10 Jenis Obat Batuk Bayi dari Bahan Alami yang Aman dan Sangat Manjur

Kehadiran seorang bayi di tengah-tengah keluarga memberikan warna tersendiri. Suasana rumah menjadi lebih hidup, lebih ramai dengan tangisan dan tawanya. Namun, saat bayi sedang sakit batuk, keceriaannya seakan hilang. Sebagai orang tua pasti Anda akan memberikan obat batuk bayi yang aman, agar ia dapat kembali ceria.

Penyebab umum dari batuk biasanya adalah masuknya kotoran, kuman, atau virus pada saluran pernapasan. Sehingga tidak perlu cepat cemas, karena hal tersebut merupakan reaksi alami yang dialami oleh tubuh. Agar kotoran, kuman, atau virus dapat keluar dari tubuh bayi.

Obat batuk bayi

Meskipun wajar, keadaan tersebut cukup mengganggu bayi saat bermain, terlebih lagi pada saat tidur. Tidurnya menjadi terganggu dan tidak nyenyak, sehingga membuatnya sangat rewel. Ada 2 jenis batuk, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Sebelum memberikan obat pada bayi Anda, sebaiknya sesuai dengan jenis batuk yang bayi Anda alami. Agar batuk bayi segera sembuh dengan obat yang tepat.

Sebaiknya menghindari obat berbahan kimia dan pilihlah obat batuk bayi alami yang aman, yaitu obat yang terbuat dari bahan-bahan alami. Selain minim efek samping, jenis obat tersebut juga sangat manjur dan mudah Anda temukan di sekitar rumah. Jangan mencoba untuk memberikan bayi Anda obat-obatan kimia tanpa anjuran dari dokter. Karena hal tersebut sangat berbahaya untuk tubuh bayi Anda.

10 Jenis Obat Batuk Bayi Alami

Obat batuk bayi alami merupakan bahan-bahan alami dari alam yang sangat minim resiko dan juga manjur untuk mengobati batuk. Contohnya seperti ASI, madu, air hangat, sup ayam, dan lain-lain. Karena penggunaan obat-obatan kimia cukup beresiko tinggi untuk bayi.

Bukan dilarang, tetap boleh untuk memberikan bayi Anda obat-obatan kimia, tetapi harus dengan resep dari dokter. Agar obat tersebut aman dan dosisnya juga sesuai. Tetapi alangkah baiknya, untuk langkah awal memberikan obat dari bahan alami. Mungkin Anda bisa memberikan salah satu dari 10 jenis obat batuk bayi alami berikut ini:

1. Madu

Sudah tidak asing lagi dengan khasiat madu yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Tetapi harus cek kandungan dari madu tersebut, jangan memilih madu yang banyak mengandung gula. Lebih baik lagi untuk membeli madu asli, karena pasti khasiat yang dihasilkan maksimal.

Namun, madu tidak boleh untuk anak dibawah umur 1 tahun, karena akan menimbulkan reaksi keracunan. Berikan 1 sendok madu untuk mengencerkan dahak, agar sedikit mengurangi keparahan batuk pada bayi.

2. Sup ayam yang hangat

Sup ayam merupakan makanan yang sangat lezat. Apalagi pada saat hujan, mengonsumsi sup ayam dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat. Ternyata, selain sebagai makanan, sup ayam juga dapat mengobati batuk pada bayi.

Uap dari sup ayam ternyata mampu untuk mengencerkan lender yang ada pada saluran pernapasan bayi. Sehingga membuat hidung bayi bisa sedikit bernapas bebas. Dalam sup ayam juga mengandung zat antiperadangan. Zat tersebutlah yang mampu mengobati sakit batuk pada bayi.

3. Tidur dengan bantal tambahan

Dengan menambahkan bantal pada kepala bayi, maka posisi kepalanya akan lebih tinggi dari biasanya. Hal ini dapat membantu bayi untuk bernapas lebih nyaman dan lendir akan keluar dengan mudah. Sehingga bayi Anda dapat tidur dengan nyenyak tanpa mengalami sesak napas.

4. Susu formula atau ASI

Susu merupakan salah satu obat batuk yang sangat aman untuk bayi, karena Anda setiap hari bayi pasti memberikannya susu. Menurut penelitian, susu formula dan ASI memiliki zat yang mampu untuk meningkatkan imun tubuh bayi, agar dapat melawan infeksi virus. Selain itu, ASI juga dapat melegakan dan mengencerkan dahak pada tenggorokan.

5. Irisan bawang merah

Bawang merah mengandung zat-zat yang mampu untuk mengobati batuk pada bayi, seperti vitamin C, fiber, folid acid, flavonoid, dan kalsium. Cara meraciknya adalah irisan bawang merah Anda campur dengan minyak telon. Kemudian, olehkan racikan tersebut ke dada, telapak kaki, punggung, dan juga leher bayi.

6. Air putih hangat

Saat bayi sudah berumur 6 bulan ke atas, pasti sudah dapat mengonsumsi minuman selain ASI. Saat bayi Anda terserang batuk berdahak, Anda dapat memberikannya minum air putih hangat. Agar dahak pada tenggorokannya cepat encer, sehingga batuknya pun perlahan akan sembuh.

7. Alat pelembab udara

Alat pelembab udara atau humidifier dapat membantu pernapasan anak semakin lega dan dapat tidur dengan nyenyak. Anda bisa meletakkannya di dalam kamar bayi.

8. Cairan saline

Cairan saline merupakan sejenis obat tetes untuk hidung, terbuat dari campuran air dan garam yang sudah steril. Fungsi dari cairan saline adalah mengeluarkan lendir yang ada pada tenggorokan dan hidung bayi. Caranya adalah dengan meneteskan cairan saline sebanyak 2-3 tetes ke hidung bayi dengan menggunakan pipet. Diamkan selama 30 detik, kemudian gunakan alat khusus isap lendir untuk mengeluarkan lendirnya.

9. Uap air hangat

Uap air hangat yang aman untuk bayi adalah sekitar 37 hingga 38 derajat celcius. Fungsi dari uap air hangat adalah untuk melegakan pernapasan dan mengencerkan dahak pada hidung dan tenggorokan bayi. Caranya dengan memangku bayi, kemudian posisikan tubuhnya secara tengkurap, agar bayi dapat menghirup uap dari air hangat. Dan juga dapat dengan mudah mengeluarkan lendir.

10. Menjemur bayi saat pagi hari

Sinar matahari pagi ternyata merupakan obat batuk yang cukup manjur untuk bayi. Anda bisa membawa bayi Anda berjemur pada saat pagi agar tubuhnya menjadi hangat. Dan saluran pernapasannya juga akan lebih sehat setelah berjemur.

Setelah memberikan beberapa jenis obat batuk bayi seperti di atas, namun batuk bayi Anda tidak kunjung sembuh. Anda bisa untuk mengambil tindakan segera membawa bayi Anda ke dokter. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum ke dokter. Pertama, batuknya berlangsung selama lebih dari waktu 10 hari.

Kedua, bayi Anda mengalami panas yang cukup tinggi, yaitu di atas 38 derajat celcius selama lebih dari 3 hari. Ketiga, bayi Anda mengalami nyeri pada bagian dada. Keempat, napasnya sesak dan terdengar memburu. Kelima, otot-otot pada leher dan dada bayi terlihat tertarik cukup kencang saat dia bernapas. Keenam, bayi Anda sering menarik-narik telinganya. Dan yang terakhir, nafsu makannya menurun drastis.

Jika salah satu dari hal tersebut terjadi pada bayi Anda, sebaiknya segera untuk membawanya ke dokter. Agar bayi Anda dapat ditangani segera oleh dokter sebelum terjadi hal yang lebih buruk. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Semoga batuk bayi Anda segera sembuh dan bisa kembali bermain ceria dan tidur dengan sangat nyenyak tanpa sesak napas.

1 thought on “10 Jenis Obat Batuk Bayi dari Bahan Alami yang Aman dan Sangat Manjur”

Leave a Comment