6 Rekomendasi Meja Belajar Anak Yang Unik dan Tahan Lama

Kondisi pandemi seperti saat ini, mengharuskan anak-anak untuk belajar dari rumah melalui komunikasi online. Tidak seperti suasana kelas yang lengkap dengan meja, kursi, dan juga papan tulis. Di rumah anak akan belajar dengan fasilitas seadanya. Untuk orang tua dengan kondisi financial yang cukup berlebih, mungkin sudah menyiapkan meja belajar anak di dalam kamarnya.

Namun, untuk orang tua dengan kondisi financial pas-pasan, anak akan belajar di lantai atau meja makan. Hal ini pasti membuat badannya sedikit pegal. Apakah Anda ingin membelikan sebuah meja untuk anak Anda? Mari simak tips dan rekomendasi meja belajar pada pembahasan di bawah ini!

5 Tips Memilih Meja Belajar Anak yang Kuat dan Tahan Lama

Untuk mendapatkan meja belajar anak yang kuat dan tahan lama, ada 5 tips yang akan membantu Anda untuk menemukannya. Berikut adalah penjelasan singkatnya!

1. Material dari kayu

Meja yang terbuat dari kayu, memiliki ketahanan yang cukup lama. Terutama kayu jenis solid. Jika menggunakan meja berbahan dasar kayu, meja tersebut tidak akan mudah pecah atau berkarat. Harga meja kayu juga cukup terjangkau, tidak seperti meja aluminium atau besi yang cendering lebih mahal. Namun, harganya di atas dari harga meja plastik. Tetapi plastic mudah pecah dan tidak tahan lama.

2. Konstruksi yang kuat

Sebelum membeli meja belajar anak, perhatikan bagian konstruksinya. Apakah ukuran dan penyambungan sikunya sudah tepat atau belum? Karena jika bentuk konstruksinya tidak baik, maka meja akan mudah rusak dan cukup membahayakan untuk anak Anda.

3. Ukuran meja sesuai dengan tubuh anak dan lokasi penempatan

Ukurlah berapa tinggi anak Anda dan juga berapa lebar tempat untuk meletakkan meja! Agar Anda dapat dengan mudah untuk menentukan ukuran meja yang tepat. Sehingga meja tidak terlalu tinggi atau pendek dan juga tidak terlalu lebar.

4. Meja yang dilengkapi aksesoris

Meja belajar anak pasti membutuhkan beberapa aksesoris tambahan, seperti laci dan rak buku. Agar anak dapat menyimpan alat tulisnya di dalam laci dan menyusun buku pada rak. Sehingga meja tidak akan terlihat berantakan. Oleh sebab itu, pilihlah meja yang dilengkapi laci dan juga rak buku.

5. Model meja yang unik dan menarik

Agar anak merasa nyaman saat menggunakan meja belajarnya, maka pilihlah meja dengan desain sesuai apa yang dia suka. Misalnya ada motif hewan kesukaannya atau warna favoritnya atau tokoh kartun idolanya. Anak pasti akan sangat senang dan bersemangat saat belajar dengan menggunakan meja tersebut.

6 Rekomendasi Meja Belajar Anak

Untuk membantu Anda memilih meja belajar untuk anak Anda, berikut ini ada 6 rekomendasi meja yang unik dan tahan lama.

1. Meja IKEA PAHL

Meja belajar anak

Meja ini memiliki fasilitas custom tinggi kaki meja. Sehingga tinggi meja dapat menyesuaikan pertumbuhan tinggi seorang anak. Pilihan ukuran tinggi meja ini, yaitu 59 cm, 66 cm, dan yang paling maksimal 72 cm.

Meja ini juga dilengkapi dengan rak buku tiga tingkat, sehingga buku-buku anak Anda bisa tersusun rapi. Warna meja polos tanpa motif, sangat cocok untuk anak yang simple. Satu buah meja ini dapat Anda beli dengan harga Rp 2.616.400,-.

2. Meja lipat flip flop

Meja belajar anak yang satu ini unggul dengan desainnya yang minimalis. Cocok untuk Anda yang menggunakan ruangan kecil untuk aktivitas belajar anak. Selain minimalis, meja ini juga dapat Anda lipat saat sedang tidak digunakan.

Meja ini juga lengkap dengan rak buku empat tingkat. 2 tingkat berada pada bagian atas meja dan 2 tingkat lagi berada pada bagian bawah meja. Cocok untuk meletakkan tas, peralatan tulis, dan juga menata buku-buku, sehingga terlihat lebih rapi. Satu buah meja dapat Anda beli seharga Rp 1.250.000,-.

3. Meja pro design kido

Model meja yang satu ini cocok untuk anak balita, karena tidak terlalu tinggi. Bentuknya juga sangat unik dan lucu. Kursi dan mejanya menyatu, ada laci pada meja dan juga rak buku pada bagian bawah kursi. Meja ini memiliki ukuran yang minimalis sesuai dengan postur tubuh anak balita yang sedang rajin belajar menulis. Harga meja pro design kido ini adalah Rp 1. 477.000,-.

4. Meja minimalis putih dengan rak yang banyak

Meja belajar anak dengan model minimalis dan banyak rak, cocok untuk anak yang memiliki banyak perlengkapan belajar. Sehingga semua peralatan belajarnya dapat tertata rapi pada masing-masing rak. Meja ini juga dilengkapi sebuah laci.

Warna meja putih polos, sangat cocok untuk anak yang tidak fanatik tentang warna. Meja ini memiliki ukuran yang cukup tinggi, karena semua rak berada pada bagian bawah meja. Anda harus menambahkan sebuah kursi yang juga cukup tinggi, sesuai tinggi badan anak. Satu buah meja ini dapat Anda beli seharga Rp 3.800.000,-.

5. Meja motif Cinderella SD CA 9013

Jika anak Anda sangat suka dengan tokoh princess Cinderella, cocok sekali dengan meja yang satu ini. Meja ini berwarna biru muda cerah dengan desain elegant dan juga motif princess Cinderella. Ada 2 buah lemari pada bagian samping kanan dan kiri, lengkap dengan pintunya. Cocok untuk menyimpan peralatan belajar anak.

Ada sebuah laci pada bagian tengah bawah dan rak buku pada bagian tengah atas untuk meletakkan buku-buku, sehingga terlihat rapi. Meja ini dapat Anda beli seharga Rp 1.215.000,- saja.

6. Meja L’abeille bunny table & chair set

Meja belajar anak ini terbuat dari bahan plastik berkualitas, sehingga aman untu anak balita Anda. Ukuran mejanya tidak terlalu tinggi, sesuai dengan postur tubuh anak balita. Tersedia dalam 2 pilihan warna, yaitu biru dan pink.

Selain meja, ada 2 buah kursi yang dilengkapi sandaran dengan bentuk telinga kelinci. Meja belajar ini juga bisa Anda gunakan sebagai meja bermain anak. Harga satu set meja belajar ini adalah Rp 729.000,-.

Itulah tadi tips dan juga 6 rekomendasi meja belajar anak yang unik dan juga tahan lama. Apakah Anda tertarik dengan salah satu meja di atas? Jangan lupa untuk memilih meja yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

Agar meja belajar dapat berfungsi secara maksimal dan tidak menimbulkan rasa kecewa. Sesuaikan model meja dengan umur dan tipe anak Anda, agar dia merasa nyaman saat menggunakannya. Karena setiap anak memiliki kepribadian dan kesukaan yang berbeda-beda.

Satu hal lagi yang lebih penting adalah membeli meja yang sesuai dengan budget Anda. Jangan memaksakan membeli sebuah meja yang melebihi budget Anda. Karena akan jadi bumerang nantinya untuk diri Anda sendiri.

Leave a Comment