5+ Cara Mengatasi Bayi cegukan Secara Alami Yang Perlu Anda Ketahui

Bagi sejumlah orang tua yang baru saja memilki bayi, mungkin akan merasa sedikit khawatir ketika bayinya mengalami cegukan. Selain orang dewasa ternyata bayi juga bisa mengalami cegukan karena refleksnya yang belum berkembang secara optimal. Secara umum, bayi cegukan bukanlah sebuah kondisi yang membahayakan dan perlu dikhawatirkan.

Bayi cegukan

Cegukan sebenarnya merupakan kontraksi dari otot diafragma pada tubuh. Cegukan adalah gerakan refleks tubuh yang disertai dengan suara khas seperti berdecit. Gerak refleks inilah yang terkadang membuatnya membuka dan menutup secara tiba-tiba lalu menutup pita suara dan kemudian menimbulkan suara cegukan.

Penyebab Cegukan Yang Bisa Terjadi Pada Bayi

Secara umum, cegukan bukanlah sesuatu yang membahayakan. Cegukan sendiri merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada saluran pencernaan dan bisa menimpa manusia dengan usia berapa pun mulai dari bayi, orang dewasa, dan bahkan janin yang ada di dalam kandungan.

Cegukan merupakan kontraksi yang melibatkan diafragma. Bagian otot diafragma memainkan peranan yang cukup penting dalam proses pernapasan dan metabolisme tubuh. Ketika ada sesuatu yang menghambat proses-proses ini maka biasanya diafragma akan terganggu. Salah satunya adalah terjadinya cegukan pada bayi.

Cegukan bukanlah sesuatu yang menyakitkan dan biasanya bukan merupakan sinyal medis yang serius. Meski demikian, cegukan bisa saja menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Cegukan sendiri biasanya berhubungan dengan aktivitas makan dan sering terjadi akibat otot diafragma pada posisi yang berdekatan dengan perut.

Cara Mengatasi Bayi Cegukan Secara Alami Yang Harus Anda Ketahui

Meskipun bukan merupakan suatu hal yang membahayakan, namun sebagai orang tua banyak yang merasa khawatir ketika anaknya mengalami cegukan. Bila Anda juga termasuk orang tua yang demikian, berikut adalah beberapa tips dan cara yang bisa Anda coba praktikkan untuk mengatasi bayi yang mengalami cegukan.

1. Memperbaiki Posisi Saat Memberikan ASI Pada Bayi

Salah satu cara untuk mengatasi bayi cegukan adalah dengan memperbaiki posisi saat memberikan ASI kepada bayi. Sebisa mungkin posisi bayi Anda harus dalam kondisi yang sesuai ketika Anda menyusui. Hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko terjadinya cegukan pada bayi secara tiba-tiba.

Posisi menyusui yang tepat adalah bagian puting susu dan areola masuk ke dalam mulut bayi dan kemudian diikuti dengan perut bayi yang berhadapan langsung dengan perut si ibu yang menyusui. Posisi menyusui yang dilakukan secara benar akan dapat membantu diafragma bayi menjadi lebih rileks sehingga menghentikan cegukan.

2. Membuat Bayi Cegukan Bersendawa

Tips cara mengatasi bayi cegukan yang bisa Anda coba selanjutnya adalah mencoba menyendawakan si bayi tersebut. Menyendawakan si kecil bisa membantu mereka dalam menghentikan sendawa secara alami. Bersendawa sendiri memiliki tujuan untuk mengeluarkan udara ataupun gas yang berlebih di dalam perut.

Setelah menyusui penting bagi Anda untuk menyendawakan si bayi untuk memberi ruang bagi udara yang terjebak di dalam perutnya. Bersendawa juga dapat membantu melepaskan kejang otot diafragma dan kemudian menghentikan cegukan yang dialaminya.

3. Berikan Sesuatu Untuk Dihisap

Terkadang cegukan yang dialami oleh si bayi terjadi karena suatu alasan yang kurang begitu jelas. Ketika si bayi mulai mengalami cegukan, Anda bisa mencoba memberikan sesuatu untuk mereka hisap semisal empeng atau dot. Menghisap empeng ataupun dot ini bisa membuat diafragma menjadi lebih rileks dan kemudian menghentikan cegukan yang terjadi pada si bayi.

4. Membawa Bayi ke Tempat Yang Lebih Hangat

Pada beberapa kasus, cegukan juga bisa terjadi akibat paparan udara dingin semisal AC ataupun kipas angin. Ketika bayi cegukan diakibatkan oleh paparan udara dingin maka ada baiknya jika Anda mencoba membawanya ke tempat atau ruangan yang lebih hangat tanpa AC ataupun kipas angin.

Ketika bayi Anda mengalami cegukan pada pagi hari, Anda bisa mencoba menjemur bayi sembari mendekapnya kemudian mengusap-usap bagian punggungnya dengan lembut. Hal ini akan bisa membuat kondisi bayi menjadi semakin nyaman yang pada akhirnya bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi cegukan yang terjadi pada bayi Anda.

5. Memberikan Tepungkan Pada Punggung Bayi Dengan Lembut

Alternatif cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bayi cegukan adalah dengan menepuk-nepuk punggung bayi dengan lembut dan juga hati-hati. Untuk melakukan hal ini Anda bisa menggendong bayi dengan posisi seperti berdiri kemudian letakkan kepalanya pada bagian pundak Anda dan tepuk punggung bayi secara lembut hingga ia bersendawa.

Memberikan tepungan lembut dan hati-hati pada bayi juga bisa menjadi salah satu cara untuk membantu si kecil menjadi lebih rileks dan kemudian menghentikan kejang pada diafragma yang dapat memicu terjadinya cegukan pada bayi Anda.

6. Membiarkan Cegukan Berhenti Dengan Sendirinya

Cegukan merupakan hal alami yang secara umum bisa terhenti dengan sendirinya. Apabila cegukan yang terjadi tersebut tidak terlalu mengganggu untuk si kecil, tidak ada salahnya jika Anda mendiamkannya terlebih dahulu hingga cegukan itu dapat berhenti dengan sendirinya.

Cara Mencegah Terjadinya Cegukan Pada Bayi

Meskipun bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa terduga, namun terkadang cegukan juga dapat dicegah. Berikut adalah beberapa alternatif cara yang bisa digunakan untuk meminimalisir risiko terjadinya cegukan pada bayi.

1. Memberi Makan Bayi Menggunakan Porsi Yang Lebih Kecil

Cara mencegah bayi cegukan salah satunya dapat dilakukan dengan memberikan porsi makan yang lebih kecil pada si buah hati. Porsi makan yang lebih kecil dan diberikan secara perlahan berpotensi untuk mengurangi risiko terjadinya ketegangan pada diafragma bayi sehingga mengurangi risiko terjadinya cegukan.

Selain memberikan makanan dalam porsi yang lebih kecil, sebaiknya penyuapan pada bayi juga dilakukan secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan tersedak pada bayi yang bisa saja menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

2. Mendudukkan Bayi Setelah Menyusui

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba praktikkan untuk mencegah terjadinya bayi cegukan adalah dengan mendudukkan bayi setiap setelah selesai menyusui. Hal ini bertujuan agar bayi bisa menjadi lebih rileks dan bisa mengurangi risiko terjadinya cegukan pada bayi setelah menyusui.

3. Pastikan Posisi Dot Dengan Benar

Kalau Anda memberikan dot atau empeng pada bayi, sebaiknya diberikan pada posisi yang benar dan tepat. Posisi dot yang benar adalah ketika tidak ada udara didekat dot karena hal ini bisa memicu bayi menghisap udara secara berlebih yang pada akhirnya bisa membuat mereka menjadi cegukan karena udara di perut yang terlalu penuh.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi bayi cegukan yang perlu Anda ketahui. Meskipun secara umum cegukan bukanlah sebuah kondisi masalah yang serius, namun jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus dan dalam durasi waktu yang lebih lama, tidak ada salahnya jika Anda mencoba berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Leave a Comment