10 Obat Diare Alami Yang Bisa Dicoba, Ampuh Dan Aman Atasi Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang kerap kali menyerang berbagai macam kalangan baik tua maupun muda. Diare sendiri merupakan sebuah kondisi yang mana pengidapnya akan buang air besar (BAB) secara terus menerus dan lebih sering dari biasanya. Selain dengan obat dari dokter, diare pun bisa diatasi dengan obat alami. Obat diare alami sendiri banyak sekali jenisnya dan bisa ditemukan mudah di lingkungan sekitar.

Obat diare alami

Sumber foto : google

Penggunaan obat diare alami sendiri jauh lebih aman karena  tidak menimbulkan efek samping. Sehingga sangat aman dan sangat dianjurkan dikonsumsi bagi yang sedang mengalami diare. Dengan mengkonsumsinya segera saat gejala diare mulai terasa, maka diare pun akan segera sembuh.

10 Obat Diare Alami Yang Bisa Dicoba

Setelah mengetahui penyebab dari diare, maka penderita dianjurkan untuk segera mengobatinya untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Agar pengobatan aman dan tidak menimbulkan efek samping, maka dianjurkan untuk mengobatinya dengan obat diare alami.

Selain aman, dan tidak merogoh kocek terlalu dalam, obat diare alami pun mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran apa obat alami apa saja yang mampu mengatasi diare? Berikut ini adalah obat obat alami yang mampu mengatasi diare dengan cepat dan aman.

1. Kunyit dan Madu

Sebagaimana yang sudah diketahui jika kunyit merupakan rempah yang kaya akan khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah mampu mengatasi diare. Tidak heran jika obat herbal ini kerap digunakan orang tua jaman dulu jika mengalami diare.

Caranya pun cukup mudah yakni dengan menyeduh bubuk kunyit dengan segelas air yang dicampur dengan madu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum ramuan tersebut secara rutin sampai diare benar benar sembuh.

2. Jambu Biji

Selain daunnya, ternyata jambu biji pun dipercaya ampuh mampu menghilangkan penyakit diare. Kandungan vitamin C serta antioksidan yang tinggi di dalamnya mampu membunuh radikal bebas serta kuman yang ada di dalam tubuh, tak terkecuali dengan bakteri yang menyebabkan diare.

Caranya pun cukup mudah, yakni saat mengalami diare, cukup maka jambu biji. Dengan mengkonsumsinya, maka diare pun akan segera sembuh. Namun  meskipun demikian pastikan untuk tidak memakannya secara berlebihan.

3. Kue Kering Asin

Siapa sangka jika kue kering asin bisa menjadi obat diare alami. Iya, ternyata kue kering asin bisa dijadikan sebagai obat pertolongan pertama bagi yang sedang mengalami gejala diare. Jadi apabila mengalami diare, tidak ada salahnya untuk mencoba kue kering asin sebagai obat pertolongan pertama.

Namun meskipun demikian, kue kering asin sendiri tidak disarankan bagi penderita diare yang mempunyai masalah darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan mampu memicu tekanan darah lebih tinggi lagi.

4. Air Putih

Sebagaimana yang sudah diketahui jika air putih merupakan obat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, tak terkecuali diare. Terlebih saat seseorang mengalami diare, maka akan banyak kehilangan cairan di dalam tubuh.

Oleh karena itu, saat mengalami diare hendaknya untuk meminum air putih yang banyak. Hal tersebut agar tubuh tidak mengalami dehidrasi karena banyaknya cairang yang dikeluarkan oleh tubuh. Apabila diare tak kunjung membaik, segera periksa ke dokter agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

5. Pisang

Sumber foto : google

Selain ke empat obat alami di atas, obat diare alami yang selanjutnya adalah pisang. Kandungan pektin yang terdapat di dalammnya dipercaya ampuh mampu menyerap cairan yang ada di dalam usus serta mampu merangsang gerak perut.

Mengingat kandungan pektin tersebut, maka pisang dipercaya ampuh mampu mengurangi keluhan diare serta sembelit. Maka tidak heran jika pisang sering dijadikan sebagai obat alami bagi yang menderita diare.

6. Air Kelapa

Tidak banyak yang diketahui jika air kelapa merupakan obat alami yang mampu mengatasi diare. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat elektrolit yang terdapat di dalamnya mampu membantu mengganti cairan yang ada di dalam tubuh.

Selain itu kandungan zat elektrolit dalam air kelapa pun mampu membunuh bakteri penyebab diare. Maka saat mengalami diare, hendaknya segera mengkonsumsi air kelapa tanpa tambahan apapun dengan begitu, diare pun akan segera hilang.

7. Jahe

Sumber foto: google

Selain ke enam obat alami di atas, obat diare alami yang selanjutnya adalah jahe. Sebagaimana yang diketahui jika jahe merupakan obat yang mampu mengatasi berbagai penyakit, begitupun dengan diare.

Kandungan sifat anti peradangan, antibakteri, serta analgesik mampu membantu menyembuhkan penyakit pada sistem pencernaan. Selain itu, dengan mengkonsumsi jahe secara rutin mampu memberikan efek positif pada tubuh dan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

8. Yoghurt

Bukan hanya bagus untuk dikonsumsi bagi yang sedang diet, ternyata yoghurt sangat bagus dikonsumsi bagi penderita diare. Pasalnya yoghurt sendiri mengandung probiotik atau bakteri yang mampu mengurangi serta menghambat perkembangan bakteri jahat yang terdapat di dalam pencernaan.

Maka dari itu saat mengalami diare, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi yoghurt agar penyakit tersebut dapat segera sembuh. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk mengkonsumsi yoghurt secara rutin agar tubuh senantiasa sehat.

9. Daun Sirih

Siapa yang tidak tahu dengan daun sirih? Daun yang mempunyai khasiat untuk kecantikan dan kesehatan ini kerap kali digunakan sebagai obat herbal diantaranya adalah untuk mengatasi diare. Hal tersebut dikarenakan kandungan kayikol yang terdapat di dalam daun siri mampu membunuh bakteri lima kali lipat dari fenol.

Selain itu, kandungan tannin yang terdapat di dalam daun sirih mampu mencegah diare. Maka dari itu bagi yang sedang mengalami diare, tidak ada salahnya untuk mencoba diare sebagai obat alternatif untuk menghilangkan penyakit tersebut.

Adapun untuk caranya sendiri sangat mudah. Cukup haluskan 6 lembar daun sirih, 6 butir lada, serta 1 sendok makan minyak kelapa. Setelah itu campurkan secara merata dan oleska pada perut agar mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh diare. Dengan melakukan cara tersebut, maka diare pun akan segera sembuh.

10. Wortel

Tidak hanya bagus untuk kesehatan mata, wortel pun menjadi salah satu obat diare alami yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya ternyata mampu membantu mengembalikan fungsi usus yang rusak akibat penyakit diare.

Maka dari itu wortel sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi yang sedang mengalami diare. Caranya pun cukup mudah, yakni kukus atau jus wortel tanpa menambahkan pemanis apapun agar penyakit diare segera terselesaikan.

Itulah penyebab dan beberapa obat diare alami yang bisa dicoba. Dengan mengatasi diare menggunakan obat alami di atas, maka diare pun akan segera sembuh dan tentunya tanpa menimbulkan efek samping dan jauh lebih aman.

Leave a Comment