, sebaiknya anda melakukan pengamatan terhadap guru pengajarnya. Cari tahu latar belakang pendidikan guru tersebut dan bagaimana dia peduli dengan siswanya.

Guru taman kanak-kanak tentu berbeda dengan guru pada umumnya. Guru pada taman kanak-kanak sebisa mungkin harus memiliki kesabaran tingkat tinggi menghadapi anak-anak. Selain itu, lata belakang pendidikan yang baik akan membantu anak-anak dalam merangsang keingintahuan si kecil, menerima setiap anak tanpa diskriminasi juga membantu si kecil untuk lebih mandiri dan disiplin.

Meskipun agar ribet untuk mencari tahu latar belakang pendidikannya, tapi percayalah bahwa ini untuk kebaikan anda dan buah hati anda.

Sarana dan Pra Sarana Taman Kanak-Kanak yang Menunjang

Bukan bangunan mewah yang menjamin taman kanak-kanak berkualitas. Taman kanak-kanak yang berkulitas tentu saja yang utama adalah tingkat kebersihannya, keamananya juga sarana dan pra sarana yang menunjang aktivitas belajar mengajar.

Lagi-lagi tidak harus selalu terlihat mewah, sarana dan pra sarana taman kanak-kanak yang terpenting adalah dapat menunjang perkembangan kemampuan anak-anak dari segi emosional, kognitif dan motorik.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Pendidikan Anak-Anak Usia Dini Nomer 58 tahun 2009, sarana dan pra sarana taman kanak-kanak atau lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki beberapa syarat. Beberapa diantaranya adalah, memiliki luas lahan minimal 300 meter persegi.

Selain itu, taman kanak-kanak juga harus memiliki ruang anak dengan luas minimal 3 meter per segi per peserta didik. Dan tentu saja, taman kanak-kanak yang baik harus memiliki ruang kesehatan untuk peserta didik yang tidak enak badan, memiliki ruang guru dan toilet bersih dan sehat.

Taman kanak-kanak juga harus memiliki fasilitas bermain baik di luar maupun di dalam ruangan. Bentunya bisa beragam, standar minimalnya taman kanak-kanak yang baik menyediakan permainan buatan sendiri atau buatan pabrik. Terakhir, taman kanak-kanak harus memiliki peralatan pendukung keaksaraan.

Nah jika taman kanak-kanak yang hendak anda pilih untuk buah hati anda memiliki semua itu, anda bisa mulai menelisik lebih dalam tentang hal lain sebagai penunjang.

Sesuaikan Kurikulum Taman Kanak-Kanak dengan Kemampuan Si Kecil

Sumber Gambar: https://www.bostonherald.com/

Saat ini banyak taman kanak-kanak yang memiliki kurikulum pendidikan nasional hingga internasional. Selain itu, beberapa taman kanak-kanak menawarkan pendidikan agama sebagai poin plus untuk meningkatkan ESQ anak.

Tak jarang, taman kanak-kanak hari ini memiliki kurikulumyang menggunakan bahasa asing seperti bahasa inggris dan bahasa arab sebagai pengantar. Adapula taman kanak-kanak yang menggunakan konsep dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Sebelum memilih taman kanak-kanak mana yang tepat, maka sesuaikan kurikulum yang sesuai dengan tujuan pendidikan anda untuk si kecil. Jangan sampai si kecil merasa terbebani dengan kurikulum pendidikan yang terlalu padat.

Pilih Taman Kanak-Kanak Yang Punya Konsep Belajar Menyenangkan

Bahan ajar atau program sekolah penting untuk diketahui orang tua sejak awal sebelum menitipkan anak di taman kanak-kanak pilihan orang tua.

Karakter dan kemampuan anak harus diutamakan dalam memilih taman kanak-kanak yang sesuai. Sebaiknya, pilihlah taman kanak-kanak yang punya konsep belajar yang menyenangkan dan tidak hanya berorientasi kepada nilai semata.

Pilih taman kanak-kanak yang menghargai proses belajar anak bukan pada nilai atau hasil akhirnya. Karena proses pembelajaran yang dilakukan anak yang lebih penting dibanding hasil akhirnya. Taman kanak-kanak yang semacam ini lebih menyenangkan dan membuat anak merasa nyaman bersekolah.

Anak-anak akan jauh dari sikap minder dan jadi lebih percaya diri. Taman kanak-kanak dengan konsep ini mendorong anak bangga atas kemampuan yang dia miliki.

Pilih Taman Kanak-Kanak dengan Waktu Belajar yang Sesuai

Sumber Gambar : https://6sense.co.uk/

Taman kanak-kanak di era saat ini, memiliki jam masuk yang beragam. Ada taman kanak-kanak yang selalu menerapkan jam masuk pagi, ada pula taman kanak-kanak yang menerapkan jam masuk agak siang.

Nah, jika buah hati anda adalah tipe anak yang sukar bangun pagi, taman kanak-kanak yang menerapkan jam lebih siang bisa menjadi pilihan. Namun, jika anak anda tidak keberatan dan terbiasa bangun pagi, tidak jadi soal untuk memasukkan anak-anak ke taman kanak-kanak yang memiliki jam masuk pagi.

Jam masuk ke sekolah ini kadang disepelekan oleh sebagian besar orang tua. Padahal, ini penting mengingat usia taman kanak-kanak adalah usia dimana anak sedang menyesuaikan diri untuk mengemban tanggung jawab bersekolah. Jadi jangan sampai salah pilih jam masuk ya!

Nah, itulah 7 tips cermat memilih taman kanak-kanak untuk anda. Jangan sampai salah memilih sekolah dan selalu lakukan survey di beberapa taman kanak-kanak yang berbeda agar dapat membandingkan taman kanak-kanak mana yang lebih tepat untuk buah hati anda.

1 thought on “7 Tips Cermat Memilih Taman Kanak-Kanak Untuk Si Buah Hati”

Leave a Comment