7 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kualitas Tidur Yang Nyaman

Posisi tidur yang baik bisa memberikan pengaruh yang sangat baik dan menyehatkan pada tubuh. Pemilihan posisi tidur yang tepat akan bisa mengurangi risiko terjadinya cedera seperti otot yang salah, ataupun nyeri pada saat bangun tidur. Dengan demikian, kualitas tidur yang Anda miliki pun bisa menjadi semakin optimal.

Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting karena ia menjadi sarana untuk relaksasi dan juga detoksifikasi tubuh. Kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan juga fresh ketika bangun tidur di pagi harinya. Maka dari itu, kualitas tidur merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan faktor kebugaran dan kesehatan tubuh.

Posisi Tidur Yang Baik Dan Menyehatkan Untuk Tubuh

Kualitas tidur dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah terkait dengan posisi tubuh pada saat tidur. Posisi tidur yang baik bisa memberikan tingkat kenyamanan tubuh selama beristirahat sehingga bisa memberikan kualitas tidur yang lebih baik. Berikut adalah beberapa referensi terkait dengan posisi tidur untuk tubuh yang lebih sehat dan bugar.

1. Posisi Tidur Yang Baik Dengan Miring ke Kanan

Posisi tidur yang baik

Posisi tidur yang pertama bisa Anda pertimbangkan untuk kesehatan adalah mengambil posisi tubuh miring ke kanan. Posisi ini cukup bagus dan banyak dianjurkan oleh pakar kesehatan karena bisa memberikan manfaat yang cukup optimal. Bagi Anda yang muslim, posisi tidur miring ke kanan juga merupakan posisi tidur yang juga sunnah Rasullulah.

Posisi tidur miring ke kanan dapat membuat proses pernapanan menjadi lebih lancar dan bisa menghindari henti napas secara mendadak. Selain itu dengan posisi tidur miring ke kanan juga posisi jantung tidak akan tertekan sehingga dapat bekerja secara optimal. Selain itu, posisi tidur yang demikian juga diyakini dapat membantu jalannya proses pencernaaan secara lebih baik.

2. Posisi Telentang Dengan Tangan Di Atas Kepala

Posisi tidur yang baik selanjutnya adalah dengan mengambil posisi telentang dan meletakkan tangan di atas kepala. Posisi tidur yang demikian juga diyakini bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Posisi tidur yang demikian dapat lebih menyehatkan punggung karena tulang punggung menjadi lurus dan sejajar dengan tubuh.

Selain itu dengan tanga yang berada di atas kepala akan dapat membuatnya menjadi rileks dan juga bisa melancarkan sistem peredaran darah ke bagian tubuh atas seperti tangan dan juga wajah untuk menghindari terjadinya kerutan. Selain bisa mendapatkan manfaat kesehatan, posisi tidur yang demikian juga diyakini sangat baik untuk manfaat kecantikan.

3. Posisi Tidur Setengah Tengkurap

Setengah tengkurap menjadi alternatif posisi tidur yang baik selanjutnya. Posisi setengah tengkurap ini bisa memberikan manfaat yang sangat baik bagi sistem pencernaan. Ketika Anda tidur dengan menggunakan posisi ini maka akan dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih rileks dan juga nyaman.

Namun perlu Anda ketahui bahwa posisi ini juga rawan menyebabkan terjadinya henti napas. Maka dari itu Anda perlu hati-hati ketika menggunakan posisi ini. Jika Anda tidak pernah melakukan posisi tidur seperti ini dan cenderung memiliki kondisi tubuh yang obesitas, ada baiknya jika posisi tidur tengkurap ini Anda hindari.

4. Posisi Telentang Dengan Posisi Tangan Di Bawah

Jika Anda mencari posisi tidur yang baik untuk kesehatan tulang belakang dan tulang leher maka posisi tidur telentang dnegan posisi tangan di bawah bisa menjadi posisi yang patut dipertimbangkan. Selain itu, posisi ini juga diyakini dapat mengurangi risiko terjadinya sakit kepala dan membantu memperbaiki postur tubuh seseorang.

Namun bagi para penderita obesitas ada baiknya berhati-hati dengan posisi tidur yang demikian. Pasalnya posisi tersebut bisa saja mempengaruhi sistem pernapasan dan mengakibatkan terjadinya apnea atau peristiwa henti napas.

5. Posisi Tidur Dengan Tubuh Meringkuk

Tidak sedikit yang merekomendasikan bahwa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah dengan mengambil posisi meringkuk. Posisi tidur tersebut diyakini merupakan posisi yang cukup aman untuk bayi dalam kandungan dan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan ibu dan bayi dalam kandungan.

Posisi tidur meringkuk sebenarnya juga cukup baik untuk digunakan oleh orang-orang yang sedang tidak hamil. Pasalnya tidur dengan posis meringkuk diyakini dapat membantu memperlancar pernapasan dan juga cukup baik bagi mereka yang memiliki masalah berupa tidur mendengkur.

6. Posisi Tidur Miring Dengan Tangan Ke Depan

Tidak sedikit yang menganjurkan bahwa posisi tidur yang baik untuk orang yang mengalami obesitas adalah tidur dengan tubuh miring dan tangan ke depan. Hal ini dikarenakan posisi tidur yang demikian terbilang cukup nyaman dan juga bisa mengurangi risiko terjadinya henti napas pada tubuh seseorang.

Kondisi tangan yang menjulur ke depan tidak akan memberikan tekanan tambahan kepada anggota tubuh lainnya sehingga membuat tidur pun menjadi semakin nyaman. Selain itu, sirkulasi oksigen juga akan berjalan secara optimal. Guna menambah tingkat kenyamanan, Anda bisa juga menambahkan penggunaan ganjalan berupa bantal pada sela-sela tangan.

7. Posisi Tidur Dengan Tubuh Miring ke Kiri

Posisi tidur yang baik selanjutnya adalah dengan mengambil posisi tubuh miring ke kiri. Tidur dengan mengambil posisi miring ke kiri juga dipercaya bisa memberikan manfaat kesehatan karena bisa melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Peredaran darah yang lebih lancar akan membuat tubuh seserorang menjadi lebih sehat dan juga bugar.

Selain berkaitan dengan sistem peredaran darah, tidur dengan posisi miring ke kiri ini juga dianggap cukup baik bagi orang-orang yang mengalami kondisi asam lambung atau GERD. Posisi tidur yang demikian terbilang cukup nyaman karena posisi yang demikian bisa mengurangi terjadinya banyak gerakan pada saat sedang tertidur.

Selain memperhatikan pemilihan posisi tidur, hal penting lainnya yang juga tidak boleh diabaikan adalah terkait dengan pemilihan dan penggunaan bantal untuk tidur. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang optimal, Anda perlu memilih jenis bantal dan menempatkan bantal tersebut secara tepat sesuai dengan posisi tidur yang Anda gunakan.

Ketika Anda mengambil posisi tidur telentang, maka sebaiknya Anda meletakkan bantal pada area di sekitar tulang belakang diantara leher dan bagian kepala. Untuk posisi ini Anda juga perlu memilih jenis bantal yang empuk sehingga bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman dan menghindari terjadinya rasa nyeri pada bagian leher.

Sementara itu, jika Anda memilih posisi tidur yang baik secara menyamping atau miring, sebaiknya memilih bantal yang tidak terlalu tinggi. Hal ini berguna untuk membuat posisi tulang leher, tulang belakang, dan juga punggung tetap dalam kondisi yang sejajar.

Sedangkan jika Anda mengambil posisi tidur secara tengkurap, sebaiknya Anda mengusahakan agar bantal berada di bagian bawah pelipis dan hindari pemilihan bantal yang terlalu empuk. Bantal yang terlalu empuk bisa membuat kepala Anda menjadi ‘tenggelam’ dalam bantal yang berpotensi menyebabkan terjadinya henti napas.

Itulah 7 rekomendasi posisi tidur yang baik untuk manfaat kesehatan yang perlu Anda ketahui. Kini dengan beberapa rekomendari pilihan posisi tidur yang telah disampaikan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin memilih posisi tidur yang tepat dan nyaman untuk menghadirkan tidur yang berkualitas.

Leave a Comment