5 Cara Cara menghitung usia kehamilan

Saat sedang hamil pertama kali, anda mungkin tidak sabar untuk mengetahui berapa usia janin dalam kandungan. Anda tentu ingin tahu sejauh apa perkembangan janin dalam kandungan anda? Dan bagaimana memenuhi kebutuhan janin sesuai dengan usianya?

Cara menghitung usia kehamilan

Sumber Gambar : https://www.klikdokter.com/

Tentu saja, cara menghitung usia kehamilan cukup penting dalam fase mengandung. Sebab, dengan mengetahui usia kehamilan, anda akan lebih banyak tahu tentang hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan, apa yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan, serta mengetahui sejauh mana janin berkembang dalam kandungan.

Berikut 5 cara menghitung usia kehamilan yang dapat anda gunakan.

Hitungan Kalender

Metode ini mengharuskan anda untuk mengetahui siklus haid anda secara tepat. Sebab hitungan kalender ini akan menggunakan tanggal terakhir anda mengalami haid sebagai acuan untuk menentukan berapa usia kandungan anda. Metode ini digunakan kepada perempuan yang memiliki siklus haid teratur antara 28 atau 30 hari.

Cara menghitungnya cukup sederhana. Anda harus tahu hari pertama haid terakhir atau biasa disingkat dengan HPHT kemudian menambahkan dengan angka 7 untuk mengetahui tanggal kelahiran. Kemudian, mulai hitung bulan kelahiran dengan mengurangi bulan HPHT dengan angka 3. Dan terakhir, tambahkan tahun HPHT dengan angka 1. Maka anda akan mengetahui hari perkiraan lahir buah hati anda. Dengan mengetahui hari perkiraan lahir, otomatis anda akan mendapatkan cara menghitung usia kehamilan.

Contohnya begini, HPHT anda adalah 12 April 2019. Maka cara menghitung usia kehamilan anda :

12+7 = 19

4-3 = 1

2019 + 1 = 2020

Jadi, perkiraan hari lahir bayi anda adalah 19 januari 2020. Untuk mengetahui usia kehamilan, anda hanya tinggal menghitung mundur sesuai perkiraan lahirnya.

Jika bulan HPHT tidak bisa dikurangi, maka tambahkan dengan angka 9 tanpa menambahkan tahun (tahunnya tetap).

Contohnya begini, HPHT anda adalah 12 Maret 2019, Maka untuk cara menghitung usia kehamilan anda :

12+7 = 19

3+9 = 12

Jadi perkiraan hari lahir adalah 19 Desember 2019.

Gunakan USG

Sumber gambar : https://www.halodoc.com/

Cara menghitung usia kehamilan dengan USG sebenarnya lebih akurat. Namun, cara menghitung usia kehamilan dengan USG hanya bisa dilakukan jika usia kehamilan anda berada di usia 8 minggu.

USG atau Ultrasonografi adalah alat yang biasa digunakan tenaga medis atau dokter dengan memanfaatkan gelombang suara yang memiliki frekuensi tinggi dalam melihat bagian dalam tubuh. Tingkat akurasi cara menghitung usia kehamilan bisa mencapai 95 persen.

Untuk usia kehamilan muda, biasanya dokter menggunakan USG transvaginal yang penggunaannya sedikit tidak nyaman karena alat USG akan dimasukkan ke dalam organ inti wanita. Sedangkan tipe USG yang kedua adalah USG Transabdominal yang dilakukan melalui dinding perut.

Keduanya digunakan untuk mendeteksi janin. Dimana USG akan menunjukkan kantong janin, lokasi, pergerakannya dan dengan cara menghitung usia kehamilan ini dapat diketahui secara cepat dan akurat.

Biasanya, jika kehamilan sudah memasuki usia 6 hingga 12 minggu, dokter akan mulai melakukan pengukuran kantong janin. Lalu di usia 7 hingga 14 minggu akan dilakukan pengukuran panjang janin dari kepala hingga pantat. Selain itu, dokter juga akan mengukur lingkar kepala janin di usia kehamilan 12 minggu.

Mendeteksi Gerakan Janin

Sumber Gambar : https://mamapapa.id/

Meski terbilang tidak terlalu akurat, ini cukup dapat digunakan sebagai cara menghitung usia kehamilan. Apalagi untuk kehamilan pertama, cara ini tidak disarankan. Tapi jika anda memasuki kehamilan kedua dan seterusnya, cara mengetahui usia kehamilan ini mudah digunakan.

Janin biasanya akan mulai bergerak ketika menginjak usia 16-20 minggu. Biasanya, anda yang yang sudah pernah mengalami kehamilan, akan merasakannya saat janin berusia 16 minggu. Sementara untuk anda yang baru merasakan kehamilan biasanya baru menyadari gerakan janin ketika usianya menginjak 18-20 minggu.

Untuk merasakan pergerakan janin, cobalah memberikan simulasi seperti mengajak janin berbicara, mendengarkan musik atau memberikan sentuhan lembut. Pada usia 16-20 minggu janin biasanya akan bereaksi secara cepat ketika diberikan simulasi. Ini dapat menjadi alternatif sebagai cara menghitung usia kehamilan sekaligus lebih dekat dengan janin.

Menggunakan kalkulator Kehamilan Online

Di zaman serba digital saat ini, mudah mencari cara menghitung usia kehamilan anda. Sebenarnya kalkulator kehamilan canggih yang bisa diakses secara online ini cara kerjanya hampir sama dengan cara hitung kalender secara manual. Hanya saja, anda tak perlu repot menghitung sendiri. Kalkulator online ini adalah salah satu cara menghitung usia kehamilan untuk membantu anda.

Anda dapat mengunduh aplikasi atau mengaksesnya secara langsung melalui situs. Beberapa diantaranya adalah https://luvizhea.com/ dan https://www.ibudanbalita.com/ anda tinggal mengklik alamat website ini, anda akan dapat mengakses kalkulator masa subur yang bisa digunakan sebagau cara menghitung usia kehamilan dan due date melahirkan.

Untuk pemilik aplikasi dari Iphone anda bisa mengunduh Pregnancy Due Date & Fertility Calculator Tools untuk menghitung usia kehamilan anda. Pregnancy Calculator and Calendar dan Pregnancy Calculator untuk anda yang menggunakan ponsel android.

Rumus 4 ⅓

Metode ini sedikit rumit jika dibanding dengan hitungan kalender sederhana di awal. Tapi tidak ada salahnya juga jika anda mencoba cara menghitung usia kehamilan dengan cara ini.

Masih menggunakan HPHT, anda harus menghitung, tanggal sekarang dikurangi HPHT kemudian dikalikan 4 ⅓.

Rumusnya begini, usia kehamilan (Tanggal hari ini – HPHT) x (4 ⅓)

Tidak berhenti sampai disitu, anda harus memecah rumus 4 ⅓ menjadi seperti ini:

(tanggal-tanggal), (bulan-bulan) x 4 ⅓

Jangan lupa,  4 ⅓ hanya dikalikan dengan bulannya saja.

Agar tidak bingung, akan kami berikan contoh kasus sederhana. Simak ya!

Hari ini adalah tanggal 24 Oktober 2020, kemudian HPHT anda adalah 23 Agustus 2020. Maka anda akan menghitungnya seperti ini:

(24 – 23) (10 – 8) x 4 ⅓

1 hari 2 bulan x 4 ⅓

Belum selesai sampai disitu, anda harus melakukan penghitungan tahap dua untuk mengetahui usia kehamilan anda.

(2 x 4) (2 x ⅓)

8 + 0,7

8,7 minggu

Setelah melakukan penghitungan tahap dua ini, tambahkan dengan hasil pada tahap pertama.

Jumlah hari pada tahap pertama adalah 1 hari, maka cara menghitung usia kehamilan anda adalah, Usia kehamilan 8,7 minggu, 1 hari. Meskipun hasilnya tidak memiliki akurasi 100 persen, namun, metode ini cukup membantu anda sebelum benar-benar memeriksakannya ke dokter kandungan.

Jadi bagaimana cara cara menghitung usia kehamilan yang sudah kami rangkum di atas? Anda dapat memilih salah satu untuk cara menghitung usia kehamilan anda. Namun, akan lebih baik jika memeriksakan kandungan anda kepada tenaga medis seperti dokter atau bidan untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan akurat.

Cara menghitung usia kehamilan tentu akan membantu anda dalam mempersiapkan yang terbaik bagi buah hati yang akan lahir ke dunia. Selamat mencoba!

1 thought on “5 Cara Cara menghitung usia kehamilan”

Leave a Comment